Business is booming.

Presiden Jokowi Kunjungi Rusun Pasar Rumput untuk Pasien Covid-19

Presiden Langsung Menuju Tower Satu Lalu Naik Lantai 8 Melihat Ruangan Kamar

Presiden Jokowi tinjau kesiapan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta terkait isolasi pasien Covid-19.

Persisnya rusun tersebut akan dijadikan sebagai salah satu tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19.

Rusun tersebut disiapkan pemerintah sebagai langkah antisipasi jika terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Setibanya di lokasi, Rabu (7/7/2021) malam, Presiden langsung menuju tower satu, lalu naik menuju lantai 8 yang nantinya akan diperuntukkan bagi para pasien.

Sementara itu, akomodasi untuk para tenaga kesehatan akan disiapkan di lantai 4.

Rusun Pasar Rumput sendiri terdiri atas tiga tower.

Tower pertama yang dicek Presiden telah siap digunakan dengan kapasitas 2.060 tempat tidur.

Jika ditambah dengan tower kedua dan ketiga yang akan siap dalam 2-3 hari ini, maka kapasitas total mencapai 5.950 tempat tidur.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga meminta kepada seluruh kepala daerah baik yang berada di Pulau Jawa dan Bali maupun di luar Pulau Jawa dan Bali untuk terus mengecek langsung ke lapangan terkait kondisi penanganan pandemi di daerahnya masing-masing.

Di penghujung keterangan, Presiden juga mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah bekerja keras menangani pandemi Covid-19.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito.

Fasilitas Rusun Diperbaiki

Pemerintah memang terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang terpapar Covid-19 dengan menyediakan tempat untuk isolasi.

Salah satunya ada di Rusun Pasar Rumput, Jakarta.

Baca Juga:  M Qodari Dianggap Memaksakan Jokowi 3 Periode, Trending Twitter

Sejumlah fasilitas di rusun tersebut terus dilengkapi, seperti halnya pengadaan dan pemasangan Air Conditioner (AC) 1PK.

Pelaksanaan pengadaan dan pemasangan AC di Rusun Pasar Rumput, Jakarta dilakukan oleh PT Panasonic Gobel Indonesia (PT PGI) yang bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau fasilitas isolasi Covid-19 di Rusun Pasar Rumput, Jakarta (Warta Kota/Muchammad Dipa)

Adapun pelaksanaan pengadaan dan pemasangan AC tersebut berlangsung sejak tanggal 21 Juni 2021 lalu.

Selain AC, terdapat juga produk pendukung lainnya seperti Wall Fan, Lampu BULB, dan Fllor Standing (5PK) yang akan melengkapi fasilitas isolasi serta obervasi di Rusun Pasar Rumput.

President Director PT Panasonic Gobel Indonesia Tomonobu Otsu mengatakan, dengan lonjakan kasus penyebaran virus corona yang terus meningkat di Indonesia, Panasonic bergerak cepat dalam mendukung pemerintah untuk percepatan penyediaan tempat isolasi serta observasi Covid-19.

“Oleh karena itu, Panasonic melakukan pengadaan dan pemasangan AC serta produk pendukung lainnya di tiga tower Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput, sebagai bentuk support penuh terhadap langkah kementerian PUPR dalam rangka menekan penyebaran virus COVID-19,” ujar Tomonobu Otsu dalam keterangan tertulis, Jumat (2/7).

Terdapat beberapa jumlah AC dan produk pendukung lainnya yang sudah selesai terpasang dan siap pakai di tower 1 Rusun Pasar Rumput, diantaranya yaitu 689 unit AC, 1.378 unit Wall Fan, 2.067 pcs Lampu BULB (7W), 2.067 pcs Lampu BULB (9W).

Sedangkan untuk pemasangan produk di tower 2 dan 3 dengan jumlah total 11.655 unit, dalam proses instalasi bersamaan dengan pemasangan 5 unit floor standing (5PK) di tower 1.

“Untuk saat ini Panasonic bersama para teknisi handalnya sedang memaksimalkan pengadaan dan pemasangan AC serta produk pejernih udara lainnya di tower 1, dan setelah selesai maka akan melanjutkan pemasangan di tower 2 maupun tower 3.

Baca Juga:  Kenakan Busana Putih dan Kaca Mata Hitam, Amanda Manopo Antar Ibunda ke Peristirahatan Terakhir di San Diego Hills

Optimalisasi fasilitas pusat karantina Covid-19

Pada awal penyebaran COVID-19 di Indonesia atau sejak tahun 2020 lalu, PGI telah dipercaya pemerintah untuk mengambil langkah cepat dalam mendukung optimalisasi fasilitas di pusat karantina, Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Langkah tersebut yaitu dengan merevitalisasi 5.672 AC yang tersebar di empat tower Wisma Atlet, yang di lakukan oleh teknisi-teknisi terbaik Panasonic demi optimalisasi penggunaan wisma atlet bagi masyarakat terdampak COVID-19.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...