Business is booming.

Pasukan Elit TNI dan Polri Terlibat Aksi Gabungan Peringati Hari Armada

KSAL menyampaikan Hari Armada RI ini menjadi sejarah bukti Sinergitas TNI-Polri.

Hampir semua pasukan elit TNI dan Polri terlibat dalam peringatan Hari Armada RI 2021 yang jatuh Senin 5 Desember 2021.

Peringatan Hari Armada 2021 dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya. Senin (6/12).

Ada pun pasukan elit yang terlibat dalam atraksi dalam rangka Hari Armada adalah Gabungan Pasukan Khusus TNI-POLRI Full Mission Profile dan Fun Jump.

Atrasi gabungan itu melibatkan Satkopaska, Taifib, Denjaka, Satgultor Kopassus, Tontaipur Kostrad, Denbravo Paskhas, dan Gegana Brimob.

Pasukan elit atau khusus TNI dan Polri terlibat dalam atraksi gabungan peringati Hari Armada 2021 di Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya. Senin (6/12). — Foto twitter @_TNIAL_

Kasal usai menyaksikan demonstrasi Pasukan Khusus Gabungan TNI-Polri menyampaikan bahwa Hari Armada RI ini menjadi sejarah bukti Sinergitas TNI-Polri.

Pasukan khusus harus terus berlatih, selalu berlatih secara gabungan.

Latihan seperti ini harus terus dilaksanakan, ditingkatkan sehingga profesionalisme prajurit TNI-Polri selalu terjaga sehingga pada saat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang bersifat strategis, Pasukan Khususlah yang ada di depan.

“Terus tumbuhkan kebersamaan, terus tumbuhkan persaudaraan, terus tumbuhkan sinergitas demi TNI, Polri, Bangsa dan Negara,” ujarnya Laksamana TNI Yudo Margono seperti dibagikan Dinas Penerangan Angkatan Laut dalam Web TNI.

Dalam kesempatan itu, Yudo menyampaikan ucapan terimakasih kepada Panglima TNI, Kasad, Kasau dan Kapolri karena telah mengijinkan prajuritnya untuk melaksanakan latihan gabungan pasukan khusus.

Pada bagian lain Kasal menekankan Armada Republik Indonesia sebagai Pengawal Samudera, harus mampu menunjukkan kekuatan yang menggetarkan lawan maupun kawan terlebih pihak-pihak yang berniat untuk merongrong kedaulatan dan mengganggu kepentingan negara di laut.

Sebagai Prajurit Jalasena, Armada RI harus siap setiap saat dalam menjalankan amanat rakyat untuk menjaga lautan nusantara, karena Armada RI adalah tulang punggung kembalinya kejayaan maritim Indonesia seperti yang pernah dikatakan oleh Bung Karno dalam pidatonya, “Bangsa Indonesia tidak bisa menjadi bangsa yang kuat, tidak bisa menjadi negara yang kuat, jika tidak menguasai Samudra, jikalau tidak kembali menjadi bangsa maritim”.

Baca Juga:  Daftar Panglima TNI, Jendral Andika Perkasa Panglima TNI ke-22

Hari Armada RI tahun 2021 yang mengusung tema “Armada RI Ksatria Pengawal Samudra Untuk Indonesia Tumbuh Indonesia Maju” ini merupakan wujud dari upaya pelestarian nilai-nilai kejuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam pengabdiannya untuk melahirkan dan membesarkan Armada RI.

Keteladanan dari para sesepuh ini menjadi pegangan bagi generasi penerus saat ini dan di masa mendatang.

Upacara Hari Armada RI ini dipimpin Komandan Upacara (Danup) Kolonel Laut (P) Ashari Sunan Abidin yang sehari-harinya menjabat Komandan Lanal Ternate dengan melibatkan pasukan upacara sebanyak 1.020 personel.

Mereka berasal dari Korps Musik, Kompi Gabungan Pama, Kompi Taruna AAL, Kompi Gabungan Kowal, Kompi Gabungan Pomal, 2 Kompi Bintara KRI Koarmada RI, 2 Kompi Tamtama KRI Koarmada RI, Kompi Satuan Marinir, Kompi Satuan Udara, Kompi Gabungan Passus Koarmada RI dan Kompi PNS dengan background upacara beberapa KRI diantaranya KRI Ahmad Yani-351, KRI Diponegoro-365, dan KRI Usman Harun-359.

Usai pelaksanaan upacara, Kasal berkesempatan berdialog secara virtual dengan para prajurit TNI AL yang bertugas di KRI SIM yang saat ini sedang bertugas di MTF/Lebanon, KRI Bung Tomo dalam penugasan Operasi Siaga Segara-21/Natuna, Satgas Marinir di Ambalat (Sebatik), Satgas Udara di Ambalat (Tarakan), Lanal Sabang, Lanal Rote dan Lanal Timika.

Upacara dimeriahkan dengan demonstrasi Gabungan Pasukan Khusus Integritas TNI-Polri yang terdiri dari: Satkopaska, Taifib, Denjaka, Satgultor Kopassus, Tontaipur Kostrad, Denbravo Paskhas, dan Gegana Brimob melaksanakan Full Mission Profile dan Fun Jump, serta aksi 41 penerjun dari TNI-Polri.

Dalam kegiatan ini, Kasal juga menganugerahkan Tanda Jasa Satya Lencana Kesetiaan kepada perwakilan Perwira, Bintara dan Tamtama Koarmada II yang telah mengabdi dengan setia kepada NKRI selama 24 Tahun, 16 Tahun dan 8 Tahun.

Baca Juga:  Profil Mayjen TNI Syahrial, Akmil 1990, Promosi Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad.

Tentang Hari Armada

Kekuatan laut sebagai suatu Armada berdasarkan Surat Keputusan Kasal No A 4/2/10 tanggal 14 September 1959 dikukuhkan menjadi Komando Armada RI dan diresmikan pada 5 Desember 1959.
Lalu, berdasarkan Surat Keputusan Panglima ABRl Nomor: Kep. 171/III/1985 tanggal 30 Maret 1985, Armada RI dibagi menjadi dua kawasan wilayah kerja, yaitu Armada RI Kawasan Barat dan Armada RI Kawasan Timur.

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Skep/4033/Xl/1987/ tanggal 17 Nopember 1987, bahwa hari lahirnya Armada Rl ditetapkan pada 5 Desember, yang untuk selanjutnya disebut sebagai Hari Armada.

Dilansir dari laman koarmada2.tnial.mil.id, disebutkan bahwa sejarah Armada RI memang tidak terlepas dari sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.

Pun juga diikuti dengan kelahiran TNI AL yang diawali dengan pembentukan organisasi militer Indonesia yang dikenal sebagai Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Laut yang selanjutnya lebih dikenal sebagai Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) pada 1945.

Sejak masa TKR Laut, struktur organisasi mulai disusun sesuai kebutuhan matra laut, yakni dengan membentuk beberapa satuan seperti Pangkalan, Corps Armada, Corps Mariniers, Polisi Tentara Laut, dan Kesehatan.

Pada 25 Januari 1946, TKR Laut berubah menjadi Tentara Republik Indonesia Laut (TRI Laut). Pada 19 Juli 1946, TRI Laut kemudian dirubah menjadi Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) yang disahkan bertepatan dengan pelaksanaan Konferensi ALRI di Lawang, Malang.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...