Business is booming.

Profil Kombes Pol Alfis Suhaili, Alumni Akpol 1996, Kasubdit II Dittpisiber Barekrim Polri

Kombes Pol Alfis Suhaili baru saja memberikan keterangan pers soal kasus pengaturan skors sepakbola Liga 2.

Ini adalah profil Kombes Pol Alfis Suhaili, yang kini menjabat sebagai Kasubdit II Dittpisiber Barekrim Polri.

Ia baru saja memberikan keterangan pers soal kasus pengaturan skors sepakbola Liga 2. Kasus yang terjadi tanggal 6 Nopember itu kini sudah dilimpahkan ke kejaksaan dan dinyatakan telah lengkap atau P21.

“Alhamdulillah penyidikan ini berjalan dengan lancar dan sehingga tanggal 16 Januari 2024 proses penyidikan kita telah dinyatakan lengkap atau P21 oleh jaksa penuntut umum kata Kombes Pol. Alfis Suhaili dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024).

Setelah berkas dinyatakan lengkap, sesuai aturan KUHAP, penyidik harus melimpahkan tanggung jawab tersangka dan barang bukti kepada jaksa penuntut umum dalam rangka pembuktian di persidangan.

Berdasarkan laporan polisi nomor: LP/A/15/IX/2023/SPKT.Dittipidsiber/Bareskrim Polri, tanggal 5 September 2023, penyidikan perkara match fixing pada pertandingan sepak bola Liga 2 tanggal 6 November 2018, telah dinyatakan lengkap (P.21) oleh Kejaksaan Agung dan diterima 5 (lima) surat P.21 untuk 7 (tujuh) tersangka oleh penyidik pada hari Rabu, tanggal 17 januari 2024.

Seluruh 7 tersangka berperan sebagai pemberi suap dan penerima suap, dianataranya 4 sebagai penerima suap adalah AS selaku wasit cadangan, R selaku asisten wasit, MRP selaku wasit utama dan K selaku asisten wasit.

Selain itu 3 diantaranya sebagai pemberi suap antara lain VW selaku perantara pengatur skor, KM selaku LO wasit dan DRN selaku asisten manajer.

Baca Juga:  Bisnis Bokep di Medsos Trending, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Adapun pelimpahan tahap II dilakukan di Kejari Sleman dikarenakan tempat terjadinya peristiwa tindak pidana di wilayah tersebut.

Profil Kombes Pol Alfis Suhaili

Kombes Pol Alfis Suhaili adalah alumni SMA Taruna Nusantara (TN1)

Ia meneruskan ke Akademi Kepolisian (Akpol) dan lulus tahun 1996.

AKBP Alfis bertugas sebagai Kapolres Sumba Timur Polda Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dia pernah bertugas di Polda Jawa Barat, Bengkalis Riau, Bareskrim Mabes, Humas Mabes, Polda NTT dan sekarang Polda Lampung

AKBP Alfis Suhaili menjadi Kapolres Tanggamus menggantikan KBP Ahmad Mamora pada Senin (27/3/17).

Selanjutnya Alfis memperoleh promosi menjadi Direktur Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Maluku Utara (Malut) menggantikannKombes Pol Masrur, , Jumat (20/9/2019)..

Dua tahun kemudian 2021, Kombes Pol Alfis Suhaili, S.I.K., M.Si, diangkat dalam jabatan baru sebagai Penyidik Tindak Pidana Madya TK. II Bareskrim Polri.

Posisinya diganti Kombes Pol. Afriandi Lesmana, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Auditor Kepolisian Madya TK III Itwasda Polda Kep. Babel.

Riwayat Jabatan

Kapolres Sumba Timur, Polda NTT 2015

Kapolres Tenggamus, Polda Lampung 2017

Direktur Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Maluku Utara 2019

Direktur Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Maluku Utara (Malut) 2021

Kasubdit II Dittpisiber Barekrim Polri 2022

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...