Business is booming.

Gubernur NTB Ikut Kagumi Aksi Jokowi Naik Motor di Mandalika

Menjajal Motor di sirkuit Mandalika bersama Pak Jokowi.. jago juga ngebut nya

Beredar foto-foto dan video Presiden Jokowi meresmikan Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB dengan cara menjajal sepeda motornya di Sirkuit Megah tersebut.

Setelah diresmikan Jokowi, sepekan ke depan atau persisnya 19-20 Nopember, Mandalika akan jadi ajang balapan seri terakhir World Superbike (SWBK) 2021.

Dalam video dan foto yang beredar, tampak dengan gagah, presiden berbadan kurus itu menjajal sepeda motornya dengan kecepatan lumayan tinggi.

“Menjajal Motor di sirkuit Mandalika bersama Pak Jokowi..Pak Presiden jago juga ngebut ya,” ujar Gubernur NTB Zulkieflimansyah tak bisa menutupi kekagumannya.

“Lihat aksi Presiden @jokowi mencoba sirkuit Mandalika secara langsung. Sukses World Superbike Mandalika 2021,” tulis akun @1trenggalek

“•Satu lagi bayaran Jokowi yg hampir Lunas kpd BUZZER yg mendukungnya dgn iklas Sirkuit Mandalika, salah satu sirkuit terbaik yg pernah ada di dunia Sirkuit yg memadukan inovasi teknologi, budaya dan keindahan alamnya,” kata @Miduk17

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal langsung Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021).

Saat menjajal Sirkuit Mandalika, Jokowi mengendarai motor balap custom berwarna hijau dan pakaian serba hitam.

Pada uji coba tersebut, di garis start dan finish terlihat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, membawa bendera balap motor hitam putih.

“Lihat aksi Presiden @jokowi mencoba sirkuit Mandalika secara langsung. Saya bagian Start-Finish saja ah,” tulis Erick Thohir pada unggahan akun media sosial Instagramnya, Jumat (12/11/2021).

Baca Juga:  Aktivitas Semeru Terjadi Sejak 2 Desember, Kini Erupsi, Warga Berlarian

Sontak unggahan tersebut dibanjiri komentar dari warga Indonesia.

Pada unggahannya itu, Erick juga menuliskan sebuah kalimat harapan agar World Superbike Mandalika 2021 berjalan lancar.

“Sukses World Superbike Mandalika 2021. Indonesia Bangga!” sambung Erick.

Jokowi Naik Motor, Erick Thohir Pegang Bendera Start Finish

Motof Batik

Ternyata area run-off di lintasan balap Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akal dihiasi dengan motif batik untuk mempromosikan budaya lokal.

Motif batik ini bakal dihadirkan di sisi pinggir aspal Sirkuit Mandalika dengan memadukan dua warna utama, yakni merah dan putih.

Nantinya, motif batik yang akan digunakan di area run-off sirkuit dengan nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit ini bakal mengadopsi motif kain tenun ikat khas Sasak.

Motif batik ini kabarnya sudah hampir selesai digarap. Beberapa di antaranya hadir di area run-off tikungan ke-15 dan 16. Tikungan ini tak jauh dari race control.

Motif kain tenun ikat khas suku Sasak itu akan dibubuhkan dengan warna merah sebagai landasan utamanya. Sementara itu, warna putih digunakan untuk membentuk garis-garis motifnya.

Sebagai informasi, Sasak merupakan suku bangsa yang mendiami pulau Lombok, lokasi pembangunan Sirkuit Mandalika.

Suku Sasak memang dikenal dengan kemahirannya membuat kain menggunakan metode tenun. Sebab, setiap perempuan akan dikatakan dewasa dan siap berumah tangga apabila sudah pandai menenun.

Dalam bahasa orang Sasak, menenun disebut sebagai Sesek Kata ini berasal dari kata sesak, sesek, atau saksak. Sesek dilakukan dengan cara memasukan benang satu per satu (sak sak).

Kemudian, benang disesakkan atau dirapatkan hingga sesak dan padat agar bisa menjadi kain dengan cara memukul-mukulkan alat tenun.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...