Business is booming.

Profil Chanathip Songkrasin, Messi Thailand yang Hancurkan Vietnam

Songkrasin tertinggal satu gol dari Irfan Jaya dan Ikhsan Fandi (Singapura)

Pemain timnas Thailand, Chanathip Songkrasin, menjadi pembicaraan usai timnya mengalahkan Vietnam 2-0.

Dua gol kemenangan tim negeri Gajah Putih itu dicetak Chanathip Songkrasin yang dijuluki Lionel Messiny Thailand atau Messi Jay.

Chanathip Songkrasin langsung menembus 10 besar daftar top skor.

Pertandingan Vietnam vs Thailand yang berlangsung di Stadion Nasional Singapura, Kamis (23/12/2021) malam WIB, berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan tim Gajah Perang (julukan Thailand).

Songkrasin memborong dua gol Thailand yang masing-masing dia cetak pada menit ke-14 dan ke-23.

Gol-gol ke gawang Vietnam mengantarkan Songkrasin kini menorehkan dua gol dari tiga pertandingan di Piala AFF 2020.

Songkrasin tertinggal satu gol dari Irfan Jaya dan Ikhsan Fandi (Singapura) yang mengemas tiga gol dari lima laga.

Adapun puncak daftar top skor Piala AFF 2020 dihuni oleh Bienvenido Maranon (Filipina), Safawi Rasid (Malaysia), dan Teerasil Dangda (Thailand). Ketiga pemain di atas sama-sama mengoleksi empat gol.

Namun, Bienvenido Maranon dan Safawi Rasid sudah tidak bisa menambah pundi-pundi gol karena Filipina dan Malaysia terhenti di babak penyisihan grup.

Sementara itu, Teerasil Dangda masih berkesempatan mencetak gol lagi pada leg kedua semifinal Piala AFF akhir pekan ini, Minggu (26/12/2021).

Profil Chanathip Songkrasin

Chanathip Songkrasin lahit 5 Oktober 1993. Ia hanya dikenal sebagai Jay, belakangan Messi Jay.

Ia adalah Pesepakbola profesional Thailand yang bermain sebagai gelandang serang untuk klub Jepang Hokkaido Consadole Sapporo dan tim nasional Thailand.

Chanathip dipromosikan ke skuad tim utama BEC Tero Sasana oleh pelatih baru Andrew Ord yang juga pernah menjadi pelatih tim mudanya.

Baca Juga:  Kuyang Trending, Netizen Penasaran dengan Wujudnya, Seperti Apa?

Pada awal 2013 Chanathip mendapat tawaran dari klub J.League Gamba Osaka.

Di akhir musim, ia memenangkan TPL Young Player of the Year.

Pada pertengahan Oktober Shimizu S-Pulse dari J.League menawarinya uji coba di akhir musim 2013.

Pada akhir Oktober dilaporkan langsung dari manajer umum BEC Tero Sasana Robert Procureur bahwa klub Bundesliga Hamburg akan memberikan Chanathip percobaan pada akhir musim Bundesliga 2014.

Dan jika dia berhasil dia akan menjadi pemain Thailand kedua yang bermain di Bundesliga setelah Witthaya Laohakul.

Pada 27 Januari 2016, diumumkan bahwa Chanathip, bersama rekan satu timnya di BEC Tero Peerapat Notchaiya dan Tanaboon Kesarat, akan bergabung dengan Muangthong United dengan status pinjaman untuk musim 2016.

Chanathip mencetak gol pertamanya untuk Muangthong United pada 1 Mei 2016 ketika ia mencetak gol dari umpan silang Tristan Do pada menit ke-18, yang ternyata menjadi satu-satunya gol dalam kemenangan atas Chonburi.

Chanathip kemudian secara permanen bergabung dengan Muangthong United dengan biaya yang tidak diungkapkan.

Dia membantu klubnya memenangkan Liga Thailand 2016 dan Piala Liga Thailand 2016 di musim pertamanya.

Pada tahun 2017, Chanathip Songkrasin tampil luar biasa di babak penyisihan grup Liga Champions AFC 2017 dalam dua pertandingan pertama melawan Brisbane Roar dan Kashima Antlers yang berhasil dikumpulkan Muangthong United empat poin.

Dia dianugerahi sebagai man of the match untuk kedua game tersebut.

Pada bulan Desember 2016 diumumkan bahwa Chanathip akan bergabung dengan tim J.League yang baru dipromosikan, Hokkaido Consadole Sapporo pada musim panas 2017 dengan status pinjaman selama satu setengah musim.

Pada 11 Januari 2017, Consadole Sapporo secara resmi menghadirkan Chanathip Songkrasin sebagai pemain baru mereka.

Baca Juga:  Gilas Laos 5-1, Timnas Indonesia Kudeta Malaysia di Puncak Klasemen

Pinjaman ini mengikuti penampilan impresif Chanathip selama Kejuaraan AFF 2016 selain Consadole Sapporo yang mengintainya selama beberapa tahun sebelumnya.

Chanathip memainkan paruh pertama musim 2017 dengan klub induknya, Muangthong United, sebelum berangkat ke Sapporo, Jepang, pada Juli 2017.

Pada tanggal 26 Juli 2017, Chanathip melakukan debut untuk Consadole Sapporo di J.League Cup 2017 melawan Cerezo Osaka sebagai pemain pengganti menggantikan Ryota Hayasaka pada menit ke-46.

Pada tanggal 29 Juli 2017, ia menjadi bagian dari starting lineup melawan Urawa Red Diamonds di Liga J1 2017.

Ini adalah pertandingan pertamanya di J1 League.

Selain itu, ia menjadi pemain sepak bola Thailand pertama yang tampil di tingkat teratas sistem liga sepak bola profesional Jepang.

(Sebelumnya, orang Thailand lainnya hanya tampil di tingkat atas semi-profesional sepak bola Jepang atau tingkat bawah profesional.).

Dia mencetak gol J-League pertamanya yang datang melalui sundulan saat klubnya bermain imbang 3–3 di Cerezo Osaka pada 2 Maret 2018.[8]

Pada 13 Juli 2018, Chanathip menandatangani kontrak permanen dengan Consadole Sapporo, menjadikannya pemain permanen Hokkaido Consadole Sapporo mulai 1 Februari 2019.

Pada tanggal 3 Desember 2018, setelah memimpin timnya, Consadole Sapporo ke rekor tempat ke-4 tertinggi di Liga J1 2018, Chanathip dipilih oleh rekan satu timnya sebagai pemain tim paling berharga musim ini.

Setelah itu, ia diumumkan sebagai salah satu pemain di tim J.League musim ini, menjadi orang Asia Tenggara pertama dalam sejarah.


Daftar Top Skor Piala AFF 2020

4 Gol – Bienvenido Maranon (Filipina), Safawi Rasid (Malaysia), Teerasil Dangda (Thailand)

3 Gol – Ikhsan Fandi (Singapura), Irfan Jaya (Indonesia)

2 Gol – Chanathip Songkrasin (Thailand), Htet Phyo Wai (Myanmar), Chan Vathanaka (Kamboja), Amin Nazari (Filipina), M. Kogileswaran Raj (Malaysia), Supachok Sarachart (Thailand), Nguyen Quang Hai (Vietnam), Witan Sulaeman (Indonesia), Evan Dimas (Indonesia), Nguyen Tian Linh (Vietnam), Patrick Reichelt (Filipina), Nguyen Chong Phung (Vietnam), Rachmat Irianto (Indonesia)

Baca Juga:  Shin Tae-yong Yakin Garuda Menang, Arhan Main Lagi, Egy Starter
Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...