Business is booming.

Brigjen Pol Adi Vivid Bachtiar, Lokomotif Akpol 1998, Promosi Dirtipidsiber Bareskrim Polri

Adi Vivid, anak mantan Kapolri Jenderal Dai Bachtiar, juga sebagai ajudan Presiden Jokowi.

Pangkat Kombes Adi Vivid Agustiadi Bachtiar otomatis akan menjadi Brigjen Pol setelah dipromosikan dari ajudan Presden Jokowi menjadi Dirtipidsiber Bareskrim Polri.

Kombes Pol Adi Vivid menggantikan Brigjen Pol Asep Edi Suheri yang memperoleh promosi menjadi Wakabareskrim.

Bersamaan mutasi Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta oleh Irjen Pol Teddy Minahasa yang sebelumnya Kapolda Sumbar, nama Kombes Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mencuat.

Mutasi berdasarkan Telegram Kapolri Nomor: Kep/1386/X/2022/Tanggal10-10-2022 tetang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri, Senin 10 Oktober 2022.

Dengan kenaikan pangkat itu, Adi Vivid Agustiadi Bachtiar selanjutnya tercatat sebagai alumni Akpol 1998 pertama meraih pangkat jenderal bintang satu.

Saat ini Adi Vivid boleh dibilang sebagai lokomotif alumni Akpol 1998.

Adi Vivid bukan hanya dikenal sebagai anak mantan Kapolri Jenderal Dai Bachtiar, namun juga sebagai ajudan Presiden Jokowi.

Jika dibandingkan dengan Brigjen Pol Jhonny Edison Isir, kenaikan pangkat Adi Vivid boleh dibilang sebagai kejutan.

Ajudan Presiden Jokowi sebelum digantikan Adi Vivid butuh tiga tahun untuk sandang pangkat bintang satu.

Setelah menjadi ajudan Presiden Jokowi, Isir dimutasi ke  Irbidjemensdm II Itwil V Itwasum Polri lalu  Analis Kebijakan Madya bidang Binkar SSDM Polri.

Ia juga dimutasi menjadi Kapolrestabes Medan (2019—2020) Kapolrestabes Surabaya[4] (2020—2021) dan akhirnya menyandang Brigjen sebagai Wakapolda Sulawesi Utara (2021).

Baca Juga:  Jejak Karier Danpaspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Pastikan Anggotanya, Praka RM, Diproses Hukum karena Kasus Pembunuhan

Bintang Vivid melesat seperti Listyo Sigit Prabowo yang kini menjadi Kapolri.

Setelah menjabat ajudan tahun 2016, Sigit promosi menjadi Kapolda Banten (2016), Kadiv Propam Polri (2018), Kabareskrim Polri (2019) dan Kapolri (2021).

Lantas apakah Brigjen Adi Vivid akan melesat terus kariernya seperti Kapolri Listyo Sigit Prabowo atau ayahnya Da’i Bachtiar tak mudah ditebak.

Ini karena karier seorang jenderal tak melulu disebabkan karena prestasi kepemimpinannya, namun juga kecocokan dengan pejabat di atasnya.

Dalam hal ini dengan Presiden Republik Indonesia yang sedang menjabat. Sedang masa jabatan Presiden Jokowi tinggal dua tahun dan tak bisa dipilih lagi.

Alumni Akpol 1998

Alumni Akpol 1998 berjumlah 308 orang. Selain Adi Vivid yang bersinar sejumlah nama mencuat dalam pemberitaan media massa.

Kapolresta Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Kusumo Wahyu Bintoro, misalnya, berhasil mendapatkan iNews Maker Award dengan kriteria Public Services In The Time Of Pandemic.

Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro dinilai telah memberikan pelayanan publik dengan berbagai Inovasi di masa Transisi Pandemi ke Endemi Covid-19 yang terus dilakukan Polresta Sidoarjo beserta seluruh jajaran.

Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro dinilai berhasil memimpin dan mendorong anggotanya untuk terus berinovasi dalam melayani masyarakat, baik terkait masalah Kepolisian maupun Sosial Kemasyarakatan.

Lalu Kombes. Pol. H Ade Ary Syam Indradi. Ia adalah seorang perwira menengah Polri yang sejak 24 September 2022 mengemban amanat sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan.

Ade Ary, lulusan Akpol 1998 ini berpengalaman dalam bidang Reserse. Ia sempat menjadi Staf Pribadi tiga Kapolri, semasa Jenderal Timur Pradopo, Jenderal Sutarman dan Jenderal Badrodin Haiti.

Jabatan terakhirnya adalah Kabaganev Robinopsnal Bareskrim Polri.

Lalu Kapolresta Solo,  Kombes Iwan Saktiadi, yang sebelumnya menjabat Dirlantas Polda DIY. Kombes Iwan Saktiadi juga pernah menjabat Wakapolresta Solo tahun 2019.

Ada juga Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi. Pada Juni 2022 lalu ia memperoleh penghargaan sebagai Kabid Humas Teraktif tahun 2022.

Baca Juga:  Profil Laksdya TNI Erwin S Aldedharma, Baru Empat Bulan Promosi Bintang Tiga, Kini Promosil Wakasal

Penghargaan langsung diberikan Kapolri Jenderal polisi Listyo Sigit Prabowo.

Ada Kepala SPN (Sekolah Polisi Negara) Polda Gorontalo Kombes Pol Agus Widodo. Ia sempat menjadi pemberitaan terkait kasus di Asrama SPN yang dipimpinnya.

Persisnya terkait tertembaknya salah seorang penghuni SPN, Bripda Arif Gani yang diduga karena senjata pelontar gas air mata dengan pelaku Bripda MRW.

Ada pun meraih penghargaan Adhi Makayasan 1998 Kombes Pol Agung Marlianto sejak 17 April 2020 mengemban amanat sebagai Pamen Baintelkam Polri (Penugasan Pada BIN).

Agung yang merupakan lulusan terbaik Akpol 1998 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhirnya adalah Kasubbaglemwil Baglem Rolemtala Srena Polri.

Profil Adi Vivid Agustiadi Bachtiar

Brigjen Pol Adi Vivid Agustiadi Bachtiar adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dari pasangan Da,i Bachtiar dan Ida Yulianti.

Kakak pertama Adi Vivid yakni Nina Agustina Bachtiar bahkan kini menjabat Bupati Indramayu.

Kaka keduanya Dini Agustini Bachtiar menjadi pengusaha.

Adi Vivid Agustiadi Bachtiar yang lahir di Purwodadi 12 Agustus 1977  (45 tahun)

Karier kepolisiannya cukup panjang, misalnya pernah menjabat kapolsek di empat lokasi berbeda.

Yakni Kapolsek Padalarang Polres Cimahi (Jabar), Kapolsektif Majalaya Polres Cimahi (Jabar) dan Kapolsekta Wonokromo Polresta Surabaya Selatan (Jatim).

Lalu menjabat Kapolsek Metro Taman Sari Polrestro Jakarta Barat.

Ia juga pernah dua kali kapolres tahun 2016, yakni Kapolres Tegal dan Kapolres Cirebon Kota.

Dengan diangkat pada jabatan bintang satu, dengan demikian jabatan Kapolrestabes yang biasa diisi pejabat pangkat Kombes sudah terlewati bagi Adi Vivid.

Posisi kewilayahan berikutnya yang menunggu sentuhan Adi Vivid adalah Wakapolda dan Kapolda.

Riwayat Jabatan

Pamapta II Polres Cimahi

Baca Juga:  Profil Mayjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, Alumni Akmil 1989, Kini Wairjen TNI

Kanit Curanmor Satreskrim Polres Cimahi

Kanit Patwal Satlantas Polres Bandung Barat

Wakapolsek Bandung Wetan Polres Bandung tengah

Kapolsek Padalarang Polres Cimahi

Kapolsektif Majalaya Polres Cimahi

Kapolsekta Wonokromo Polresta Surabaya Selatan

Kasat Reskrim KPPP Tanjung Perak

Kanit Moneter Perbankan Subdit Ekonomi Polda Jatim

Kanit Ekspor Impor Subdit Ekonomi Ditreskrimsus Polda Jatim

Kasat Binmas Polreta Bekasi Kota

Kapolsek Metro Taman Sari Polrestro Jakarta Barat

Kasubdit Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya

Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya (2016)

Kapolres Tegal (2016)

Kapolres Cirebon Kota (2016)

Wakapolres Metro Jakarta Utara (2018)

Pamen SSDM Polri (Penugasan di Setmilpres Kemsetneg sebagai Ajudan Presiden RI) (2019).

Dirtipidsiber Bareskrim Polri 2022

 

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...