Business is booming.

Hastag Kleptomania Trending, Benarkah Mariana si Pencuri Cokelat di Alfamart Klepto?

Penderita Klepto merasa lega setelah mencuri dan tak pernah mengakui kesalahannya

Mariana, Wanita pencuri cokelat di Alfamart akhirnya mengakui perbuatannya.

Ia juga minta maaf kepada pegawai Alfamart karena memaksa meminta maaf atas perbuatan yang dia lakukan.

Kabar lain, ternyata Mariana bukan pertama kali melakukan perbuatan kriminal tersebut.

Ia juga pernah melakukan hal serupa dan kepergok di Transmart.

Kabar tersebut disampaikan akun @zoelfick.

Akun ini sejak awal ikut simpati kepada pegawai Alfakart yang dipaksa Mariana dengan pengacaranya meminta maaf padahal tak bersalah.

Baru dapat kabar, Transmart juga pernah jadi sasaran.  Kalo yang ginian dibiarkan berkeliaran, kasihan karyawan² di sana. haduhaduh

Netizen pun kemudian menyimpulkan Mariana menderita penyakit kleptomania.

Namun sejumlah netizen mempertanyakan kesimpulan itu karena Mariana sejak awal tak mengakui perbuatannya, malah membawa pengacara menekan pihak lain untuk minta maaf.

Ada pun permintaan maaf Mariana disampaikan anaknya di Mapolres Metro Tangerang Selatan (Tangsel).

Melalui unggahan instagram Hotman Paris Hutapea @hotmanparisofficial, Senin (15/8/2022) Ivana Valenza mengakui perbuatan ibunya dan minta maaf.

Ia minta maaf kepada seluruh karyawan Alfamart, khusus kepada Amel, Mbak Nisa, Mas Alif, para pegawai Alfamart yang dipaksa minta maaf.

Ivana juga secara spesifik meminta maaf kepada Alfamart Cisauk. Ia juga mengakui jika ibunya melakukan pencurian tersebut.

“Kalo klepto yaudalaya kesel tapi emang penyakit itumah. Nah kalo jahat pake uu ite itumah penyakit hati orang yg punya kuasaaa,” kata komedian Bintang Emon melalui @bintangemon

Baca Juga:  Perdana Menteri Luksemburg yang Dikenal Gay Positif Covid-19

@anakpunkgoaran: Gua ga yakin dia klepto Tapi kalo emang dia klepto harusnya dia tau kesalahannya. Bukannya malah manggil pengacara ,harusnya dia yg minta maaf

Apa itu Kleptomania

Istilah Kleptomania pun menjadi buruan publik dan netizen untuk mengetaui pengertiannya.

Dirangkum dari wikipedia, Kleptomania adalah gangguan mental yang membuat penderitanya tidak bisa menahan diri untuk mencuri.

Benda-benda yang dicuri oleh penderita kleptomania umumnya adalah barang-barang yang tidak berharga, seperti mencuri gula, permen, sisir, atau barang-barang lainnya.

Sang penderita biasanya merasakan rasa tegang subjektif sebelum mencuri dan merasakan kelegaan atau kenikmatan setelah mereka melakukan tindakan mencuri tersebut.

Tindakan ini harus dibedakan dari tindakan mencuri biasa yang biasanya didorong oleh motivasi keuntungan dan telah direncanakan sebelumnya.

Penyakit ini umum muncul pada masa puber dan ada sampai dewasa.

Pada beberapa kasus, kleptomania diderita seumur hidup. Penderita juga mungkin memiliki kelainan jiwa lainnya, seperti kelainan emosi, Bulimia Nervosa, paranoid, schizoid atau borderline personality disorder.

Kleptomania dapat muncul setelah terjadi cedera otak traumatik dan keracunan karbon monoksida.

Sementara itu Halodoc membuat rincian lebih detail tentang Kleptomania.

Kleptomania adalah gangguan kebiasaan dan impuls (impulse control disorder) yang ditandai dengan sulitnya menahan dorongan untuk mencuri.

Dorongan untuk mencuri itu bukan muncul karena mereka membutuhkan atau menginginkan barang tersebut. Bukan pula karena mereka tidak mampu membelinya.

Mereka mencuri karena alasan yang tidak bisa dijelaskan.

Bahkan, mereka sebenarnya sadar bahwa apa yang dilakukannya salah, bisa menyakiti dirinya ataupun orang lain.

Namun, mereka tidak bisa menahan diri untuk tidak mencuri barang tersebut.

Penyebab kleptomania tidak sepenuhnya diketahui hingga kini.

Salah satu penyebab potensialnya adalah ketidakseimbangan bahan kimia otak atau neurotransmitter.

Baca Juga:  Harry Maguire Pemain Terbaik Laga Inggris vs Jerman

Neurotransmitter terlibat dalam pengiriman pesan di otak, dan ketika bahan kimia ini tidak seimbang, mungkin ada masalah dengan cara otak merespons dorongan.

Mesi demikian, stres adalah penyebab potensial lain dari penyakit ini.

Ketidakmampuan untuk mempertahankan kontrol dorongan dapat dipicu oleh peristiwa stres yang besar, atau oleh kombinasi dari stresor yang lebih kecil.

Kleptomania adalah jenis gangguan kontrol impuls. Stres berdampak negatif pada pengendalian impuls, jadi meskipun bukan penyebabnya, stres dapat memperburuk masalah.

Kleptomania sulit diatasi sendiri. Tanpa pengobatan, kondisi ini kemungkinan akan menjadi kondisi jangka panjang yang berkelanjutan.

Pengobatan kleptomania biasanya melibatkan obat-obatan dan psikoterapi, atau keduanya, terkadang bersama dengan kelompok swadaya.

Namun, tidak ada pengobatan kleptomania standar, dan para peneliti masih berusaha memahami apa yang paling berhasil.

Pengidap mungkin harus mencoba beberapa jenis perawatan untuk menemukan apa yang cocok.

Jika tidak diobati, kleptomania bisa menyebabkan masalah emosional, keluarga, pekerjaan, hukum, dan keuangan yang parah.

Pengidap juga akan merasakan rasa bersalah, malu, dan benci pada diri sendiri, karena tahu bahwa mencuri itu salah tapi tidak berdaya untuk menahan dorongan hati.

Tidak ada cara khusus yang diketahui dapat mencegah kleptomania. Namun, mendapatkan perawatan segera setelah gejala muncul dapat membantu mengurangi kemungkinan gangguan pada kehidupan, keluarga, dan persahabatan orang tersebut.

Selanjutnya, mungkin akan membantu bagi orang tersebut untuk menghindari situasi yang dapat memicu keinginan untuk mencuri.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...