Business is booming.

Azis Syamsuddin Resmi Ditetapkan KPK Menjadi Tersangka

Komedi KPK, Dulu Azis Umumkan Firli, Ketua KPK, Kini Firli Umumkan Azis jadi TSK

Azis Syamsuddin yang dikenal politisi Partai Golkar ditetapkan sebagai tersangka kasus sugaan korupsi terkait kasus yang tengah di tangani KPK di Lampung Tengah.

Menariknya Azis adalah orang yang mengumumkan Firli Bahuri sebagai Ketua KPK 2019-2023 tanggal 13 September 2019.

Kini KPK yang dipimpin Firli Bahuri yang menangkap Azis Syamsuddin 25 September 2021.

Bahkan Firli Bahuri sendiri yang mengumumkan status tersangka Azis Syamsuddin.

“KOMEDI KPK, Jumat 13:09:2019 Aziz Syamsuddin (DPR) umumkan Firli Bahuri sbg Ketua KPK 2019-2023.Sabtu 25:09:2021 Ketua KPK Firli Bahuri umumkan Azis Syamsuddin sbg tersangka. sebelumnya (eks) Komisioner KPK ditetapkan sbg anak buah taipan yg pernah dipenjarakannya,” ungkap @AdhieMassardi

Berikut cuitan netizen terkait Azis Syamsuddin

@hansssolo: Wakil Ketua DPR-RI “dijemput” KPK-RI. Langkah yang berani KPK-RI pasca TWK

@Syarman59: Siapa bilang pemecatan Novel Baswedan dkk merupakan pelemahan
@KPK_RI #BravoKPKtanpaTaliban

@03__nakula: Wakil DPR RI Azis Syamsuddin dijemput paksa KPK setelah ketahuan berbohong positif COVlD-19. Azis Syamsuddin pakai rompi oranye dan diborgol. Wakil DPR RI tidak kooperatif dan menghambat proses hukum dengan pura² kena COVlD-19.
Harus dikenakan sanksi hukuman seberat²nya.

@Mdy_Asmara1701: Wah bisa tambah 4 tahun penjara dong ya? Azis Syamsuddin Ngaku Sedang Isoman, Ketua KPK: Tes Swab Negatif Covid-19

@harisubagya: Kasihan Azis Syamsuddin. Inalillahi

@UmarChelsea_70: Siapa sangka Azis Syamsuddin yg dikenal sakti akhirnya terjerembab juga dlm pusaran korupsi. Baju mahal, mobil mewah, rumah bak istana ditinggal dulu smntara. Tapi yakinlah @KPK_RI pasti menuntut ringan. Krn KPK skrg sdh berubah. #BubarkanKPK

Baca Juga:  Berakhirnya Kedigdayaan RJ Lino? Praperadilan pun Ditolak Hakim

@seruanhl: Ini membuktikan bahwa @KPK_RI kini jauh lebih baik dari sebelumnya ketika komplotan “Mata Satu” masih menguasai internal KPK.

Kasus Suap di Lampung Tengah

Nama politisi Partai Golkar Azis Syamsuddin dalam beberapa hari belakangan ini menjadi sorotan publik karena diduga terlibat kasus suap Dana Alokasi Khusus (DAK), di Lampung Tengah, Lampung.

Apalagi saat ini posisi Azis Syamsuddin adalah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), sehingga wajar jika publik ingin tahu kabar tentang sosok politisi yang menyandang gelar Dr, SE, SH, MAF dan MH itu.

Dan puncaknya pada Jumat (24/9/2021) sore kemarin, ketika Azis Syamsuddin dijemput petugas Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK di rumahnya di kawasan Jakarta Selatan.

Azis Syamsuddin dijemput petugas KPK karena tidak memenuhi panggilan KPK dengan alasan berinteraksi dengan orang yang terpapar Covid-19, sehingga harus menjalani isolasi mandiri.

Namun kali ini rupanya KPK tidak mau percaya begitu saja, dan terbukti ketika ditest swab antigen, Azis dinyatakan nonreaktif Covid-19.

Dan akhirnya masyarakat menyaksikan peristiwa penangkapan hingga akhirnya Ketua KPK Firli Bahuri membacakan sendiri penetapan status hukum Azis Syamsuddin pada Sabtu (25/9/2021) sekitar pukul 01.00 dini hari.

Melalui tayangan Kompas TV yang disiarkan secara langsung pada Sabtu dini hari, Firli Bahuri mengatakan, Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka kasus suap Dana Alokasi Khusus (DAK), di Lampung Tengah, Lampung dan dilakukan penahanan.

Dengan ditahannya Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, maka semakin menambah panjang daftar politisi Senayan yang berurusan dengan KPK.

Antara lain, Ketua DPR RI Setya Novanto dalam kasus pengadaan KTP elektronik, Pengadilan Tipikor pada 24 April 2018 memutuskan hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp 500 juta.

Kemudian Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan dalam kasus dana alokasi khusus APBN-P 2016 Kabupaten Kebumen, putusan PK (18/11/2020) 6 tahun penjara dan denda 200 juta subsider 4 bulan kurungan.

Baca Juga:  Sabarnya Anggota Paspampres Praka Izroi di Pos Penyekatan PPKM

Ketua DPD RI Irman Gusman dalam kasus kuota impor gula, putusan PK (25/9/2019) 3 tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan.

Profil singkat Azis Syamsuddin:

Azis Syamsuddin kelahiran Jakarta, 31 Juli 1970

Partai: Golongan Karya

Isti: Nurlita Zubaidah

Baca juga: Ubah Keterangan, Stepanus Robin Pattuju Mengaku Tak Terima Rp 3,15 Miliar dari Azis Syamsuddin

Pendidikan:

– Universitas Padjadjaran Bandung (2003)

– Universitas Western Sydney (1999)

– Universitas Trisakti (1994)

Baca juga: Sempat Mangkir, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Hari Ini Akhirnya Diperiksa Penyidik KPK

Riwayat Organisasi

– Wakil Ketua DPR RI sejak Oktober 2019.

– Anggota DPR RI periode 2014 – 2019, sebagai Ketua Banggar dan Ketua Komisi III

– Dosen luar biasa di Universitas Trisakti.

– Konsultan advokat.

– Bendahara Umum PB PABBSI, 2008 – 2019

– Ketua Umum KNPI, 2008 – 2011

– Ketua Bidang Hukum dan Advokat Bappilu DPP Partai Golkar

– Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Lampung

– Ketua Bakumham dan Otda Pengurus Pusat DPP Partai Golkar

– Ketua PKK Kosgoro 1957

– Wakil Sekretaris Lembaga Pemenangan Pemilu DPP Partai

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...