Business is booming.

BPJS Kesehatan Trending, Data Peserta Tak Lengkap Bakal Dicoret

per 1 November 2020 peserta belum lengkap data bisa dicoret

BPJS Kesehatan melalui #BPJSKesehatan melalui trending.

Isinya tentang informasi terbaru BPJS Kesehatan yang bisa dilihat melalui aplikasi JK.

Para peserta diminta melakukan update data melalui aplikasi ini.

Dihitung per 1 November 2020, peserta yang belum juga melengkapi data kepesertaannya akan dinonaktifkan sementara waktu.

Ada juga yang mengeluh akan layanan BPJS Kesehatan

Berikut cuitan Netizen terkait #BPJSKesehatan

@vharanie: Cekidot nih Tweeps, Cara Cek Kepesertaan #BPJSKesehatan Dengan Cepat dan Gampang Jempolan No ribet ribet club dong pastinya yaaa

@Afwp: Tujuan #BPJSKesehatan untuk orang dalam apa orang luar?

@menit_indo: Sebelum Ikut Lelang Proyek, Bupati Maros Wajibkan Kontraktor Daftar Karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan. #BPJSKesehatan

@kusmandoan: dosa gak sih kalo gue belom bayar #BPJSKesehatan setahunan ?

@ungal_suhar: Kasi resep, Ujung²nya beli obat paten nggak di tanggung #BPJSKesehatan keluar gik duet tambahkan

@Mirayoo_: Saya mau daftar tpi di aplikasi kn tidak bisa #BPJSKesehatan

@HidayatHHP: BPJS Kesehatan selalu memberikan hal hal yang mengutamakan rakyat, nah ini cara cepat cek kepersertaan bpjs kesehatan loh..

@HidayatHHP: BPJS Kesehatan selalu memberikan hal hal yang mengutamakan rakyat, nah ini cara cepat cek kepersertaan bpjs kesehatan loh.

Aplikasi BPJS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan melakukan pemeriksaan kelengkapan data peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS.

Dihitung per 1 November 2020, peserta yang belum juga melengkapi data kepesertaannya akan dinonaktifkan sementara waktu.

Mereka yang harus mengecek ulang kelengkapan data ( cek BPJS Kesehatan) adalah peserta Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) yang tidak memiliki kelengkapan data Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Berikut 4 cara cek kepesertaan BPJS Kesehatan:

Aplikasi JK

Peserta PPU PN BPJS Kesehatan bisa melakukan pengecekan kelengkapan data kepesertaan dengan masuk melalui Aplikasi JKN. Cek kepesertaan bisa dilakukan dengan masuk ke menu “Peserta”.

Baca Juga:  Jumlah Kematian Akibat Covid-19 Selasa Ini Terendah Bulan Agustus 2021

Care Center

Cara kedua, peserta BPJS Kesehatan bisa melakukan pengecekan kelengkapan data dengan melakukan panggilan ke care center 1500 400.

WhatsApp

BPJS Kesehatan memberikan fasilitas informasi melalui saluran pesan singkat WhatsApp. Caranya dengan melalui chat WhatsApp di nomor 0811-8750-400. Petugas nantinya akan memandu untuk melakukan pengecekan data.

Petugas BPJS Kesehatan di rumah sakit

Peserta bisa melakukan pengecekan data kepesertaan dengan mendatangi petugas BPJS Kesehatan di rumah sakit yang menjadi rujukan. Petugas dari “BPJS SATU!” berperan dalam Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit.

Jika pada saat dicek status kepesertaannya muncul notifikasi registrasi ulang, maka peserta harus melakukan pembaruan data NIK. Pembaruan data ini tidak akan mengurangi hak peserta untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan. Dalam proses registrasi ulang ini peserta menyampaikan pembaruan NIK Dukcapil melalui kanal pelayanan Tatap Muka dan Tanpa Tatap Muka.

Komentar
Loading...