Business is booming.

Babinsa Trending, Netizen Soroti Aparat Ditugasi Mendata Warga

kedatangan Prabowo ke rumah warga di Cilincing itu bertujuan untuk melihat rumah yang akan dibedah

Tagar Babinsa trending di media sosial X (Twitter) pada Rabu (3/1/2024), menyusul netizen soroti sejumlah warga di Cilincing, Jakarta Utara, didata oleh Babinsa setelah kunjungan Prabowo Subianto ke sana.

Netizen gaduh menanggapi tagar Babinsa yang trending hingga tercatat 6.971 ciutan yang mereka sampaikan. Sejumlah netizen pun kritik ulah Babinsa yang data warga, meskipun ada pula yang memaklumi sikap ini.

Seperti pemilik akun Twitter @Urrangawak menulis, “Tugas TNI mengayomi dan menjaga negara ini, apa skrg di tugasi mendata warga”

Lalu pemilik akun Twitter @veraagustian_ menulis, “Parah bngt,beda rumah itu urusannya jls pemerinth pa @Puspen_TNI bapa tuganya mengayomi rakyt jagain negri ini”

@msobri99 menulis, “Emang tugas BABINSA skrg merangkap tugas RT yaa..?”

@Cuknan3 menulis, “Pantesan pengungsi Rohingya gampang masuk ke Indonesia. TNI nya skrg jadi tukang data penduduk. TNI kalau cuma mau data penduduk, ngapain pendidikan militer berbulan bulan. Makin kesini kesono kog gatheli”

@Hasanudin menulis, “Alasan yg mengada ada dan rakyat sdh muak di bodohin. Sdh kliatan arahnya kmn @Puspen_TNI yg ktnya netral”

@pandusatria_32 menulis, “Bedah rumah itu syarat utama harus diatas tanah milik sendiri. Kalau yg lewat babinsa adanya pembuatan wc bukan bedah rumah istilahnya jambanisasi.”

@Gede_86 menulis, “Apakah Berarti Dwi Fungsi ABRI sudah berlaku kembali?”

@Indonesiaguyub menulis, “Itu hanya pengalihan isu karena isu blusukan ternyata menuai komentar negatif, netizen. Akhirnya dibuatlah judul baru, bedah rumah. Cilakanya, itu rumah di bantaran sungai.”

@BindratnoI menulis, “Babinsa dikerahkan hanya pada saat kampanye saja, utk pedataan bedah rumah, jika yg tdk memilih yg diperintahkan, rumah akan dibedah, gitu lho”

@M_01010010_A menulis, “Sejak kapan TNI berfungsi jd dinas permukiman? 😅”

@Raja_Ndablek menulis, “Memuakkan saat harus netral tapi melanggar aturan 🤮”

@Biayawakaarab menulis, “Bukan nya yang suka bedah rumah itu gtv , apa emang udah di ambil alih?”

@maru_kenzii menulis, “Lah, Emang tugas Babinsa ganti jadi untuk mendata bedah rumah?”

@arivpermana menulis, “Pak @Puspen_TNI sudah jadi timses sekarang?”

TNI: Warga Cilincing Didata Babinsa untuk Program Bedah Rumah

Mabes TNI menjelaskan bahwa anggota Babinsa melakukan pendataan terhadap warga Cilincing, Jakarta Utara berkaitan dengan rencana bedah rumah oleh Universitas Pertahanan (Unhan).

Baca Juga:  Jadi Pemilik Terbesar Saham Twitter, Elon Musk Tanya Kolom Edit Cuitan yang Telah Beredar

Pendataan itu dilakukan Babinsa saat Menteri Pertahanan yang juga calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berkunjung ke Cilincing.

“Pendataan KTP dan KK oleh Babinsa di Kelurahan Semper Timur merupakan rangkaian giat pendataan bedah rumah yang rencananya akan dilaksanakan oleh Unhan atas perintah Bapak Menhan RI,” kata Kapuspen TNI Brigjen Nugraha Gumilar saat dihubungi, Selasa (2/1).

Gumilar menjelaskan itu menanggapi informasi yang beredar di media sosial. Ada video pengakuan warga yang mengaku diminta KTP dan KK oleh anggota Babinsa saat Prabowo berkampanye di Cilincing.

Ia mengatakan kedatangan Prabowo ke rumah warga di Cilincing itu bertujuan untuk melihat rumah yang akan dibedah.

Prabowo datang pada 30 Desember 2023 lalu. Saat itu, Prabowo kampanye di Lapangan Rawamalang. Dia menghadiri acara masak bersama warga.

Setelahnya, Prabowo mengunjungi beberapa rumah warga yang tak jauh dari Lapangan Rawamalang, Cilincing. Dia juga mengunggah video di Instagram miliknya.

Prabowo Subianto berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Gibran merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo. Mereka mendapat nomor urut 2.

Prabowo-Gibran berhadapan dengan dua pasangan lain yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pemungutan suara Pilpres 2024 akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada Rabu, 14 Februari. Pemungutan suara dilakukan bersamaan dengan calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota seluruh Indonesia.

(Sumber: Cnnindonesia.com)

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...