Business is booming.

Minyak Goreng Langka Jadi Trending Terbaru, Buntut Penetapan HET Seragam, Stok Menipis

Stok Minyak Goreng sangat terbatas di Ritel Modern seperti di Indomaret

MENDEKATI siang pada Rabu, 2 – 2 – 222, trending topics di Twitter mulai bergeser.
Itu minyak goreng yang langka menohok ke posisi atas daftar trending topics.

Menurut pantauan Kompas.Com stok minyak di Indomaret Kemanggisan, Jakarta Barat, kosong.

Ini merupakan buntut dari kebijakan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi menerapkan kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) per 1 Februari 2022.

Hal itu membuat harga minyak goreng kembali turun. Sebab HET minyak goreng curah ditetapkan Rp 11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium Rp 14.000 per liter.

Sedangkan sebelumnya, pemerintah menetapkan kebijakan minyak goreng satu harga Rp 14.000 per liter.

Meski harga minyak goreng turun, stok minyak nabati tersebut justru sangat terbatas di ritel modern seperti di Indomaret.

Berdasarkan pemantauan Kompas.com di salah satu Indomaret yang berlokasi di Kemanggisan, Jakarta Barat, stok minyak gorengnya dengan harga sesuai HET kosong melompong.

Rak khusus minyak goreng di Indomaret Syahdan Kemanggisan hanya diisi oleh minyak goreng merek Barco kemasan 2 liter yang dibanderol Rp 70.400 dan merek Happy Oil.

Rio, salah satu pegawai Indomaret tersebut mengatakan bahwa stok minyak goreng sudah habis sejak 3 hari yang lalu. “Habis, sejak 3 hari yang lalu. Ya yang ada sisa itu aja,” kata Rio kepada Kompas.com, Jakarta, Selasa (1/2/2022).

Baca Juga:  Profil Mayjen TNI Anton Yuliantoro, Akmil 1991, Pangdiv 2 Kostrad

Rio mengatakan, sekalipun minyak goreng datang dari pusat, jumlahnya hanya sedikit. Hal ini menjadi salah satu penyebab mengapa masyarakat sering tidak kebagian minyak goreng murah.

“Yah paling kalau (stok) ada itu enggak banyak kayak kemarin hanya 4-5 karton. Sekarton hanya isi 6 pouch. Padahal yang nyari banyak, begitu datang stoknya langsung dibeli,” kata Rio.

Kompas.com juga mencoba mencari minyak goreng ke Indomaret lain di daerah Kemanggisan. Namun hasilnya sama, stok kosong.

Di Indomaret Haji Taisir Kemanggisan, rak khusus minyak goreng kosong melompong dan hanya tersedia brosur kecil yang bertuliskan “Minyak Goreng Habis”.

Adi salah satu pegawai Indomaret tersebut mengatakan kosongnya stok sudah terjadi sejak 2 hari yang lalu.

Dia juga mengatakan masih belum tahu kapan minyak goreng akan tersedia lagi. “Belum tahu kapan lagi, kalau pun datang enggak bisa dijamin stoknya bisa bertahan lama. Soalnya masih pada panic buying,” ungkap Adi.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...