Business is booming.

Gempa Trending, Sumbernya di Lebak, Diduga Terkait Sesar Cimandiri?

Gempa Lebak M5,1 juga dirasakan di Kota Serang, Tangerang, Serpong, Jakarta

Gempa trending, kali ini berada di sekitar Lebak Banten.

Informasi dari akun @InfoBMKG tertulis bahwa besaran gempa pertama Magnitudo 5.3.

Terjadi Sabtu (12/3/2022) pukul 12:31:07 WIB.

Pusat gempa berada di laut 41 km Barat Daya Bayah, Kedalaman:10 Km.

Getaran gempa terasa untuk III-IV Pelabuhan Ratu, II Kota Tangerang, II-III Kota Sukabumi, II-III Munjul, III-IV Malingping, III-IV Cinangka, III-IV Bayah, III Lebak, III Panggarangan, II-III Tanara, II-III Anyer, II-III Cianjur, II Serpong

Menurut Daryono dari BMKG gempa di Lebak diduga merupakan kemenerusan Sesar Cimandiri dengan karakterisitik mekanisme Geser Mengiri.

Sesar Cimandiri merupakan sesar atau patahan geser aktif yang terletak di bagian barat dari provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Sesar ini memanjang mulai dari muara Sungai Cimandiri di Pelabuhan ratu, Kabupaten Sukabumi, lalu mengarah ke timur laut melewati Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Subang.

Sesar ini mengalami pertemuan dengan Sesar Lembang di wilayah Padalarang dan Sesar Baribis di Subang.

Sebagai sesar aktif, sesar Cimandiri bergerak dengan kecepatan geser 4-6 mm per tahun.

Di Kabupaten Sukabumi, sesar ini terbagi menjadi 5 segmen, yaitu segmen Cimandiri Palabuhan Ratu-Citarik, Citarik-Cadasmalang, Ciceureum-Cirampo, Cirampo-Pegleseran, dan Pegleseran-Gandasoli.

Berikut Cuitan @DaryonoBMKG terkait gempa di Lebak

@DaryonoBMKG: Gempa dirasakan Mag:5.3, 12-Mar-22 12:31:07 WIB, Lok:7.19 LS, 105.98 BT (41 km BaratDaya BAYAH), Kedlmn:10 Km, dirasakan di Malingping, Cinangka, Pelabuhan Ratu III-IV MMI, Lebak, Panggarangan III MMI, Munjul, Tanara, Anyer Sukabumi II-III MMI, Tangerang, Serpong II MMI ::BMKG

Baca Juga:  Daftar 11 Pati TNI AD Naik Pangkat, Enam Mayjen dan Lima Brigjen

@DaryonoBMKG: Teman2 apa ada laporan gempa Banten baru saja dirasskan di jabodetabek?. Jawabannya yang terasa di Tangsel, Sukabumi dan Bandung.

@DaryonoBMKG: Hari Sabtu 12 Maret 2022 pukul 12.31.07 WIB Pantai Selatan Lebak, Banten diguncang gempa dengan M5,1. Episenter terletak pada koordinat 7,19° LS ; 105,98° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 28 Km arah Selatan Cihara, Lebak, Banten pada kedalaman 10 km.

@DaryonoBMKG: Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Selatan Lebak M5,1 yg tjd mrpkn jenis gempadangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif dasar laut. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bhw gempa ini memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

@DaryonoBMKG:  Gempa Lebak M5,1 dirasakan di Malingping, Cinangka, Bayah, Pelabuhan Ratu dlm skala intensitas III-IV MMI. Di Kota Lebak, Panggarangan, Labuan dirasakan dlm skala intensitas III MMI. Di Munjul, Tanara, Anyer, Cianjur, Kota Sukabumi dirasakan dlm skala intensitas II-III MMI.

@DaryonoBMKG: Gempa Lebak M5,1 juga dirasakan di Kota Serang, Tangerang, Serpong, Jakarta dlm skala intensitas II MMI

@DaryonoBMKG: Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa Lebak M5,1. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

@DaryonoBMKG: Hingga pukul 13.25 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 6 (enam) gempa susulan (aftershocks) dengan magnitudo 2,9 hingga 4,4.

@DaryonoBMKG: Gempa Lebak M5,1 ini memiliki mekanisme sumber sesar geser mengiri (sinistral strike-slip)

@DaryonoBMKG: Jika mencermati mekanisme sumber Gempa Lebak M5,1 yang berupa Sesar Geser Mengiri (sinistral strike-slip) maka ada dugaan pembangkit gempa ini merupakan kemenerusan Sesar Cimandiri dengan karakterisitik mekanisme Geser Mengiri juga.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...