Business is booming.

Ketua KPK Trending, Netizen Sebut Kini Martabat KPK Sudah Jatuh

KPK akan senantiasa kooperatif dengan penyidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian

Tagar Ketua KPK trending di media sosial X (Twitter) pada Kamis (26/10/2023) malam, menyusul Polda Metro Jaya melakukan penggeledahan terhadap rumah yang dikabarkan milik Ketua KPK Firli Bahuri di Jakarta Selatan.

Sontak netizen gaduh menanggapi tagar Ketua KPK yang trending hingga tercatat 13.000 ciutan yang disampaikan netizen.

Para penyidik dari Polda Metro Jaya mulai masuk ke rumah Firli yang berlokasi di Jl. Kartanegara untuk melakukan penggeledahan.

“Jatuh sudah martabat KPK. Kalau nantinya terbukti, berarti bukan lagi lembaga antirasuwah…” tulis pemilik akun Twitter @KhoirulHuda76, menanggapi tagar Ketua KPK yang trending tersebut.

Lalu pemilik akun Twitter @kacang__IJO menulis, “Ketua KPK, ketua BPK terindikasi berkasus semua. Apa yg diharapkan kepada negara dari ini semua…”

@badaiborneo menulis, “Dari sini kita dapat belajar bahwa slogan KPK “Berani Jujur Hebat” itu omong kosong.”

@ekowboy2 menulis, “Rumah ketua KPK digeledah kasus pemerasan, bangsa ini sedang tidak baik-baik saja.. Itulah mengapa rakyat inginkan perubahan!!”

@PresidenKopi menulis, “Jangan berburuk sangka dengan tidak di ketahui keberadaan ketua kpk ini. Mungkin beliau sedang silent operation untuk menangkap para burunan kpk yg kabur ke luar negeri. Kali aja dia pulang membawa hasil tangkapan seperti harun masiku dan honggo. kita doakan semoga berhasil.🤣🤣”

@tatakhoiriyah menulis, “TIDAK MASUK LHKPN? Gimana nyuruh org lain taat lapor LHKPN, diri sendiri curang? Ini Ketua KPK lho.
– terima gratifikasi
– bertemu dg pihak berperkara
– tidak jujur isi LHKPN.
Ini ketua KPK Firli Bahuri lho! Pemberantasan korupsi cuma lipservice aja. G ada marwahnya. 😡”

@suaradotcom menulis, “Menurut narsum kita, rumah No.46 di Kertanegara diduga merupakan safe house yang biasa digunakan Firli Bahuri bertemu para pejabat di luar kedinasan.
Rumah tersebut tidak masuk LHKPN Firli yang kepemilikannya diduga atas nama orang lain.”

@yudiharahap46 menulis, “Betul Pak 1000% setuju, salah satu buktinya Firli ketua KPK aja mangkir dipanggil Polda Metro untuk diperiksa sebagai saksi, malah suratnya ngga bisa hadirnya ditembusin ke bapak, kan ngga nyambung, padahal dia ketua lembaga penegak hukum, harusnnya jadi contoh, betulkan tweeps?”

@detikcom menulis, “Menko Polhukam sekaligus Cawapres, Mahfud MD mengungkap rusaknya penegakan hukum di Indonesia. Mahfud menambahkan penegakan hukum terparah tahun 2022 sejak era reformasi.”

@luisdchen menulis, “bayangin negara lo punya “yang katanya” Komisi Pemberantas Korupsi, tapi ketuanya kayak begini? #RIPKPK”

@hasbi_azhar menulis, “Hanya sandiwara, geledah rumah cuma dapat “….” Segitu 😅 Sudah aman sejak awal, palingan nanti tdk ada “bukti” dan senyap 👎”

@penyndiri menulis, “Jadwal penggeledahan nya bocor gak ya, kan doi jenderal polisi”

@setiawan_dolis menulis, “polisi menggeledah rumah mantan polisi, yg nantinya akan diinvestigasi oleh polisi….”

@Raniastaa menulis, “Gimana ceritanya ketua kpk kena geledah. Puncak komedi”

@udinese_yeah menulis, “Baru d geledah, yakin bb masih ada?”

@iyo_azza menulis, “Wah kayaknya dibalesnya cepet banget ya. Kemaren dua baru geledah rumah orang kini rumah dia yang di geledah.”

KPK hormati penggeledahan oleh Polda Metro di rumah Firli Bahuri

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan pihaknya tak mempermasalahkan soal penggeledahan rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Bekasi oleh Polda Metro Jaya.

Baca Juga:  Kalahkan Inggris Adu Penalti, Italia Juara Piala Eropa 2020

“KPK tentunya menghormati kegiatan tersebut sebagai bagian dari rangkaian proses hukum dan itu pun sepanjang sesuai mekanisme dan ketentuan hukum yang berlaku,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Ali mengatakan pihak KPK akan senantiasa kooperatif dengan penyidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

“Sebelumnya kita ketahui bersama, Bapak Firli Bahuri juga secara kooperatif sudah hadir dan memberikan keterangan yang diperlukan penyidik Polda Metro Jaya dan Mabes Polri,” ujarnya.

Dia juga menambahkan beberapa pegawai KPK lainnya juga secara kooperatif memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan terkait penyidikan tersebut.

KPK juga beberapa waktu lalu telah menyampaikan dokumen-dokumen yang diminta penyidik Polda Metro Jaya.

Sebelumnya penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya hari ini melakukan penggeledahan di dua rumah milik Ketua KPK Firli Bahuri.

Dua rumah tersebut beralamat di Jalan Kertanegara 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan Perum Gardenia Villa Galaxy A2 Nomor 60, Kota Bekasi.

Penggeledahan tersebut diduga terkait dengan kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang ditangani oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Penggeledahan dipimpin langsung oleh Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak.

Sebelumnya, Selasa (24/10), tim penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittpidkor Bareskrim Polri melakukan pemeriksaan terhadap Firli Bahuri sebagai saksi.

Pemeriksaan tersebut berlangsung selama tujuh jam, di mana salah satu materi yang ditanyakan kepada Firli ialah terkait foto pertemuannya dengan mantan Syahrul Yasin Limpo di salah satu GOR di Jakarta.

(Sumber: Antaranews.com)

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...