Business is booming.

Tes PPPK Bikin Haru, Banyak Peserta Sudah Tua, Ada yang Digendong

Mestinya PPPK Guru itu tak perlu di tes ini dan itu.

PPPK trending. Tes pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) mengundang haru.

Selain banyak yang berusia lanjut, ada juga yang datang ke lokasi tes dengan pakaian seadanya.

Sebuah video salah seorang peserta tes PPPK bahkan harus digendong untuk menuju mejanya dari halaman ke sebuah ruangan.

Sementara ada juga seorang peserta tes menggunakan tali raffia untuk mengikat celanannya yang kebesaran.

Seperti diketahui peserta tes PPPK dan CPNS lazimnya diwajibkan berpakaian rapi terutama mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Tentu tak semua peserta bisa membeli pakaian baru, ada yang menggunakan baju atau celana pinjaman.

Berikut Cuitan netizen tentang PPPK

@RoshinaHD: Beneran miris lihat peserta tes PPPK yang udah sepuh2. Kalo aku gak PG gak masalah nanti2 bisa coba lagi. Lah beliau? Pakek komputer aja susah, baca 155 soal di komputer udah gak kuat matanya, pegang mouse tremor. Pak Menteri yang begitu2 langsung diangkat aja Pak gausa tes2an.

@AfiaArmydita: Terlepas dari viralnya foto tsb, saya punya harapan sangat besar. Semoga PPPK tahun ini tidak dipersulit, dan semoga nasib guru tahun ini diberikan kemudahan. #PPPKGuru

@van_hitam: Banyak yg gagal gelombang 1 bertarung di gelombang dua bersaing dengan guru swasta bersertifikat apakah saya umur 37thn ngabdi 12thn saya bisa lulus pppk.berlanjut gelombang 3 apabila gagal lg mapel di isi asn di sekolah lama saya kemana mengajar sediiiiiiih

@parwoek: Benar rasanya mau pecah kepala, selesai mengerjakan soal, ingin rasanya melihat wajah pembuat Soal PPPK, salut sama beliau beliau yang begitu pandai sehingga hanya mampu dijawab 2% dari peserta test PPPK guru

@wurihandayani97: Soal PPPK memang out of the box, kemdikbud memberi materi dan latihan soal dari sim pkb seolah memberi secercah harapan bagi guru honorer namun nyatanya hanya prank

Baca Juga:  Daftar Ucapan HUT RI di Masa Pandemi dan Kutipan dari Para Tokoh RI

@tarahastri: Dari awal kerja di sini sampe skarang, udah beberapa kali bantu ngurus pelantikan. Dan yang paling bikin aku melow adalah pelantikan PPPK

@callyoububu: sedih banget. semoga ibu lulus ya Allah. pppk gel 1 buat yg udah lama mengabdi aja harusnya

@rasyidahmad43: mestinya PPPK Guru itu tak perlu di tes ini dan itu. cukup diangkat saja menjadi PNS Guru. karena mereka selama ini sudah punya pengalaman panjang soal mendidik generasi penerus bangsa. demikian komentarku yang bukan pendidik

@CallmeCendy: Kalo liat para pejuang PPPK, merasa aku masih muda aja udah males malesan,Sedih liat nya gak lulus padahal apa guna nya Passing grade,liat juga pengabdiannya selama puluhan tahun dengan gaji yang gak seberapa cmn bisa lihat dan sedih kalo ak punya kuasa aku perjuangin #PPPK2021

@FarezaHS: Rame bahas PPPK, istri 4 hari kemarin ikutan. Dia cerita, sebelah kanan kirinya udah pada sepuh. Bapak-bapak sama ibu-ibu gitu. Jadi pas test yang bapak-bapak mau nangis (kata istri, dia guru SD), yang ibu-ibu kesel dan pasrah karena udah sakit kepala.

@viraeya: sedih sebenernya ngeliat guru yang udah sepuh tapi masih harus bersaing sama yang muda-muda waktu PPPK. Di satu sisi salut masih semangat, di satu sisi nyes banget berapa puluh tahun jadi guru dan mengabdi tapi gak diangkat-angkat

@watashi_desty: support banget PPPK ini, tapi kalo tolak ukur profesional guru berdasarkan soal teknis yang di generalisasi tanpa melihat kondisi di lapangan ya gak cocok… pada dasarnya tidak ada yang salah dengan bentuk soalnya…

Tes PPPK 13-September

Setelah calon pegawai negeri sipil (CPNS), giliran peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menjalani uji kompetensi.

Baca Juga:  Istri Gubenur Gorontalo Puji Kehadiran Risma di Gorontalo

Lalu berapa nilai ambang batas atau passing grade yang harus dipenuhi untuk lolos seleksi PPPK 2021?

Nilai ambang batas atau pasing grade tersebut merupakan nilai minimum yang wajib tercapai oleh peserta seleksi PPPK 2021 saat uji kompetensi.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2021 sudah dibuka (sscasn.bkn.go.id)

Uji kompetensi PPPk 2021 sudah dimulai 13 September 2021.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (Kemenpan RB) telah menetapkan nilai ambang batas atau passing grade bagi peserta seleksi PPPK 2021. 

Ketetapan nilai ambang batas atau passing grade PPPK 2021 tersebut termuat dalam Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 1127 Tahun 2021 untuk guru dan Keputusan Menteri PANRB Nomor 1128 Tahun 2021 untun non-guru.

Perlu diketahui, materi yang diujikan pada pengadaan PPPK, baik guru maupun non-guru, akan berbeda dengan materi yang diujikan pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021.

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi I PPPK 2021 dilaksanakan mulai 13-17 September 2021.

Plt. Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kemenpan RB Katmoko Ari Sambodo mengatakan, ada tiga seleksi atau tahapan untuk tes CPNS, yakni Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Sementara PPPK hanya ada dua yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi,” ujarnya sebagaimana dalam Siaran Pers Virtual bertajuk Sosialisasi Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi PPPK Tahun 2021, Jumat (3/9/2021).

Komentar
Loading...