Business is booming.

Lawakan Komeng Ingatkan Perbedaan Tingkah Generasi X Vs Generasi Z

Dear gen z, ini namanya komedi satire buat nyindir hal yg lagi hangat terjadi

Terkait lawakan Komeng yang mengundang kontroversi munculah istilah generasi Z.

Lawakan Komeng dipermasalahkan Netizen karena dianggap tidak sopan.

Dalam sebuah tayangan di SCTV, Komeng berniat menyusul anaknya yang sedang toilet.

Rencanannya Komeng mengawal sang anak perempuannya.

Lantas ia berkata “Daripada orang lain yang ngintip lebih baik bapaknya yang ngintip”

Kalimat tersebut rupanya dianggap tidak sopan oleh netizen.

Padahal lawakan seperti itu dianggap biasa oleh generasi Komeng.

Maka munculan Generasi Z hendak menghentikan lawakan Komeng.

Diskusi beda generasi pun muncul.

Komeng yang kelahiran 1970 adalah masuk generasi X yang lahir tahun 1965-1980.

Ada pun netizen yang menghujat lawakan Komeng adalah generasi Z yang lahir tahun 1996-2010

Berikut cuitan sejumlah netizen terkait generazi Z.

@fa11en_rose: dear gen z who cancelled komeng

@rustyolddude: Dear gen z, ini namanya komedi satire, tujuannya buat nyindir hal hal yg lagi hangat terjadi, contohnya diluar buanyak banget, salah satunya skit SNL tentang pelecehan seks murid oleh gurunya di US (seraya membagikan akun youtibe SNL)

@gerymisaje: Sketsanya pete davidson di SNL ngangenin bgt sihh..episode2 nyindirnya juga oke punya, dia juga suka sisipin kondisi mental healthnya buat dijadiin becandaan

@resans_: Bocah gen z mental illness moment

@pecandusenja_: biasanya lawakan itu keluar dari keresahan pelawak atas apa yang terjadi di sekitarnya. mayoritas isinya satire gitu kan. ini sebenernya kritikan loh:(

Sepertu diketahui, Dalam teori generasi (Generation Theory) yang dikemukakan Graeme Codrington & Sue Grant-Marshall, Penguin, (2004) 5 generasi manusia berdasarkan tahun kelahirannya

(1) Generasi Baby Boomer, lahir 1946-1964;
(2) (2) Generasi X, lahir 1965-1980;
(3) (3) Generasi Y, lahir 1981-1995, sering disebut generasi millennial;
(4) (4) Generasi Z, lahir 1996-2010 (disebut juga iGeneration, GenerasiNet, Generasi Internet).
(5) (5) Generasi Alpha, lahir 2011-2025.

Baca Juga:  Elkan Baggott Main, Prediksi Indonesia 2-1 Malaysia Trending

Beda Generasi X dan Z

2 Generasi X

Generasi X adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun kelahiran 1965 sampai dengan 1980 masehi.

Generasi ini terlahir pada masa gejolak dan transisi global seperti era Perang Dingin antara blok barat yang dikomandoi Amerika Serikat dan blok timur yang dikomandoi Uni Soviet, Perang Vietnam antara pasukan Vietkong yang berhaluan komunis dengan pasukan Vietnam Selatan yang dikomandoi Amerika Serikat, serta Revolusi Tenteram yang menandakan jatuhnya tembok Berlin dan bersatunya Jerman Timur dan Jerman Barat.

Tahun-tahun ketika generasi ini lahir merupakan awal dari penggunaan PC (personal computer), video games, tv kabel, dan internet. Penyimpanan datanya pun menggunakan floopy disk atau disket. MTV dan video games sangat digemari oleh orang – orang pada masa ini.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Jane Deverson, sebagian dari generasi ini memiliki tingkah laku negatif seperti tidak hormat pada orang tua, mulai mengenal musik punk, dan mencoba menggunakan ganja.

Xennials. Lahir antara tahun 1975-1985. Usianya saat ini yang termuda 34 tahun dan yang tertua 44 tahun.

Istilah Xennials adalah paduan nama Generasi X dan Millenial untuk menggambarkan individu-individu yang lahir selama tahun puncak Generasi X / Millenial pada akhir 1970-an hingga awal 1980-an.

Generasi ini disebut juga generasi mikro yang berfungsi sebagai jembatan antara ketidakpuasan Gen X dan optimisme Millennials. Gen ini mengadopsi berbagai media sosial , cenderung lebih calm down dan natural dalam menggunakan media social.

Generasi Xennials memiliki dua kepribadian yaitu sinis dan kaku, namun mereka juga memiliki sikap optimistis. Xennials memanggil teman mereka melalui telepon rumah saat masa kecil dan remaja, masih merasakan sensasi mengobrol menggunakan telepon kabel. Xennials masih mengingat masa-masa transisi yang dialami dalam penggunaan berbagai fitur dari aplikasi tersebut, namun lebih mudah mengadaptasi teknologi baru.

Baca Juga:  Rektor UI Trending dan Jadi Bahan Lucu-lucuan di Twitter

Generasi Xennilas masih menyukai bentuk tulisan tangan, peduli terhadap keseimbangan kerja dan kehidupan yakni fokus pada pekerjaan, namun memberikan batasan karena tidak ingin pekerjaan menggangu kehidupan pribadi.

Gen Z

Generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1996 sampai dengan tahun 2012 masehi.

Generasi Z adalah generasi setelah Generasi Milenial, generasi ini merupakan generasi peralihan Generasi Milenial dengan teknologi yang semakin berkembang.

Beberapa diantaranya merupakan keturunan dari Generasi X dan Milenial.

Disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet.

Mereka memiliki kesamaan dengan Generasi Milenial, tapi mereka mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu seperti nge-tweet menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset.

Apapun yang dilakukan kebanyakan berhubungan dengan dunia maya.

Sejak kecil mereka sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget canggih yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian mereka.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...