Business is booming.

Tsunami Aceh 17 Tahun Lalu, Begini yang Masih Diingat Netizen

inget banget waktu masih kecil hari minggu rame banget, baru kenal apa itu tsunami

Hari ini 26 Desember 2021 adalah tepat 17 tahun peristiwa Tsunami Aceh.

Tsunami Acah tergolong tsunami terburuk sepanjang sejarah.

Sebelum tsunami terjadi, didahului dengan gempa bumi di Samudra Hindia, Minggu 26 Desember 2004 pukul 07:58:53 WIB.

Bukan hanya Aceh, sebanyak 14 negara ikut kena bencana gempa dan tsunami kala itu.

Total diperkirakan sebanyak 280.000 jiwa meninggal dunia, dan di Aceh paling banyak yakni hingga 220.000 orang.

Berikut cuitan sejumlan Netizen memperingati Tsunami Aceh

@onyour_m4rkk: Hari ini 17tahun tsunami aceh, masi ingat banget kejadian dulu pagi pagi bangun tidur gempa kuat banget selang 1 jam kemudia air naik ke permukaan

@callayeet: memperingati 17 tahun tsunami aceh.. inget banget waktu masih kecil hari minggu rame banget berita, baru kenal apa itu tsunami

@oksit0sin: Liat tanggal hari ini 26 Desember. Seketika teringat tsunami Aceh.

@Simpangan2024_: Peringatan 17 tahun “Tsunami Aceh”, 26 Desember 2004. Alfatihah utk semua korban.

@dwi_pda: Kebangun karena mimpi tsunami di Madiun, eh baru sadar liat postingan pak ridwan kamil kalau hari ini 17 tahun pas tsunami aceh.

@PhitySoebandi: 17 tahun sudah berlalu atas musibah yg menimpa Ibu Pertiwi atas kejadian Tsunami Aceh. Jika mengingat kembali atas peristiwa tsb sangatlah menyayat hati. Yuk kirim Al Fatihah utk para korban saat itu..

@gantungraketcom: saat d lantai satu kami sdh d hantam air, sempat kami telan airnya warna item. lgsg kami ke lantai 2, d lantai 2 juga air sdh mulai masuk dr jendela, kami terjebak, namun kuasa allah kami bisa rusakan jendela yg pakai jerjak #tsunamiaceh tsunami aceh

Baca Juga:  Wagub DKI Ariza Bantah Anies Minta Dana Asing Terkait Rokok

@DaryonoBMKG: Melawan lupa: hari ini 17 thn lalu, 26 Des 2004 tjd Tsunami Aceh. Gempa M9,2 di Samudra Hindia barat Aceh memicu tsunami lebih dr 40 m (Lhoknga) menyebabkan lbh dr 230.000 org meninggal di 8 negara. Di Somalia, yg jaraknya ribuan km dr Indonesia, korban meninggal lbh dr 100 org.

@agustcfc: 17 tahun sudah. Namun, masih teringat jelas. Allahumma ighfirlahum untuk korban Tsunami Aceh

Berikut Thread Gubernur Jabar Ridwa Kamil tentang Tsunami Aceh dan Museum Tsunami yang ia rancang via @ridwankamil.

Hari ini saya memenuhi undangan masyarakat Aceh melalui Gub Nova Iriansyah, untuk menghadiri peringatan 17 tahun peristiwa Tsunami Aceh. Atas takdirnya, di tahun 2007 masyarakat Aceh mempercayai saya utk menitipkan memori kolektifnya terkait peristiwa ini dalam bentuk museum.

Hari ini saya kunjungi lagi tempat yang saat diimajinasikan dulu, sangat memeras emosi batin ini. Ia didesain tidak hanya sebagai ruang pengingat saja namun juga sebagai ruang pembelajaran bagi anak-anak muda Aceh agar mampu menata masa depan lebih gemilang.

Selain itu Museum Tsunami ini didesain terbuka ramah kpd khalayak sehingga bs dijadikan ruang interaksi publik harian. Atapnya didesain sbg ruang penyelamatan jika terjadi musibah serupa. Didesain memiliki kearifan lokal yaitu tari Saman yang menjadi inspirasi kulit bangunannya.

Ditengahnya terdapat atrium yang memuat bendera dan bola batu bertuliskan negara-negara sahabat yang menolong Aceh saat tanggap darurat dahulu. Juga teristimewa hadirnya cerobong menjulang tempat khusus untuk mendoakan ribuan warga Aceh yang berpulang oleh peristiwa tersebut.

Sejak dibangun, ribuan orang setiap bulannya. Sehingga tahun ini Alhamdulillah terpilih sebagai Destinasi Wisata Terpopuler di ajang Anugerah Pariwisata Indonesia 2021. Selamat untuk warga Banda Aceh.

Baca Juga:  Arsenal Keok Lagi, Zona Degradasi, Arteta Out Berkumandang Kencang

“Aceh, Meutuahku
Sekejap sakit, lantas lekas bangkit
Tikungan luka lunas sudah
Jalan panjang masa depan merekahkan cahaya gemilang”

Salam hormat untuk masyarakat Aceh dari masyarakat Jawa Barat.

TEURIMONG GEUNASEH.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...