Business is booming.

Kediri Trending, Netizen Kok Ribut Temuan Benda Sejarah dan Nuklir?

arca di Desa Adan-adan akan ditampilkan ke umum sebagai destinasi wisata candi

Tagar Kediri trending pada Selasa (15/11/2022), menyusul temuan arca di Desa Adan-adan yang dikubur pada ekskavasi sebelumnya sejak 2016 akan ditampilkan ke masyarakat umum sebagai destinasi wisata candi era Kerajaan Kediri.

Pada ekskavasi tahap kelima sejak tahun 2016 itu, arkeolog dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dibantu pekerja membersihkan arca di Situs Adan-adan, Desa Adan-adan, Kediri, Jawa Timur, Sabtu (12/11/2022).

Ekskavasi arkeologi merupakan salah satu teknik pengumpulan data melalui penggalian tanah. Penggalian bisa dilakukan di darat maupun di bawah air. Namun penggalian tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Sontak netizen gaduh menanggapi tagar Kediri yang trending hingga tercatat 1.630 ciutan (Tweets) yang mereka sampaikan. Berikut beragam ciutan mereka.

Seperti pemilik akun Twitter @DeeMz29429466 menulis, “Ini digali lagi kah? Kok infonya dipendam lagi cz diduga sbg candi yang belum rampung pengerjaannya. Tapi asli relief disini ukirannya alus banget. Apalagi patung kepala Buddha yg ditemukan di sini ganteng banget berhidung mancung, jd ngbayangin standar good looking zaman dulu 🤔”

Lalu akun Twitter @awsumdad menulis, “Hrs diamankan, agar tdk dijarah apalagi dirusak oleh kelompok ttt”

@BARgaBIE menulis, “Kelompok mana bang? Soalnya setau gw yg ngejarah itu Belanda smpe dibawa kabur ke negaranya, dan yg ngerusak itu biasanya warga sekitar jaman dulu krna pada ga tau, jdi yg mana nih bang?”

@an99ik menulis, “…selamatkan sejarah kita Candi2 dan Bangunan Arsitektur Nusantara 👏🏻👏🏻”

@Bill23794356 menulis, “Tetangga sebelah sudah bikin rudal, di Indonesia masih sibuk menggali patung 😭”

@hambauanlang menulis, “Rudal rudal, lu aja masih penyembah agama samawi🤣”

@imeeeemm menulis, “Hubungannya apaan? Ini kan temuan arkeologis. Ilmuwan AS juga kalo nemu beginian ya ngegali juga sama”

@santrisatria menulis, “Orang yg bikin rudal dan orang yg kerja beginian beda Pak. Jadi ga usah terlalu khawatir.”

@NyankoPtr menulis, “What? Ra nyambung kowe! Ini penemuan situs sejarah, ga cuma Indonesia doang kali, semua negara kalau nemu penemuan bersejarah masa lampau juga bakal ngelakuin hal yang sama🙄”

@du_du_du1605 menulis, “Ga nyambung cuy. Masing masing ada profesi nya. Lu mau bilang ke ilmuwan fossil dinosaurus, tetangga sebelah sudah bikin roket, mereka masih sibuk ngurusin tulang.”

@aaaaadjiiiii menulis, “Di Mesir aja sampe di bikinin acara yg di hadiri petinggi negara timur Tengah sana. Padahal cuma mindahin mayit”

@lanangedan menulis, “Ya tetangga sebelah ga punya budaya / situs peninggalan sejarah kali broooo…..”

@madjatama menulis, “Hub antara rudal dan patung. Ya beda ilmu.
Aneh jg ada org yg mempermasalahkan penemuan benda sejarah”

@afidl_ menulis, “yg bikin rudal jg g akan melupakan sejarah keles. ada peran masing². semua penting. jgn karena sok²an sdh bisa bikin nuklir kemudian melupakan sejarah n budaya sendiri.”

@puretokun menulis, “Padahal bukti peradaban nenek moyang indo hebat di masa lampau.”

@glory9474 menulis, “Itu peninggalan sejarah. Kalau loe kagk suka ya udah gak ada yang ngajak loe”

Baca Juga:  Partai Salah Input Trending, Plesetan Buat Partai Sosialis Indonesia yang Jumlah Suaranya Mendadak Naik
Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...