Business is booming.

F1 Umumkan Pengunduran Diri Kimi Raikkonen Musim Ini

Kimi Raikkonen dipastikan mengundurkan diri dari ajang balap bergengsi F1 musim ini.

Kepastian itu secara resmi disampaikan akun twitter formula 1 atau @

BREAKING: Kimi Raikkonen mengumumkan ini akan menjadi musim terakhirnya di #F1

F1 umumkan Kimi Raikkonen pensiun (twitter)

Sebelumnya melalui akun instagramnya Kimi sudah memberikan sinyal untuk istirahat dari balapan f1.

Ia membagikan foto selama tampil di f1 dengan beragam seragam yang pernah ia bela.

Lalu menulis caption begini.

Ini dia. Ini akan menjadi musim terakhir saya di Formula 1. Ini adalah keputusan yang saya lakukan selama musim dingin lalu. Itu bukan keputusan yang mudah tetapi setelah musim ini saatnya untuk hal-hal baru.

Meskipun musim masih berlanjut, saya ingin berterima kasih kepada keluarga saya, semua tim saya, semua orang yang terlibat dalam karir balap saya dan terutama Anda semua penggemar hebat yang telah mendukung saya selama ini.

Formula 1 mungkin akan berakhir bagi saya, tetapi ada lebih banyak hal dalam hidup yang ingin saya alami dan nikmati. Sampai jumpa setelah semua ini!

Hormat kami Kimi.

Kimi sekarang menjadi pembalap Alfa Romeo.

Peringkat di klasemen sementara urutan 17.

Rekan satu tim Kimi saat ini Antonio Giovinazzi tak lupa mengucapkan kalimat perpisahan.

“Anda meninggalkan tanda yang hanya dimiliki sedikit orang lain. Saya akan selalu bersyukur karena memiliki hak istimewa untuk menjadi rekan satu tim Anda. Terima kasih, Maestro 🙏
#Kimi7 #Raikkonen,” @Anto_Giovinazzi

Ucapan terimakasih juga disampaikan pihak Alfa Romeo.

“Sebuah legenda tidak pernah berakhir. Kami akan mengingat semua yang Anda lakukan di jalur dan sebagai pendukung iklan dan produk Alfa Romeo yang hebat. #Raikkonen #KIMI #KR7,” @Alfa Romeo

Profil Kimi Raikkonen

Baca Juga:  15 Agustus HUT Provinsi Jateng, Kepak Sayap Jawa Tengah Trending

Kimi-Matias Raikonen lahir 17 Oktober 1979 dan dijuluki “The Iceman”.

Ia adalah pembalap Finlandia yang saat ini mengemudi di Formula Satu untuk Alfa Romeo Racing, balapan di bawah bendera Finlandia.

Raikonen memenangkan Kejuaraan Dunia Formula Satu 2007 dengan mengendarai Scuderia Ferrari.

Selain gelar ini, ia juga menempati posisi kedua secara keseluruhan pada tahun 2003 dan 2005, dan ketiga pada tahun 2008, 2012 dan 2018.

Dengan 103 podium, dia adalah satu dari hanya lima pembalap yang mengambil lebih dari 100 podium.

Raikkonen telah memenangkan 21 Grand Prix, membuatnya menjadi pembalap Finlandia yang paling sukses dalam hal kemenangan balapan Formula Satu, dan merupakan satu-satunya pembalap yang menang di era mesin hibrida V10, V8 dan V6 turbo.

Setelah sembilan musim balapan di Formula Satu, ia meninggalkan olahraga untuk bersaing di Kejuaraan Reli Dunia pada 2010 dan 2011, kembali ke Formula Satu mulai 2012 dan seterusnya.

Dia dikenal karena kepribadiannya yang pendiam dan keengganan untuk berpartisipasi dalam acara PR.

Pada Grand Prix Eifel 2020, ia memecahkan rekor start terbanyak di Formula Satu.

Raikkonen memasuki Formula Satu sebagai pembalap reguler untuk Sauber-Petronas pada tahun 2001, setelah berkompetisi hanya dalam 23 balapan mobil sebelumnya.

Dia bergabung dengan McLaren-Mercedes pada tahun 2002, dan menjadi penantang gelar dengan menyelesaikan runner-up di kejuaraan untuk Michael Schumacher pada tahun 2003, dan Fernando Alonso pada tahun 2005.

Musim Raikkonen di McLaren terganggu oleh ketidakandalan yang parah dari mobilnya, mendorong pindah ke Ferrari pada 2007.

Perubahan ini membuatnya dinobatkan sebagai Juara Dunia Pembalap Formula Satu musim itu, mengungguli kedua pebalap McLaren – Lewis Hamilton dan Fernando Alonso – untuk meraih gelar dengan selisih satu poin.

Baca Juga:  PPKM Diperpanjang Hingga 4 Oktober, 10 Kota/Kabupaten Level 4

Pada tahun 2008 ia menyamai rekor jumlah lap tercepat dalam satu musim untuk kedua kalinya.

Kimi meninggalkan Scuderia Ferrari dan olahraga setelah musim 2009, satu-satunya kemenangannya tahun itu datang di Grand Prix Belgia musim itu karena mengendarai Ferrari F60 yang tidak kompetitif.

Sekembalinya ke Formula Satu, Raikkonen mengemudi untuk Lotus pada 2012 dan 2013, mencetak satu-satunya kemenangan tim.

Pada September 2013, Ferrari mengumumkan penandatanganan kembali kontraknya selama dua tahun, dimulai pada musim 2014.

Kontrak ini kemudian diperpanjang hingga akhir musim 2018.

Selama tugas Ferrari keduanya, Raikkonen mencetak 26 podium, dua posisi pole dan kemenangan di Grand Prix Amerika Serikat 2018, 113 Grand Prix setelah kemenangan terakhirnya.

Raikkonen finis di antara empat besar secara keseluruhan di kejuaraan pada beberapa kesempatan selama tugas keduanya di Ferrari, menyelesaikan total delapan tahun karirnya di Ferrari dengan tempat ketiga di kejuaraan 2018.

Raikkonen meninggalkan Ferrari pada akhir musim 2018, dan pindah ke Alfa Romeo Racing dengan kontrak dua tahun (kemudian diperpanjang menjadi 3).

Pada 1 September 2021, Kimi mengumumkan bahwa ia akan pensiun pada akhir tahun 2021.

Majalah Forbes mencantumkan Raikkonen ke-36 dalam ‘Celebrity 100’ 2008 mereka sebagai selebriti dengan bayaran tertinggi ke-26 dan olahragawan dengan bayaran tertinggi kelima.

Daftar yang sama pada tahun 2009 mencatatnya sebagai atlet dengan bayaran tertinggi kedua.

Komentar
Loading...