Business is booming.

Kapolres Mojokerto Investigasi Kasus Bunuh Diri Novia Widyasari

Netizen Tuntut Pelaku Tak Gunakan Inisial R Namun Nama Lengkapnya

Kasus meninggalnya alumni Universitas Brawijaya, Novia Widyasari (23) terus bergulir.

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginadjar memastikan pihaknya tengah melakukan investigasi.

Ia memastikan bahwa polres Mojokerto kini bekerja sama dengan Polda Jatim menerjunkan tim untuk melakukan investigasi kepada RB.

Termasuk diantaranya memeriksa polisi berinisial R yang diduga terkait bunuh dirinya Novia Widyasari.

Adapun video keterangan Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar dibagikan oleh akun Polres Trenggalek @1trenggalek

“Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar menjelaskan, saat ini polres bekerja sama dengan Polda Jatim menerjunkan tim untuk melakukan investigasi kepada RB.”

Video ini memperoleh banyak respon, salah satu yang diperdebatkan mengapa polisi menggunakan inisial R bukan nama lengkapnya RANDY BAGUS HARI SASONGKO.

Netizen tampaknya gemas dengan R karena diduga melakukan pemerkosaan dan memaksa kekasihnya Novia Widyasari melakukan aborsi hingga akhirnya depresi dan bunuh diri.

Berikut diskusi netizen terhadap video Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginadjar

@manusiaEA: Heranku dari dulu kenapa pelaku kejahatan kyk gini ditulisnya pake INISIAL, Sebutin lengkap dong “Melakukan investigasi kepada RENDY BAGUS PELAKU PEMERKOSAAN”
@zoehan9e: Mjb kak penasaran, kenapa ya pelaku selalu dikasih inisial? apa privasi pelaku juga harus dijaga seperti korban?
@dndnndii: Krna dlm hukum positiv kita ada yg namanya asas praduga tak bersalah. Jd sblm ada putusan hakim, polisi gaboleh nge judge org sembarangan, konsekuensinya utk nyebut nama pelaku y hrs make inisial. Karna polisi adlh instituti hukum, jd hrs taat. Apalgi indonesia kn negara hukum.

@fcknaglioolio: gini ya, pak apip. kalau si randy hanya dipecat, diberhentikan tidak hormat, dimutasi, atau dipenjara beberapa bulan/tahun, better you save your time & energy deh. terbuka aja bilang ke masyarakat “maaf kami tidak peduli dengan korban. citra institusi kami lebih penting”. simple.
@benZury85: Penjara beberapa tahun kalo kasus perkosaan+pekerjaan sebagai polisi pasti akan sangat berkesan seumur hidupnya,bisa2 dia bunuh diri di penjara.

Baca Juga:  Jejak Karier Irjen Pol Herry Rudolf Nahak Adhi Makayasa 1990

@ulinyusron: Cepetan. Ojok kesuwen. Kasus iki diperhatikan sak dunyo. Sing serius yo
@AnurandhaJogja: Betul mas ulin Jempolan

@lettachantik: Di pecat dong polisi yg sudah melanggar sampai menghamili perempuan
@wonk_jawi: Enk bgt dipecat,kan sdh trmsuk kriminal,pecat plus hokum

@risastyng: TOLONG TANGKEP, PIDANAKAN DAN PENJARAKAN. HE DESERVES TO ROT IN PRISON BEFORE IN HELL
@deny_crz: Emosi boleh sih..tp polisi jg gk bisa se-mena2..

@nissprm_: Kalo akhirnya hanya dipecat dengan tidak hormat, kurasa itu belum adil deh pak. Semoga benar-benar ada keadilan
@abockabet: Dipecat dengan tidak hormat ini minimal banget. Masa udah merusak nama POLRI kayak gini gak dipecat

@nadiamwr: harus banget ya nungguin korban mati duluan baru di proses masalahnya? dulu dulu waktu korban udah laporan minta keadilan malah dibiarin begitu aja!? LEMAH BANGET MAIN NYAWA ANJIRRRRRR!!!!!!!!!!!!!!!
@imczsshd: Kan oknum “p3lindung” tkut jelek nama institusi nya mangkanya di proses, misal klo ga VIRAL mana mau didenger tuh kasus itu. mangkanya klo ada apa2 bilang aja ke twt minimal 10k retweet dh pasti tuh akun2 “oknum pelindung” pada komen minta Kronologi terus diusut deh

Seperti diketahui, Hastag atau tagar Save Novia Widyasari (#SAVENOVIAWDYASARI) trending.

Novia Widyasari Rahayu adalah mahasiswi Unibraw Malang yang ditemukan meninggal dunia karena diduga bunuh diri di dekat makam ayahnya.

Pemberitaan awal bahwa Novia Widyasari bunuh diri karena ditinggal ayahnya kemudian dibantah oleh seorang netizen yang dekat dengan sang mahasiswi.

Sebagaimana seorang yang melakukan bunuh diri, Novia memang dalam kondisi depresi.

Sejumlah kasus yang membuat Novia depresi terungkap di media sosial.

Namun puncaknya ternyata ketika Novia dipaksa menggugurkan kandungan oleh kekasihnya berinisial R, yang seorang anggota polisi.

Baca Juga:  Komnas HAM Minta Bantuan Netizen Kirim Data Kasus Novia Widyasari

Keterlibatan orang tua R, yang mendukung pemaksaan aborsi turut melengkapi derita yang dialami korban.

Apalagi disebutkan bahwa orangtua R memiliki posisi cukup berpengaruh, meski kabar ini belum terkonformasi.

Maka melambungnya #SAVENOVIAWIDYASARI dimana netizen berharap polisi mengungkapkannya secara transparan dan adil.

Selain itu ikut trending aplikasi Quora dimana Novia banyak curhat di sana.

Sementara meski memiilki 9,016 pengikut, novia hanya menyisakan satu foto diinstagramnya noviawidyasr.

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar mengatakan, saat ini pihaknya telah berkoordanisi dengan Polda Jatim dan Polres Pasuruan terkait dengan kebenaran oknum polisi tersebut terlibat dalam kasus ini. Diketahui Bripda RB sekarang berdinas di Polres Pasuruan.

“Berkaitan dengan inisial R anggota Polres Pasuran itu betul. Tim dari Polda Jatim dan Polres saat ini sedang mendalami dan investigasi terhadap informasi yang berkembang saat ini,” kata Apip saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (4/12).

Namun, Apip belum bisa memastikan status hubungan antara korban dengan oknum anggota polisi itu. “Kami akan dalami berkaitan informasinya yang beredar bahwa keduanya ada hubungan” jelasnya.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...