Business is booming.

Profil Cole Palmer, Sekelas Drogba, Pemain Muda Terbaik Liga Premier

Bintang Chelsea berusia 22 tahun itu telah mencetak 22 gol dan memberikan 10 assist di Liga Inggris musim ini.

Cole Palmer memenangkan penghargaan sebagai Pemain Muda Terbaik Liga Premier Tahun Ini. 

Bintang Chelsea berusia 22 tahun itu telah mencetak 22 gol dan memberikan 10 assist di Liga Inggris musim ini.

Dan ini merupakan musim pertama yang luar biasa di Chelsea dengan total 32 gol dan assist.

Palmer pun seolah menjadi ikon Chelsea sekelas Didider Drogba dan Frank Lampard.

Memang belum membawa Chelsea mengangkat tropi.

Namun kehadirannya nyata, mengalahkan nama-nama tenar di klub berjuluk blus tersebut.

Dengan 22 gol, telah menyamai prestasi para legenda Chelsea terdahulu, termasuk Didier Drogba, Giofranco Zola hingga Eden Hazard.

Tiga pemain itu juga sama-sama sembilan kali membuka skor untuk gol Chelsea. 

Zola melakukannya pada musim 1998/99, Drogba pada 2006/2007 dan Hazard 2024/2025.

Satu gol yang ia cetak menjadikan koleksi golnya di Liga Inggris musim ini menjadi 22, di bawah Erling Haaland yang telah mencetak 27 gol.

Palmer telah terlibat langsung atas terjadinya 32 gol Chelsea, rinciannya 22 dari gol dan 10 dari assist.

Statistik ini telah melampaui Eden Hazard. 

Pemain asal Belgia itu mencapai musim terbaiknya dengan si Biru pada 2018/19. 

Hazard terlibat langsung atas terjadinya 31 gol usai membukukan 16 gol dan 15 assist, dan memimpin Chelsea memenangi Liga Europa dan mencapai final Piala Liga.

Selain para legenda tadi, Palmer juga telah menyamai Frank Lampard yang pernah 22 gol dalam semusim di Chelsea.

Frank Lampard yang mencetak 22 gol dalam 36 pertandingan Liga Inggris pada musim 2009/2010. Di musim itu, Lampard total mencetak 27 gol dalam 52 laga.

Catatan itu masih bisa dilewati oleh Palmer. Ia telah mencetak 22 gol dalam 33 laga Liga Inggris, dan total 27 gol dalam 47 laga di semua kompetisi.

Profil Cole Palmer

Cole Jermaine Palmer (lahir 6 Mei 2002) adalah pemain sepak bola profesional Inggris.

Ia bermain sebagai gelandang serang atau pemain sayap untuk klub Liga Premier Chelsea dan tim nasional Inggris. 

Dianggap sebagai salah satu pemain muda terbaik di dunia, ia dikenal karena kelincahannya, keterampilan menggiring bola, dan ketenangannya saat mengambil penalti.

Lulusan akademi Manchester City, Palmer melakukan debut seniornya untuk klub pada tahun 2020, dan kemudian menjadi bagian dari skuad mereka yang memenangkan treble kontinental Liga Premier, Piala FA, dan Liga Champions UEFA pada tahun 2023. 

Ia menandatangani kontrak dengan Chelsea pada tahun 2023. dengan biaya £40 juta, dan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Musim Klub pada musim 2023-24.

Palmer telah mewakili Inggris di berbagai level pemuda, termasuk memenangkan Kejuaraan Eropa U-21 UEFA 2023, sebelum melakukan debut seniornya di tahun yang sama.

Ia dibesarkan di Wythenshawe dengan satu saudara perempuan, dibesarkan oleh ayah seorang insinyur gigi dan ibu penilai disleksia. 

Ayah Palmer bermain sepak bola liga Minggu selama hampir dua dekade, dan Palmer rutin mengawasinya. 

Palmer menempuh pendidikan swasta di St Bede’s College.

Palmer adalah keturunan Kittitian dari pihak keluarga ayahnya. Kakeknya beremigrasi pada tahun 1960, sedangkan kakek buyutnya adalah bagian dari generasi Windrush, yang bermigrasi lima tahun sebelumnya. 

Palmer menghiasi sepatunya dengan bendera Inggris dan bendera Saint Kitts dan Nevis.

Sebagai penggemar Manchester United, Palmer bergabung dengan Manchester City di level U-8 dan berkembang melalui kelompok usia Akademi sebelum menjadi kapten U-18 selama musim 2019-20. 

Dia telah menghadapi kekhawatiran sejak usia 14 tahun bahwa fisiknya terlalu kecil untuk sepak bola profesional, dan pelatih akademi ingin melepaskannya pada usia 16 tahun, namun direktur akademi Jason Wilcox menolak keputusan mereka.

Pada tanggal 30 September 2020, Palmer melakukan debut tim utama untuk City dalam kemenangan tandang 3-0 atas Burnley di putaran keempat Piala EFL. 

Dia mencetak gol pertamanya pada 21 September 2021 dalam kemenangan kandang 6-1 atas tim League One Wycombe Wanderers di Piala EFL. 

Pada 1 September 2023, Palmer menandatangani kontrak dengan klub Liga Premier Chelsea dengan kontrak tujuh tahun, dengan opsi satu tahun lagi. 

Biaya transfer dilaporkan sebesar £40 juta awal, berpotensi meningkat sebesar £2,5 juta sebagai tambahan.

Dia melakukan debutnya keesokan harinya sebagai pemain pengganti pada menit ke-62 dalam kekalahan kandang 1-0 dari Nottingham Forest. 

Pada tanggal 7 Oktober, Palmer mencetak gol pertamanya untuk Chelsea, dari tendangan penalti, sekaligus memberikan assist untuk gol Nicolas Jackson dalam kemenangan tandang 4-1 atas Burnley. 

Pada tanggal 6 November, Palmer mencatatkan satu gol dan satu assist dalam kemenangan tandang 4-1 atas rival Londonnya, Tottenham Hotspur. 

Enam hari kemudian, Palmer mencetak gol penalti pada masa tambahan waktu melawan mantan klubnya Manchester City, saat kedua tim bermain imbang 4–4 di Stamford Bridge.

Palmer mencetak gol pertamanya dari permainan terbuka dalam kekalahan tandang 2-1 dari Manchester United pada 5 Desember 2023.

Begitu seterusnya hingga terkumpul 22 gol dan menjadi Pemain Muda Terbaik Liga Premier.

Baca Juga:  Ini Alasan Jokowi Tunjuk Zulhas dan Hadi Tjahjanto dalam Reshuffle Kabinet
Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...