Business is booming.

Jejak Karier Vina Muliana, Pegawai BUMN Sekaligus Konten Kreator Tentang Cari Kerja di BUMN

Vina Muliana Pernah Jadi Wartawan TV, None Jakarta, dan Kberkesempatan bertemu ngobrol dan wawancara langsung CEO TikTok, Mr Shou Chew sebagai konten kreator

Vina trending. Vina yang dimaksud, Vina Muliana konten kreator dan pegawai pada sebuah BUMN.

Ia seorang konten kreator yang terkenal ditiktok dengan akun @vmuliana

Dan akuk tiktoknya kini memiliki 7,9 juta pengikut.

@vmuliana

Bahkan karena popularitasnya ia berkesempatan bertemu ngobrol dan wawancara langsung CEO TikTok, Mr Shou Chew.

Ada pun di instagram @Vinamuliana memiliki 1 juta pengikut.

Sedang akun twitternya @vmuliana memiliki 92,6 ribu pengikut.

Vina menamakan diri sebagai digital creator.  Bantu kamu soal Karier & BUMN

Dilihat dari kontennya memang bagus, namun ada pula yang mengkritik bahwa Vina kerja di BUMN karena dibantu orang dalam.

“Kalian tim ‘kecewa karna berarti blio munafik’ atau ‘yaudahlah yg penting tipsnya berguna’?.” Demikian @tubirfess

“Tak semua yang terlihat indah itu nyata adanya sodara, ada inspirator dengan kontennya yang muantep ternyata terindikasi lewat HRD Jalur Ordal. Sepintar pintarnya tupai melompat akhirnya jatuh juga. Nah ini gimana nih Kak Vina? Ada yang bisa kasi pencerahan?  @hrdbacot,” tulis @dodon_jerry

“Liat Vina Muliana dikulitin abis abisan gini bener bener menyadarkan kalo media sosial itu kejam banget. Statement-nya beda dikit sama kemauan netizen langsung dikorek banget boroknya,” Demikian akun @nikenari

Profil Vina Muliana

Vina Andhiani Muliana, S.P., M.I.Kom. lahir 19 Januari 1994. Ia adalah konten kreator dan pegawai badan usaha milik negara berkebangsaan Indonesia.

Vina yang merupakan pemenang Abang None Jakarta pada tahun 2014 ini menjalankan karier profesionalnya sebagai pegawai di Mining Industry Indonesia.

Ia juga menekuni karier sebagai kreator konten di TikTok sejak tahun 2021 dengan konten membahas isu karier dan ketenagakerjaan.

Ia merupakan penerima penghargaan dari TikTok Awards Indonesia 2021 dalam kategori “Best of Learning & Education”.

Vina Andhiani Muliana merupakan anak sulung dari dua bersaudara.

Ia memiliki adik perempuan bernama Karina Muliana.

Vina memiliki keturunan Betawi dari ibu dan Sunda dari ayah.

Baca Juga:  Timnas Italia Lolos Semifinal Euro 2020, Ini Data Statistiknya

Vina memutuskan memakai hijab pada tahun 2007. Berawal dari nazarnya, jika ia bisa sekolah di Jakarta, ia akan menggunakan hijab.

Sebelumnya ia selalu mengikuti ayahnya untuk berpindah-pindah tugas, sehingga ia bosan dan memutuskan untuk sekolah di Jakarta saja.

Ketika ia bernazar ia merasa bahwa memakai hijab bisa lebih aman. Ia yang tidak pernah tinggal di Jakarta dalam waktu lama, melihat Jakarta sebagai kota metropolitan sehingga ia perlu membentengi diri dan memilih untuk memakai hijab.

Vina menikah dengan Mohamad Fidelio Omar Bestari yang berprofesi sebagai perencana keuangan pada 5 Oktober 2019.

Vina mengawali karier sebagai seorang model. Berawal pada tahun 2011 ketika ia berkuliah di Bandung yang mana waktu itu tren hijab sedang populer.

Vina ditawari untuk menjadi model berawal ketika ia sedang melihat acara peragaan busana dan bertemu dengan desainer Ghaida Tsurayya–anak dari AA Gym.

Ia melihat Vina memiliki badan yang tinggi kemudian menawarkan untuk menjadi model untuk koleksinya.

Sejak saat itu ia menekuni bidang modeling dengan menjadi freelance model di Bandung sembari kuliah.

Kemudian jaringannya semakin luas saat bertemu agensi di Jakarta.

Vina mengatakan bahwa pekerjaan sebagai model ia jadikan pekerjaan sampingan saja.

Menurutnya model menggunakan hijab tidak bisa terus menerus mendapat pekerjaan seperti model non-hijab.

Meskipun memiliki pasar yang besar di Indonesia, tapi lebih besar yang untuk model tidak menggunakan hijab.

Pada tahun 2014, Vina mengikuti kontes pencarian duta pariwisata DKI Jakarta, Abang None Jakarta yang sudah diadakan sejak 1968.

Ia mengaku tertarik mengikuti ajang tersebut karena melihat acara pemilihan Abang None di televisi dan telah melakukan persiapan matang sejak tahun 2011.

Setelah menjadi pemenang None tingkat Jakarta Selatan pada tahun 2014, ia kemudian melaju ke tingkat provinsi DKI Jakarta.

Dalam malam puncak yang berlangsung di Plaza Monas sisi timur, Jakarta Pusat pada 30 Agustus 2014, Vina berhasil meraih kemenangan berdampingan dengan Zulfikri Arif asal Kepulauan Seribu mengalahkan 18 pasang finalis lainnya.

Baca Juga:  Jejak Karier Brigjen TNI Faisol Izuddin Karimin, Alumni Akmil 1999, Danrem 061/Surya Kencana

Vina mendapatkan hadiah berupa deposito sebesar 100 juta rupiah.

Kemenangannya di kontes tersebut mencetak sejarah yakni ia merupakan None pertama yang memakai hijab.

Selama menjabat sebagai None, ia bertugas untuk mendampingi Gubernur dan Walikota serta mengikuti program pemerintah di bidang kebudayaan.

Pada bulan September 2014, ia mendampingi Gubernur DKI Jakarta untuk menandatangani kontrak Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games ke-18.

Selanjutnya pada bulan November ia berkunjung ke Berlin sebagai perwakilan Jakarta di acara Jakarta Berlin Art Festival dalam rangka memperingati 20 tahun hubungan Sister City Berlin dan Jakarta.

Pasca mengikuti Abang None Jakarta Vina melanjutkan kariernya sebagai reporter bisnis di Liputan6.com sejak Maret 2015 memegang program bertajuk “Berani Beda”.

Setelah 3 tahun menjadi wartawan Vina mendapatkan tawaran untuk menjadi spesialis komunikasi di badan usaha milik negara.

Ini menjadi titik awalnya berkarier di BUMN hingga sekarang.

Meskipun berada ditempatkan di industri berbeda namun ia berada di bidang yang sama yaitu komunikasi.

Setelah satu tahun ia berganti posisi sebagai Asisten dari Wakil Menteri BUMN.

Ia kemudian melanjutkan kariernya di Mining Industry Indonesia (MIND ID)–badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang industri pertambangan, mulai dari tahun 2019 hingga sekarang.

Saat ini ia menjabat sebagai Senior Associate MIND ID di bidang Human Capital.

Vina memulai terjun sebagai kreator konten di platform TikTok sejak Februari 2021.

Sebelumnya ia sudah mengunduh TikTok sejak 2020 namun sebagai penikmat.

Hingga akhirnya ia memutuskan untuk membuat konten karena banyaknya generasi Z yang awam tentang karier serta keprihatinannya melihat banyak orang kesulitan mencari pekerjaan di tengah pandemi Covid-19.

Video pertamanya ia buat secara sederhana. Seminggu kemudian, ia mulai membuat konten karier yang berfokus perihal BUMN bertajuk “Kerja di Kementerian rasa Start Up Check”.

Baca Juga:  Macan Air Trending, Menag Berharap Shio Macan Air Beri Kebahagiaan

Setelah itu, videonya viral dan banyak digemari penonton.Ia berhasil mengumpulkan 100 ribu pengikut di bulan pertama.

Kemudian setelah tiga bulan, akunnya sudah memiliki satu juta pengikut dan terus bertambah hingga 4 juta pengikut pada Februari 2022.

Dalam malam final pemilihan Abang None Jakarta Selatan yang digelar pada 30 Juli 2022, Vina dipercaya menjadi salah satu juri untuk menilai etika, perilaku, dan penampilan

Vina menempuh pendidikan S-1 di Universitas Padjadjaran program studi Agroteknologi dari tahun 2010 hingga 2014.

Ketika kuliah di Vina pernah terpilih sebagai delegasi untuk mengikuti ajang Harvard National Model United Nation di Boston, Amerika Serikat pada 13–18 Februari 2014 bersama 17 perwakilan terpilih lainnya.

Pada ajang tersebut delegasi akan merepresentasikan negara Ethiopia dan Zimbabwe dalam beberapa topik diskusi.

Ketika menyelesaikan tugas akhir kuliahnya, Vina mengorbankan skripsinya sehingga harus menunda kelulusan dari bulan Oktober 2014 hingga Januari 2015 karena mengikuti ajang Abang None Jakarta.

Sambil menekuni karier sebagai reporter, ia melanjutkan pendidikan S-2 di London School of Public Relations program studi Ilmu Komunikasi dengan mendapatkan beasiswa penuh.

Ia memulai studinya pada tahun 2015 dan lulus pada tahun 2017.

Dalam karier sebagai kreator konten di TikTok, Vina berhasil memenangkan penghargaan TikTok Awards Indonesia 2021 dalam kategori “Best of Learning & Education” yang diselenggarakan pada 25 Februari 2022.

Pada Februari 2022, nama Vina Muliana masuk dalam daftar tahunan Forbes Indonesia edisi 30 Under 30–30 anak muda Indonesia yang berprestasi dibawah usia 30 dalam kategori “Young Achievers and Game Changers”.

Setelahnya, Vina Muliana juga berhasil masuk dalam daftar Forbes Asia edisi 30 Under 30 tahun 2022 dalam bidang Media, Marketing dan Advertising.

Komentar
Loading...