Business is booming.

Pengunjung yang Tenggelam di Pelabuhan Ratu Akhirnya Ditemukan

Namanya Dandi Taufik ia ditemuka kurang lebih pada radius 7 NM dari lokasi kejadian

Setelah pencarian hari kelima, Tim SAR gabungan akhirya menemukan warga yang terseret  ombak di Pantai Citepus pada kamis (19/5) sekitar pukul 12.40 WIB.

Korban yang ditemukan Tim SAR atas nama Dandi Taufik (16)

Seperti dilansir  Basarnas. Dandi adalah dua orang pengunjung yang tenggelam saat tengah berenang di Pantai Citepus Istiqomah, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu, (15/5).

Dandi ditemuka kurang lebih pada radius 7 NM dari lokasi kejadian, NM adalah nautical miles satuan dalam map atau peta.

“Korban ditemukan dalam kondisi mengambang di perairan Cisolok, kemudian kita evakuasi menuju RSUD Palabuhan Ratu untuk diserahkan kepada pihak keluarga.” Ungkap Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor SAR Jakarta.

Hendra selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR. juga mengungkapkan belasungkawa yang mendalam atas musibah yang dialami korban.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas upaya pencarian yang dilakukan oleh tim SAR gabungan hingga akhirnya korban bisa ditemukan.

Operasi SAR yang dilakukan oleh tim SAR gabungan yang memasuki hari kelima ini dibagi menjadi 2 (dua) area pencarian dimana tim pertama melakukan pencarian pada area laut menggunakan perahu karet dengan luas area hingga 15 NM2 di sekitar lokasi kejadian.

Kemudian tim kedua melakukan pencarian dengan penyisiran melalui jalur darat di sepanjang bibir pantai hingga radius 18 KM dari lokasi kejadian.

Puluhan personil SAR gabungan dikerahkan dalam operasi SAR diantaranya Pos SAR Sukabumi, SatpolAir Polres Sukabumi, Pos TNI AL Sukabumi, Damkar Kab.Sukabumi, BPBD Kab.Sukabumi, Balawista, RAPI Lokal 1, MRI ACT Sukabumi, Catatan Cakrawala, IEA Sukabumi, SAR Khatulistiwa, SSV, Pramuka Peduli Kab.Sukabumi, Husein Rescue, TRC IKB RAPI Lokal 8, Pramuka Saka Warantika, Sehati Gerak Bersama, dan masyarakat.

Baca Juga:  Bus Ardiansyah Kecelakaan di Tol, 14 dari 25 Penumpang Meninggal Dunia

Diketahui pengunjung yang bernama Dandi Taufik (16) terseret ombak pada minggu (15/5) sekitar pukul 08.30 WIB di kawasan Pantai Citepus, Kecamatan Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Seperti diketahui, Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, menjadi salah satu obyek wisata pantai yang ramai dikunjungi.

Bahkan sejak  setelah Hari Raya Idul Fitri, pengunjung ke Pelabuhan Ratu terus mengalir.

Tentu saja terkait dengan kelonggaran dari pemerintah terkait kebijakan pandemi covid-19.

Terbaru dua orang pengunjung yang tengah berenang di Pantai Citepus Istiqomah, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tenggelam pada Minggu, (15/5).

Hingga berita ini diturunkan satu orang berhasil diselamatkan, namun satu lainnya hilang.

“Wisatawan yang berhasil diselamatkan yakni Riki Irawan (37) dan satu korban lainnya yang belum ditemukan serta masih dalam pencarian tim SAR gabungan yakni Dandi Taufik (26),” kata Hendra Sudirman kepada wartawan di Sukabumi, Minggu.

Menurut Hendra, hingga saat ini tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap wisatawan yang hilang tenggelam tersebut dengan membentuk dua tim pencarian.

Tim pertama melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan perahu karet di laut dengan luas areal pencarian hingga 2 Nm2.

Kemudian tim kedua, pencarian dengan menyisir jalur darat di sepanjang bibir pantai hingga radius 4 km, namun hingga Minggu malam, korban belum ditemukan.

Informasi yang dihimpun dari tim SAR, kecelakaan laut ini berawal saat salah satu korban yakni Dandi Taufik tidak sadar bahwa dirinya berenang sudah jauh dari bibir pantai dan baru tersadar setelah ombak menghempas tubuhnya.

Ia  kemudian meminta pertolongan kepada kerabatnya.

Riki yang merupakan kerabat korban, melihat Dandi meminta tolong dengan spontan mencoba menyelamatkannya, namun bukannya berhasil menyelamatkannya ia pun malah ikut tenggelam.

Baca Juga:  Sri Mulyani dan Retno Marsudi Ngeteh di Roma, Persiapan KTT G20

Petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu yang berada di lokasi langsung melakukan penyelamatan.

Tapi sayang hanya Riki yang berhasil diselamatkan, sementara Dandi tubuhnya dinyatakan hilang tenggelam setelah tubuhnya dihantam ombak besar yang diduga terseret arus bawah laut.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...