Business is booming.

Profil Francisco Conceicao, Anak Pelatih yang Jadi Penentu Kemenangan Portugal

Ya Francisco Conceicao masuk dari bangku cadangan untuk mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir bagi Portugal.

Francisco Conceicao trending. Pemain berusia 21 tahun itu menjadi penentu kemenangan Portugal atas Republik Ceko di Piala Eropa 2024.

Gol Conceicao seolah mengingatkan ayahnya, Sergio, yang mencetak hattrick melawan Jerman pada Euro 2000.

Sergio, Sang ayah, kini manajer/pelatih Porto, klub raksasa Portugal.

Ya Francisco Conceicao masuk dari bangku cadangan untuk mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir bagi Portugal.

Ceko secara mengejutkan memimpin di babak kedua melalui Lukas Provod sebelum Robin Hranac memasukkan bola ke gawangnya sendiri untuk menyamakan kedudukan untuk Portugal. 

Dengan beberapa menit tersisa, Conceicao siap memenangkan pertandingan untuk Portugal yang memicu perayaan liar.

Setelah babak pertama tanpa gol, Lukas Provod membuat tim underdog unggul dari luar kotak penalti dengan tembakan keras yang pantas untuk masuk dalam daftar nominasi gol turnamen, setelah Portugal mendominasi jalannya pertandingan sejak kick-off.

Mereka membalas hanya tujuh menit kemudian berkat gol bunuh diri Robin Hranac yang dibantu oleh Jindrich Stanek yang tampil penuh kesalahan di bawah mistar.

Namun pertandingan tampak ditakdirkan untuk seri ketika gol Diogo Jota pada menit ke-88 dianulir karena offside.

Roberto Martinez kemudian melakukan tiga pergantian pemain di lima menit terakhir dan dua di antaranya digabungkan menjadi gol kemenangan saat Pedro Neto memberi umpan kepada Conceicao untuk memulai karir internasionalnya yang kompetitif.

Kemenangan ini berarti Portugal bergabung dengan tim favorit lainnya Inggris, Prancis, Spanyol, Italia dan Belanda dalam memenangkan pertandingan pertama mereka di turnamen tersebut.

Namun tetap berada di belakang Turki di klasemen Grup F. Sebelumnya Turki kalahkan Georgia 3-1.

Profil Francisco Conceicao

Francisco Fernandes da Conceição (lahir 14 Desember 2002). 

Ia adalah pemain sepak bola profesional Portugal  yang bermain sebagai pemain sayap untuk klub Liga Primeira Porto dan tim sepak bola nasional Portugal.

Melalui sistem pemuda Porto, Conceição dipromosikan ke tim utama pada tahun 2021, memenangkan gelar ganda domestik Liga Primeira dan Taça de Portugal pada tahun 2022. 

Pada Juli 2022, ia pindah ke tim Eredivise Ajax, sebelum kembali ke Porto pada September 2023 , dengan kesepakatan pinjaman awal satu tahun; itu dijadikan permanen pada akhir musim.

Conceição adalah mantan pemain timnas muda Portugal, mewakili negaranya di berbagai level pemuda, menjadi bagian dari tim U-21 yang menjadi runner-up di Kejuaraan Eropa U-21 2021. 

Dia melakukan debut internasional seniornya pada tahun 2024.

Conceição lahir di Coimbra. Dia mulai bermain sepak bola di Belenenses, karena saudara laki-lakinya Moisés dan Rodrigo juga bermain di sana, sebelum pindah ke akademi Sporting pada tahun 2011 pada usia delapan tahun, menghabiskan enam musim di klub tersebut. 

Dengan ayahnya Sérgio menjadi manajer Porto, ia bergabung dengan akademi mereka dan kemudian dipinjamkan ke klub pengumpan mereka Padroense, sebelum bergabung sepenuhnya dengan tim muda Porto pada tahun 2018.

Pada bulan Agustus 2020, Conceição menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan klub hingga tahun 2023, dan melakukan debut profesionalnya dengan kekalahan 1-0 melawan Varzim selama musim Liga Portugal 2 2020-21. 

Pada tanggal 15 Januari 2021, ayahnya menelepon Conceição untuk pertandingan liga Porto melawan Benfica untuk menggantikan Otávio, yang berakhir 1–1. 

Dia melakukan debutnya di kasta teratas Portugal dengan hasil imbang 2-2 melawan Boavista di Derby da Invicta, pada 13 Februari 2021; empat hari kemudian, dia menjadi pemain Porto termuda kedua yang tampil di UEFA Pertandingan Liga Champions, terjadi di menit-menit terakhir kemenangan 2-1 melawan Juventus di babak 16 besar musim 2020-21. Pada akhir bulan, ia dipromosikan sepenuhnya ke tim utama.

Pada musim 2021–22, Conceição memainkan total 33 pertandingan saat Porto memenangkan gelar ganda liga dan piala; hanya empat yang menjadi starter, termasuk satu di liga. 

Dia menyumbangkan tiga gol, dimulai dengan penalti untuk mengakhiri kemenangan kandang 5-1 atas Feirense di putaran keempat Taça de Portugal; gol liga pertamanya pada 8 Januari memenangkan pertandingan 3-2 di Estoril dua menit setelahnya. menggantikan Fábio Cardoso.

Pada 1 September 2023, FC Porto mengumumkan bahwa Conceição akan kembali ke klub dengan status pinjaman selama satu musim dari Ajax. 

Dia diberi nomor kaos 10, nomor yang sama yang dia kenakan di akhir mantra sebelumnya bersama Naga. 

Kesepakatan tersebut dilaporkan mencakup opsi pembelian sebesar €10 juta, yang akan menjadi wajib jika ia bermain setidaknya 45 menit dalam 25 pertandingan. 

Kembalinya dia dikritik oleh fans klub, termasuk Walikota Porto Rui Moreira, yang merupakan salah satu orang yang menentang kembalinya dia.

Meskipun mendapat kritik, Conceição mulai membuktikan keraguannya salah, tampil mengesankan saat Porto kalah 1-0 di liga melawan Estoril pada tanggal 3 November, mendapatkan tempat di starting sebelas. 

Pada 11 November, dalam kemenangan tandang liga 2-1 di Vitória de Guimarães, dia membantu gol pertama

Nilai Pemain Portugal vs Rep Ceko

PORTUGAL: Costa 5, Dias 7, Pepe 6, Mendes 6, Dalot 6, Fernandes 7, Vitinha 6, Cancelo 7, Silva 8, Ronaldo, Leao 7.

Cadangan: Jota 7, Inacio 6, Semedo 6, Neto 7, Conceicao 7

REP CEKO: Stanek 5, Hranac 5, Krejci 6, Lubang 7, Soucek 7, Coufal 5, Doudera 6, Provod 8, Sulc

Baca Juga:  Kiwil Masih Trending, Masih Dibully karena Analogikan Istri Sebagai Mobil
Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...