Business is booming.

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela Jadi Sorotan

Karantina Mandiri di Rumah Usai Pulang dari Turki Bersama Anak-anak

Musisi Ahmad Dhani dan istrinya, Mulan Jameela, saat ini tengah menjadi sorotan.

Sebab, mereka menjalani karantina mandiri di rumah usai pulang liburan bersama anak-anaknya di Turki.

Muncul pertanyaan, apakah Dhani dan Mulan akan diperiksa oleh pihak kepolisian terkait karantina mandiri tersebut?

Sebagaimana dilaporkan Kumparan, Satgas Bandara menyebut Mulan dapat privilige karena anggota DPR

Menanggapi hal tersebut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, aturan karantina di rumah memang diberikan kepada pejabat negara, dengan syarat dipantau oleh tim Satgas Covid.

Apa lagi Mulan Jameela memang merupakan anggota Komisi VII DPR dari Partai Gerindra.

“Memang aturan dari satgas tentang kekarantinaan itu menyebutkan pejabat negara itu untuk karantinanya diperkenankan di rumah, tapi dalam pantauan tim satgas. Karena ini istrinya kan anggota DPR Komisi VII atau VIII, sehingga tidak dikarantina di Wisma Atlet ataupun di hotel, melainkan karantina di rumah selama 10 hari tetap. Tetapi dalam pantauan satgas Covid,” ujar Zulpan kepada wartawan, Senin (13/12).

Terkait aturan mengenai karantina di rumah, Zulpan tak bisa memberikan penjelasan lebih lanjut karena kewenangan berada di tangan Satgas Covid.

“Mungkin kalau ini tanya dengan Satgas Covid ya, karena keterangan Satgas Covid, sementara begitu. Karena kekarantinaan itu Satgas Covid. Yang saya terima laporan itu pejabat negara termasuk anggota DPR RI itu bisa melakukan karantina di rumah,” ungkap Zulpan.

Baca Juga:  Daftar Lengkap Mutasi dan Promosi 113 Pati TNI, Dua Pati Naik Pangkat Jenderal Bintang 3

Komandan Satgas Udara Covid-19, Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Agus Listiono mengatakan, keluarga Ahmad Dhani dan Mulan Jameela melakukan karantina mandiri di rumahnya.

“Mereka dapat karantina mandiri dari BNPB,” katanya Senin (13/12).

Karantina mandiri yang didapat keluarga Ahmad Dhani masuk dalam aturan diskresi. Sebab mereka pejabat negara, jadi boleh karantina di rumah.

“Semua prosedur dari BNPB kita hanya menjalankan saja, mulai dari datang, sampai mereka naik ke mobil pribadi yang membawa mereka. Untuk aturan itu diberikan karena Mulan Jameela adalah anggota DPR,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala BNPB sekaligus Kasatgas Covid-19 Suharyanto. Ia mengatakan, memang terdapat pengecualian khususnya bagi para pejabat negara termasuk anggota DPR.

“Untuk karantina mandiri ada beberapa pengecualian. Sebagai contoh pejabat negara setingkat menteri, anggota dewan, dapat fasilitas karantina mandiri. Artinya enggak di hotel atau di tempat-tempat yang disediakan. Ini sama kayak terpusat, jadi selama 10 hari enggak ke mana-mana,” kata Suharyanto dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Senin (13/12).

Penjelasan Sekjen DPR

Sementara Sekjen DPR Indra Iskandar, saat dikonfirmasi menyebut Mulan Jameela berangkat ke Turki dalam rangka dinas.

“Iya ada acara kedinasan,” ucap Indra kepada Kumparan, Senin (13/12).

Indra menyebut Mulan ke Turki dalam rangka fungsi pengawasan DPR. Dalam UU MD3, tiga fungsi DPR adalah pengawasan, legislasi, dan penganggaran.

“Kunker pengawasan dan diplomasi parlemen yang berkaitan dengan Komisi VII,” tutur Indra.
Namun dia belum merinci agenda pengawasan yang dilakukan Mulan, termasuk jumlah anggota DPR lain yang berangkat.

Sebelumnya, Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto, menyebut anggota DPR adalah pejabat setingkat menteri yang boleh menjalani karantina mandiri sepulang dari luar negeri.

Baca Juga:  Satu Lagi Notaris Kasus Mafia Tanah Nirina Zubir Tertangkap

“Pejabat negara setingkat menteri, anggota dewan, ini juga apabila kembali dari luar negeri memang mendapat fasilitas karantina mandiri. Artinya karantina mandiri itu tidak ditempatkan di hotel atau di tempat-tempat yang disediakan,” ucap Suharyanto dalam rapat di Komisi VIII DPR.

“Jadi selama 10 hari ya diharapkan enggak ke mana-mana, ada batasannya yang sudah kami sampaikan lewat Surat Edaran. Kalau ada yang melanggar ini kasuistis

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...