Business is booming.

Membayangkan Newcastle Jadi Raksasa Usai Dibeli Pangeran Arab Saudi

Kekayaan Salman jauh lebih besar daripada pemilik Manchester City Sheikh Mansour

Heboh pembelian klub Inggris, Newcastle United, menyita perhatian publik.

Newcastle pun tak lama lagi akan menjadi klub raksasa dunia setelah pengambilalihan senilai £ 300 juta Saudi ditandatangani.

Pembelian klub oleh konsorsium yang dipimpin Saudi diharapkan akan diumumkan segera setelah negara Teluk itu menyelesaikan perselisihan dengan mitra siaran Liga Premier beIN Sports dan memberikan jaminan tentang siapa yang akan mengendalikan klub.

Ini akan mengakhiri 14 tahun kepemilikan Mike Ashley atas Magpies, setelah banyak protes selama kepemilikan miliarder Sports Direct memimpin klub.

Setelah kesepakatan selesai, Dana Investasi Publik Saudi (PIF) diharapkan memiliki 80 persen saham klub, sisanya Amanda Staveley dan saudara-saudaranya.

Kesepakatan awal pengambil alihan Newcastle dibatalkan pada musim panas 2020 karena keberatan Liga Premier.

Kini klub tersebut akan diketuai oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan diperintah oleh Yasir Al-Rumayyan.

Al-Rumayyan, gubernur PIF, dilaporkan masih didapuk sebagai ketua non-eksekutif klub.

Peran Bin Salman pasti akan dihapus, bagaimanapun, mengingat Liga Premier kini telah menerima jaminan bahwa negara tidak akan terlibat langsung dalam menjalankan klub.

Toon, julukan Newcastle, akan menjadi tim terkaya di dunia sepak bola, dengan PIF Saudi memiliki aset senilai £320 miliar yang mengejutkan, dengan saham di perusahaan mulai dari SoftBank hingga Boeing, Facebook, dan Uber.

Kekayaan ini jauh lebih besar daripada pemilik Manchester City Sheikh Mansour, yang awalnya merupakan pemilik klub sepak bola terkaya di dunia dengan nilai £23.3bn.

Mansour adalah wakil perdana menteri Uni Emirat Arab, dan berasal dari keluarga kerajaan Abu Dhabi.

Baca Juga:  Menaker Ida Cari Waktu Pencairan Bantuan Subsidi Upah Pekerja

Tapi begitu pengambilalihan Newcastle diumumkan, pemilik The Magpies akan bernilai 10 kali lebih banyak daripada milik City.

Paris Saint-Germain adalah satu-satunya klub yang bisa dibandingkan dengan Newcastle di bawah kepemilikan baru mereka.

Kekayaan Presiden Nasser Al-Khelaifi sendiri dilaporkan sekitar £6,5 miliar, tetapi dia hanyalah orang terdepan untuk pemilik Qatar Sport Investments, sebuah cabang dari Otoritas Investasi Qatar – yang setara dengan PIF Saudi.

Dana kekayaan nasional Qatar memiliki aset senilai sekitar £220 miliar, termasuk gedung The Shard yang ikonik di London dan pengecer mewah Harrods, ditambah saham di perusahaan seperti Volkswagen dan Barclays.

Namun pemilik baru Newcastle masih jauh lebih berharga daripada pemilik PSG yang sangat kaya.

Pembelian pada awalnya ditinggalkan tahun lalu ketika konsorsium – yang dipimpin oleh Dana Investasi Publik Saudi (PIF) dan termasuk Amanda Staveley dan saudara-saudara Ruben – tidak dapat membuktikan pemisahan antara mereka dan negara Saudi.

Liga Premier sekarang telah menerima jaminan bahwa negara tidak akan terlibat langsung dalam menjalankan klub dan sumber mengatakan ini akan melihat kesepakatan diberi lampu hijau.

Setelah pembaruan seputar pengambilalihan, penggemar Newcastle bergegas ke media sosial untuk mengungkapkan kegembiraan mereka atas berita tersebut.

‘Kembalikan para penghibur. Bawa kembali malam Eropa. BAWA KEMBALI NEWCASTLE SAYA BERSATU. #nufc #nufctakeover,” tulis salah satu penggemar.

Pendukung lain menulis: ‘Saya siap untuk itu semua. Pengambilalihan ini terasa seperti cinta dalam hidup Anda terus berjalan keluar, dan kembali menjanjikan untuk berubah. Yasssss.’

Terhenti selama setahun, kini kabar akuisisi Newcastle United oleh konsorsium Arab Saudi kembali mencuat dan menemui titik terang.

Daftar Pemilik Terkaya Klub Sepakbola Eropa

Baca Juga:  Kasus Saipul Jamil, Netizen Tak Tahu Beda KPI dan KPAI

1. Dana Investasi Publik Arab Saudi – Newcastle jika kesepakatan tercapai (£ 320 miliar)

2. Otoritas Investasi Qatar – PSG (£ 220 miliar)

3. Sheikh Mansour – Manchester City (£21 miliar)

4. Dietrich Mateschitz – RB Leipzig dan RB Salzburg (£15.7bn)

5. Andrea Agnelli – Juventus (£14 miliar)

6. Roman Abramovich – Chelsea (£ 10,5 miliar)

7. Philip Anschutz – LA Galaxy (£8,1 miliar)

8. Stan Kroenke – Arsenal (£6.8bn)

9. Zhang Jindong – Inter Milan (£6,2 miliar)

10. Guo Guangchang – Wolves (£5,2 miliar)

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...