Business is booming.

Profil Robi Darwis, Pemain Persib Bandung itu Masih Dikira Robby Darwis, Sang Legenda

Ibu Roby Darwis Kabarnya Mengidolakan Robby Darwis hingga memberi nama anaknya mirip sang idola

Robi Darwis trending, publik menyangka dia adalah pemain legendaris Persib Bandung, Robby Darwis.

Namun keduanya sama sekali tak ada hubungan darah, kecuali sama-sama “berdarah” Persib Bandung.

Nama Robi Darwis konon muncul karena sang ibu pemain memang mengidolakan Robby Darwis, sang legenda hidup Persib Bandung.

Robi Darwis masih berusia 18 tahun, sedang Robby Darwis 57 tahun.

Robi Darwis menjadi trending hari ini karena diturunkan pelatih Persib Rene Robert Alberts sejak menit pertama.

Ia menjadi pemain debutan termuda keempat Persib Bandung di kompetisi setelah Beckham Putra Nugraha, Gian Zola Nasrulloh dan Indra Mustafa.

Di laga ini, Robi berusia 18 tahun 356 hari.

Sayang Persib gagal meraih tiga poin dengan skor akhir Persib vs Bhayangkara FC 2-2.

Pangeran Biru tertinggal lebih dulu di menit 37. Bola dari penguasaan bola Robi bisa disambar gelandang Bhayangkara FC, Muhammad Hargianto yang langsung memberikannya kepada striker Youssef Ezzejjari.

Sepakan Ezzejjari membuat bola bersarang di gawang Fitrul Dwi Rustapa.

Hanya butuh waktu empat menit, Persib Bandung bisa menyamakan kedudukan.

Di menit 41, Rachmat Irianto menyundul bola kiriman Zalnando. Bola pun membuat gawang kiper Bhayangkara, Awan Setho bergetar. Skor imbang 1-1 hingga turun minum.

Babak kedua baru berjalan dua menit, Persib Bandung membalikkan keadaan lewat sepakan keras Frets Butuan, memanfaatkan sodoran dari Da Silva. Maung Bandung unggul 2-1.

Baca Juga:  Arsenal Keok Lagi, Zona Degradasi, Arteta Out Berkumandang Kencang

Jelang babak kedua bergulir, Persib melakukan pergantian dengan menarik keluar Zalnando untuk digantikan Dedi Kusnandar.

Selanjutnya Robi Darwis mengeluhkan sakit di bagian paha. Ia ditarik untuk digantikan bek tengah Pangeran Biru, Achmad Jufriyanto.

Di menit 81, Persib Bandung menurunkan debutan lainnya yakni, Arsan Makarin yang masuk menggantikan David Da Silva karena mengalami cedera dan tak bisa melanjutkan pertandingan.

Tiga menit kemudian Sani Rizky kembali membuat keadaan menjadi imbang 2-2 di menit 84, memanfaatkan tendangan Hargianto.

Hingga pertandingan berakhir, skor 2-2 menjadi penutup bagi kedua tim. Persib harus puas berada diperingkat 6 klasemen Liga 1 dengan nilai 1.

Profil Robi Darwis

Dilansir dari situs resmi Persib, Persib.co.id Robi Darwis mengenal sepakbola dari SSB Atep7, lalu ditempa di Akademi PERSIB Kota Cimahi.

Gelandang bertahan asal Cianjur itu kemudian menjalani seleksi di Diklat PERSIB untuk bisa mentas di kompetisi Elite Pro Academy (EPA) PSSI U-16 tahun 2019 lalu.

 

Robi membuktikan kemampuannya di Festival Filanesia yang digelar PSSI di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Dari empat laga, ia tampil sebanyak tiga kali dan kemudian masuk ke dalam tim All Star.

Robi kemudian lolos seleksi untuk bergabung dengan PERSIB U-16. Selama menjalani kompetisi EPA, Robi mengumpulkan 1.241 menit dan mencetak satu gol.

PERSIB U-16 di bawah asuhan Imam Nurjaman pun diantarkan Robi sampai ke babak 8 Besar.

Robi adalah seorang petarung di lini tengah Maung Ngora. Ia mampu menguasai bola dengan baik. Selain itu, Robi juga punya jiwa kepemimpinan baik sehingga dipercaya menjadi kapten tim Maung Ngora.

Hal menonjol lainnya adalah kerjasama yang baik dengan bek PERSIB U-16 saat itu, Kakang Rudianto. Beberapa gol Kakang lahir dari umpan lemparan ke dalam yang dikirimkan oleh Robi dari sisi lapangan.

Baca Juga:  Inter Raih Scudetto ke-20, Terbanyak Masih Juve, Ini Daftarnya

Di tahun yang sama, Robi juga ambil bagian di tim PERSIB U-18. Di bawah arahan pelatih Kartono Pramdhan, pemain kelahiran tahun 2003 ini mendapat dua kali kesempatan bermain dengan para seniornya.

“Memang main di level yang lebih tinggi lebih kepada tantangan. Itu juga sebuah kebanggaan buat Robi atas kepercayaan yang diberikan pelatih. Sudah seharusnya, kepercayaan itu dibalas dengan kontribusi untuk tim,” jelas pemain yang mengembang ban kapten PERSIB U-16 itu.

Penampilan Robi di EPA menarik perhatian tim pelatih Timnas Indonesia U-18 untuk menjalani pemusatan latihan di Antalya, Turki. Itu merupakan bagian dari sebagai persiapan Timnas menghadapi Piala Dunia U-20.

“Alhamdulillah, Robi dapat kesempatan berlatih di Timnas U-18 karena banyak pelajaran yang didapat Robi di kesempatan yang sangat berharga itu,” ungkapnya.

Di saat yang sama, Diklat PERSIB melanjutkan pembinaan pemain mudanya dengan berkontribusi ke tim Bandung United yang berlaga di kompetisi Liga 3.

Diasuh pelatih Lukas Tumbuan, Robi membawa Bandung United hingga melaju ke babak 32 besar putaran nasional.

Saat Persib Bandung beruji coba dengan Tim Porprov Kota Bandung di Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Rabu (13/7/2022), Robi dan Robby Darwis hadir di ajang tersebut.

Setelah pertandingan berakhir, Robi Darwis berkesempatan bertemu dengan legenda Persib, Robby Darwis.

Robby Darwis memang hadir dalam laga uji coba tersebut sebagai juru taktik Tim Porprov Kota Bandung.

Pertemuan keduanya pun langsung diabadikan oleh awak media. Robi mengaku tidak tahu betul dengan sosok Robby Darwis selama berkostum Persib.

Namun, sang ibu memang mengidolakan Robby Darwis sejak lama.

 

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...