Business is booming.

Profil Irine Yusiana Roba Putri, Ketua Panel Diskusi dalam Forum of Women Parliamentarians

Irine terpilih menjadi Anggota DPR RI periode 2014-2019 dan 2019-2024 dari PDIP

Irine Yusiana Roba Putri, anggota DPR RI dari PDIP berkesempatan menjadi Ketua Panel Diskusi dalam Forum of Women Parliamentarians pada Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144.

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI I menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 telah memperbesar ketidaksetaraan gender yang dialami perempuan, terutama isu kesehatan perempuan, anak dan remaja di kala pandemi.

“Dalam merespon berbagai tantangan itu, saya memandang bahwa kita memerlukan energi yang lebih kuat antar seluruh pemangku kepentingan baik di tingkat nasional, regional, global dengan peran sentral parlemen, terutama melalui peran parlemen perempuan,” kata Irine di Nusa Dua, Bali, Minggu (20/3/2022).

Ia mengatakan, parlemen perempuan harus terus mendorong dan memastikan segala upaya pemulihan global dalam menjawab berbagai tantangan yang dihadapi perempuan.

“Upaya ini tentu tidak dapat kita lakukan sendiri, anggota parlemen laki-laki bukan hanya harus dilibatkan tapi mereka juga harus berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pemenuhan hak perempuan karena manfaatnya akan dirasakan oleh seluruh anggota masyarakat,” kata Irine seperti dilansir DPR.go.id

Legislator Dapil Maluku Utara itu menambahkan, forum parlemen perempuan IPU kali ini akan berdiskusi dalam memberikan usulan berbasis gender untuk dua rancangan resolusi.

Yakni Memikirkan Kembali dan Membingkai Ulang Pendekatan Proses Perdamaian dengan Pandangan untuk Membina Perdamaian Abadi.

Kemudian, resolusi kedua terkait pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai enabler dalam kemajuan sektor pendidikan di masa pandemi.

Untuk itu, Irine berharap agar diskusi forum parlemen perempuan IPU dapat mendorong terwujudnya kesetaraan gender secara global, bukan hanya di masa pemulihan pandemi Covid-19 namun hingga masa mendatang.

“Kami juga akan berdiskusi mengenai berbagai hal terkait peran parlemen dalam menyikapi masalah kesehatan bayi dan anak utamanya di masa pandemi, sehingga generasi penerus kita dapat menikmati keseteraan gender yang kita perjuangkan,” sebutnya.

Baca Juga:  Profil Ahn Bo Hyun, Kekasih Jisoo Blackpink, Agensi Keduanya Benarkan Ahn Bo dan Jisoo Berpacaran

Forum of Women Parliamentarians IPU kali ini turut dihadiri oleh Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani, Anggota BKSAP DPR RI Arzeti Bilbina, Anggota BKSAP DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah, Presiden IPU Duarte Pachecho, Sekjen IPU Martin Chungong, Wakil Presiden Forum Anggota Parlemen Perempuan H. Ramzy Faye.

Anggota DPR dari PDIP dua periode Irine Yusiana Roba Putri (DPR.go.id)

Profil  Irine Yusiana Roba

Irine Yusiana Roba Putri, S.Sos., M.Comn&MediaST. lahir 4 April 1984 (37 tahun).

Dia terpilih menjadi Anggota DPR RI periode 2014-2019 dan 2019-2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Riwayat Pendidikaan

SD Budi Mulia Bogor (1991-1996)

SMP Sang Timur Jogjakarta (1996-1999)

SMA Panggudi Luhur Van Lith Muntilan (1999-2002)

Universitas Atma Jaya Yogyakarta, jurusan Komunikasi (2002-2007)

Universitas Monash, Australia, jurusan Communication (2008-2010)

Riwayat Pekerjaan

Anggota DPR RI, Sebagai: Anggota . Tahun: 2019 – skrg

Anggota DPR RI, Sebagai: Anggota . Tahun: 2014 – 2019

PT.TEROKA ADRIYANA NUSANTARA, Sebagai: KOMISARIS. Tahun: 2011 – 2013

Riwayat Organisasi

Inter-Parlementary Union (IPU), Sebagai: Board Member. Tahun: 2017 – skrg

DPP PDI Perjuangan, Sebagai: Central Board Secretary of PDI Perjuangan in Creative Economy Affair. Tahun: 2015 – 2019

ASEAN Parlementarians for Human Right , Sebagai: Member. Tahun: 2014 – skrg

CALD Youth , Sebagai: Executive Commitee. Tahun: 2010 – 2015

Youth and Sport Department Of Indonesian Democratic Party of Struggle, Sebagai: Member of Department. Tahun: 2010 – 2015

Komentar
Loading...