Business is booming.

Ramai-ramai Dukung Pak Ribut, Apa Salahnya Jelaskan Cerita Nabi Luth dan Kaum Sodom?

Dan dia juga tak membenarkan kaum sodom. Apanya yg salah ketika yg diajarkan sdh sesuai?

Pak Ribut masih trending. Guru sebuah SD di Lumajang itu kini memperoleh pembelaan sejumlah netizen.

Pembelaan muncul karena ada narasi yang menyudutkan Pak Ribut tentang pelajaran Nabi Luth.

Namun Luth merupakan salah satu nabi dalam agama Islam yang diutus kepada kaum Sodom dan Gomorrah.

Kisahnya pun kerap dijadikan landasan pelarangan perbuatan cinta sesama baik homoseksual maupun lesbian.

Namun Pak Ribut cenderung disudutkan karena dianggap tak pantas membicarakan kisah nabi Luth dengan perilaku menyimpang masyarakat di sekitarnya.

Juga penjelasannya dianggap tidak pas untuk siswa-siswa SD yang ada di videonya.

Selain menjadi guru SD, ribut juga seorang seniman.

Ia membagikan saat menjadi salah satu tokoh pewayangan.

Pak Ribut selain seorang guru SD ia juga seniman tari. Tiktok @R_DancerManagement.

Nah netizen pun berbeda pandangan dengan narasi yang menyudutkannya.

Berikut cuitan sejumlah Netizen tentang Pak Ribut

@hwiPARA3bam: Kasihan pak Ribut sosmednya direport masal juga dikomplain pas live di stasiun tv. Info yang beredar sih ada 2 versi gara-gara nyenggol BTS sama jelasin apa itu kaum sodom dijaman nabi Luth.

@Mayla_Ilahiyah: Kalau emang ga boleh ngomongin mmasalah seksulatas kaum sodom kepada anak2 SD, YAUDAH HAPUS AJA MATERI NABI LUTH KAUM SODOM. Pak Ribut kan cuman menjelaskan apa yg ada di buku haduhhhhh. Dan dia juga tak membenarkan kaum sodom. Apanya yg salah ketika yg diajarkan sdh sesuai?

@diah_panca5: Itu cerita tentang Nabi Luth padahal ada di pelajaran PAI kelas 2..pas ngajari anak, saya hanya bacakan sekilas. Trus di evaluasi juga muncul 1 no pertanyaan..Sbenernya tergantung sudut pandang tiap orang, tapi menurut saya penjelasan di video itu ga ada yg berlebihan..@saythenaim_17

@mumtaz1623: apa salahnya memberi tahu ttng kaum sodom di zamannya Nabi luth,anak sy kls 2 SD dimapel agama ada kisah Nabi Luth krn cm sedikit materinya di buku mapel,maka anak sy cerita lebih lengkap lg ttng Nabi Luth & kaum sodom,biar anak sy tau siapa itu kaum sodom & azab² yg menimpa mrk.

@cuwi77: Padahal pak ribut ga salah deh ngejelasin tentang kaum sodom dari cerita nabi luth. Kenapa bnyk yg marah sih? Kan beliau ngejelasin contohnya doang, ga ada permasalahan dari penjelasan dia…

Baca Juga:  Tante Lala Mirip Tokoh Kartun Abby Park, Gemuk dan Suka Berteriak

@Dinsaurus_: GURU jadi serba salah, kalo netizen berotak dangkal. contohnya kasus Pak Ribu yang bahas tentang kaum Nabi Luth

@MansonAcone: Yaa Dihapus aja Buk Pelajaran Nabi Luth nya untuk anak SD, karena kisah Nabi Luth gk seru tanpa Kaum sodom

@Hmaritaa: Heran dehhh . Jd guru serba salah !! Pdhl@pak ribut kan cmn jelasi materi agama nabi luth . Ckckck

@gunturessa: Fyi, ibu saya sendiri baru tau kalau kaum Nabi Luth disebut kaum sodom (penyuka sesama jenis) Itu artinya, memang pengetahuan dasar seperti ini harusnya diajarkan kepada anak-anak dengan penjelasan yg harus bijaksana pula. Daripada nanti anak2 malah tdk tau adanya kaum sodom.

@SeraphimOjoTuru: Gw dlu nangkepnya itu karena kelalaiannya manusia karena selalu memanjakan hasrat dan mencelakai tiap pendatang, udh dikasih terguran sama Nabi Luth eh gk mau denger, jadinya dilaknat. Gk ada kepikiran orientasi seksual pas kecil denger/baca ceritanya.

@SecaraJabatan: Lagi ngajarin sirah nabi luth aja malah dibilang anak dibawah umur diajarin homoseksual, ini yang bodoh siapa ya? Semangat terus pak!

@temen_kyungsoo: orang2 tuh kebiasaan nonton potongannya aja. Pak ribut tuh ngejelasin kaum sodom krn emg pelajaran agama kisah nabi luth, njir udah dari dulu kali kisah nabi emang diajarkan, termasuk kaum sodom tuh aku jg taunya sejak SD emg kisah kaum nabi luth. Ngadi2 njir-,-

Awalnya Viral di Tiktok

Pak Ribut Trending. Guru sebuah sekolah dasar di Lumajang itu kerap membagikan video saat mengajar dan sempat viral di tiktok.

Ribut Santoso Spd  sering tampil bersama ketua sekaligus juara kelas bernama April.

Yang jadi sorotan adalah, Ribut membagikan video berdiskusi dengan murid-muridnya tentang perilaku menyimpang kaum homo dan lesbian.

Baca Juga:  Profil Ivanka Trump, Trending karena Tak Lagi Gabung Tim Kampanye Ayahnya

Bahkan dalam sebuah dialog saat mencontohkan kelompok itu, April nyeletuk contohnys Pak Ribut.

Dan dalam video tiktok lainnya, Pak Ribut memang kerap membahas kelainan seksual seperti itu.

Misal soal bencong yang bersaing dengan pasangan suami-istri normal.

Selain menjadi jadi guru honorer, Ribut Santoso ternyata juga punya usaha pakaian tari

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Agus Salim membenarkan kalau Pak Ribut adalah salah satu pengajar SD di wilayahnya.

Ia berjanji akan memanggil Pak Ribut, namun hingga berita ini diturunkan belum ada klarifikasi lebih lanjut.

Video tentang Pak Ribut banyak ditampilkan di akun tiktok diduga milik Pak Ribut sendiri bernama @R_DancerManagement.

Akun twitter @goodghan dengan melabelkan sebagai bedah film lalu membagikan video-video Pak Ribut dalam bentuk thread di twitter hingga menjadi trending.

Tentang Nabi Luth

Seperti dilansir Wikipedia, Lut atau Luth adalah tokoh dalam Al-Qur’an, Alkitab, dan Tanakh.

Dalam Islam, dia adalah rasul yang diutus kepada kaum Sodom dan Gomorrah.

Kisahnya kerap dijadikan landasan pelarangan perbuatan homoseksual dalam agama Abrahamik.

“Dan (ingatlah) ketika Luth berkata kepada kaumnya, ‘Kamu benar-benar melakukan perbuatan yang sangat keji yang belum pernah dilakukan oleh seorang pun dari umat-umat sebelum kamu. Apakah pantas kamu mendatangi laki-laki, menyamun, dan mengerjakan kemungkaran di tempat-tempat pertemuanmu?'” — Al-‘Ankabut (29): 28-29

“Tetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus-menerus menderita oleh cara hidup orang-orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti hawa nafsu mereka saja, sebab orang benar ini tinggal di tengah-tengah mereka dan setiap hari melihat dan mendengar perbuatan-perbuatan mereka yang jahat itu, sehingga jiwanya yang benar itu tersiksa.” — 2 Petrus 2: 7-8

Nama Luth disebutkan 27 kali dalam Al-Qur’an dan kisahnya disebutkan pada surah Al-A’raf (07): 80-84, Hud (11): 69-83, Al-Hijr (15): 51-77, Asy-Syu’ara’ (26): 160-175, An-Naml (27): 54-58, Al-‘Ankabut (29): 28-35, Ash-Shaffat (37): 133-138, Adz-Dzariyat (51): 31-37, dan Al-Qamar (54): 33-40.

Baca Juga:  Komeng Trending dan Dihujat Gara-gara Lawakan, Begini Ceritanya

Dalam Tanakh (kitab suci Yahudi) dan Alkitab (kitab suci Kristen), kisah Luth (disebut Lot dalam Yahudi dan Kristen) disebutkan dalam Kitab Kejadian bersama Ibrahim.

Al-Qur’an tidak menjelaskan mengenai latar belakang Luth.

Dalam Alkitab disebutkan bahwa Luth adalah keponakan Ibrahim.

Ayahnya bernama Haran, saudara Ibrahim.

Silsilahnya adalah Luth bin Haran bin Azar atau Terah.

Ibnu Katsir juga menyebutkan silsilah Luth seperti itu dalam kitabnya.

Sebagaimana Ibrahim, Luth awalnya hidup di Iraq. Disebutkan dalam Alkitab bahwa Haran telah meninggal di Iraq saat Azar masih hidup.

Luth termasuk orang yang membenarkan dan mengikuti dakwah Ibrahim saat masih di Iraq.

Luth juga ikut hijrah ke Syam bersama rombongan Ibrahim dan pengikutnya.

Disebutkan bahwa penduduk Sodom melakukan perbuatan homoseksual antara sesama lelaki, biasa melakukan perampokan, melakukan berbagai kemungkaran di tempat pertemuan mereka, dan tidak ada yang mau mencegah kemungkaran tersebut.

Luth mendakwahi agar mereka bertakwa kepada Allah.

Dia menegaskan tidak meminta upah atas seruannya.

Luth mengecam tindakan kaum Sodom ini sudah melampaui batas dan menyatakan bahwa perbuatan mereka ini tidak pernah dilakukan orang lain sebelumnya.

Mendapat peringatan Luth, kaum Sodom memberikan penolakan.

Mereka mengatakan kalau Luth hanyalah orang yang berpura-pura suci dan mengancam akan mengusirnya.

Penduduk Sodom juga melarang keras Luth untuk memberi perlindungan pada orang-orang yang akan mereka rampok atau perkosa.

Lebih jauh, mereka juga meminta agar Luth segera mendatangkan azab yang dia ancamkan selama ini.

Mendapat penentangan kaumnya, Luth memohon kepada Allah,

“Ya Tuhanku, tolonglah aku atas golongan yang berbuat kerusakan itu.” — Al-‘Ankabut (29): 30

Alkitab tidak menjelaskan mengenai seruan dan dakwah Luth pada kaum Sodom dan hanya memberikan keterangan bahwa penduduk Sodom sangat jahat dan berdosa kepada Tuhan.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...