Business is booming.

Netizen Tantang BKN Patahkan Tudingan Tagar BKN Sarang Maling

Bantu min untuk membuka kebenaran, jangan nyeplos fitnah atau hoax

Hastag BKN sarang maling atau #BKNsarangMALING berkumandang.

BKN memang tak menanggapi langsung hastag atau akun yang mengkampanyekan #BKNsarangMALING.

Melalui akun resminya @BKNgoid mereka membuat hastag sendiri yakni #SeleksiCASN2021 dan #ASNKiniBeda

@BKNgoid pun membuat thread atau utas.

Diawali dengan pemberitahuan pengumuman hasil SKD.

Hai #SobatBKN. Pengumuman hasil SKD dpt kalian cek lewat https://data-sscasn.bkn.go.id/skd atau pada kanal informasi instansi yg kalian lamar ya. “Min kalau saya merasa ada indikasi kecurangan pada nilai saya atau nilai peserta lain di Tilok yg sama dgn saya, bisa dilaporkan ke mana?” (dilampirkan video cara lapor masalah seleksi di BKN)

Tenang, ada kanal resminya kok. Kamu bisa ajukan pengaduan disertai dengan bukti aduan lewat http://lapor.go.id. LAPOR! – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah sarana interaktif masyarakat dan pemerintah berbasis media sosial pertama untuk pengawasan dan pengendalian pembangunan.

Ingat yang diajukan harus berupa pengaduan dengan bukti valid ya seperti ketidaksesuaian nilai yang diperoleh saat selesai ujian dengan pengumuman hasil seleksi, pemeringkatan 3 kali kebutuhan jabatan yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku.

Laporan akan ditolak apabila yang diadukan adalah perihal nilai kalian yang tidak memenuhi PG atau tdk memenuhi ambang batas 3 kali kebutuhan jabatan, tetapi kalian minta diikutkan pada SKB. Juga jika aduan kalian berisi laporan kecurangan tanpa bukti.

Satu hal yang tidak kalah penting, informasi yang kalian laporkan hendaknya detail, sebutkan nama peserta yang diindikasikan melakukan kecurangan dan lokasi Tilok SKD yang bersangkutan sehingga dapat diambil tindakan tegas dan segera oleh pihak yang berwenang.

Baca Juga:  Usul Polisi Se-Indonesia Diganti Satpam BCA, Pemilik Akun Diteror

Yuk, mulai biasakan menyampaikan informasi hanya yang valid, bukan hoax, atau sekadar membuat gaduh tanpa bukti.(disertai Wajah tersenyum dengan mata tersenyum)

Nah ending thread yang menyebut informasi valid bukan hoax atau membuat gadung dipermasalahkan netizen.

“Pake emot senyum gak buat kalian jadi manusia tanpa dosa. Berita kecurangan dah masuk media nasional, dah ada investigasi BSSN kok msh bilang hoax. Bukannya buka investigasi independen biar clear. Kalau yg curang msh lolos ke SKB juga ya emg bener hastagnya : #BKNsarangMALING,”tulis akun @sandalbuaya

Berikut Cuitan Sejumlah Netizen Terkait Thread Akun Resmi BKN

@feb_ri_lily: ya bantu min untuk membuka kebenaran, jangan nyeplos fitnah atau hoax. bantu cari bukti dong. buktikan klo pihak BKN tdk curang, lakukan audit, terima tantangan akun tsb. klo merasa kalian benar, ya buktikan, adu data.

@ku_miskin: bunda.. adu data itu brarti si pelapor punya data, nama, nmr peserta yg di curigai curang, instansi, trus kecurangannya dimana.. baru di verified dgn data bkn nantinya.. gitu ndak si? mon maaf ya kalo salah..

@andikadamanik64: Tapi kami perlu dibantu dari pihak @BKNgoid juga perihal mencari bukti yg valid dengan cara pihak penyelenggara melakukan audit disemua tilok ujian. Biar semua org pada tenang dan nyaman dengan nilai rendah sekalipun. Terimakasih

@shinharishin: TKP: Sudah beberapa hari ini peserta CPNS dihebohkan dengan kecurangan-kecurangan di beberapa daerah. Apa yang harus BKN lakukan?

@joseph_hono: Waduh, dikit2 hoax nantikan forensik servernya yaJari telunjuk mengarah ke atas

@FaruqAHendroy: Dengan kasus Buol kemaren aja harusnya BKN langsung lakukan audit forensik di seluruh Indonesia, karena bs jd potensi kecurangan terjadi di daerah lain. Ini untuk menjaga trust publik. Sekaligus menjawab tantangan akun yang menginisiasi tagar #BKNsarangMALING Salam dari Binjai!

Baca Juga:  Jadwal Lengkap Penerimaan CPNS 2021, Pendaftaran Mulai Hari Ini

@garin_bigwin01: ini himbauan hal baik loh, kok pada nyinyirin kinerja @BKNgoid

@abiridwan2173: gini sih, bahkan sampe’ ada tagar #BKNsarangMALING emang kenapa dgn proses seleksi ASN? masa’ iya ada kecurangan remote access, gw gak percaya, kan BKN menjamin CAT clean and clear.

@nandemonaiyouu: Min, kan kalian digaji dari DUIT Rakyat. Nah ini Rakyat minta pertanggung jawaban, nuntut Audit forensik. Kabulin dong.

@em_erpahlevi: Loh… Tinggal diaudit kok min, biar terang benderang

Sementara itu hastag #BKNsarangMALING trending dalam dua hari ini.

Hastag atau tagar #BKNsarangMALING. Didengungkan akun @txtdrdgmbk pada Sabtu malam, 30 Oktober 2021.

Dalam pernyataannya, akun tersebut membeberkan bahwa ada kecurangan dalam proses seleksi ASN 2021, di mana ia menuding jika BKN telah menerima suap dari para peserta.

Akun @txtdaridgmbk memulai threadnya dengan kecurangan di Buol. Lihat deh status FB salah satu peserta. Ini masih kecurangan kelas coro. #BKNsarangMALING

Kecurangan di Buol ada peserta yg disetting tempat duduknya dan gak mau dipindah. Anehkan?

Kecurangan lain, ada salah satu peserta mengunakan laptop Acer Aspire A3414-33 melakukan kecurangan pelaksanaan CAT BKN dgn modus Remote Access. Ini kerjaan orang dalam.

Akun tersebut menyatakan harga Rp 200 juta untuk bisa lolos tes CPNS via #BKNsarangMALING

Jika ditotal 4.380 orang x Rp 200 juta, berapa rupiah?

Akun tersebut juga menyayangkan jika 2,5 juta peserta seleksi ASN harus bersaing secara tak sehat dengan cara suap, di mana yang diterima pemerintah hanyalah 10 persennya, yakni 250 ribu orang saja.

Dari 250 ribu tersebut, kata @txtdrdgmbk, ada 50 ribu kursi yang diperdagangkan secara ilegal oleh pihak BKN.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...