Business is booming.

Profil Marsma TNI Prabowo, dari Irben Itjen TNI Kini Koorsahli KSAU

Prabowo mengemban amanat sebagai Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAU

Marsma TNI Prabowo seorang perwira tinggi (pati) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sejak 4 November 2022 mengemban amanat sebagai Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAU.

Prabowo menggantikan posisi Marsda TNI Hari Mursanto yang dimutasi sebagai Kepala Pusat Kelaikan Keselamatan Terbang dan Kerja TNI Angkatan Udara (Kepala Puslaiklambangjaau).

Upacara serah terima jabatan (sertijab) Prabowo dan Hari Mursanto dipimpin Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo pada Rabu (23/11/2022). Sertijab ini bagian dari tujuh jabatan strategis di lingkungan TNI Angkatan Udara (AU).

Melansir keterangan Dispenau, sertijab yang digelar di Markas Besar TNI Angkatan Udara (Mabesau), Jakarta itu melingkup jabatan sbb:

1. Koordinator Staf Ahli (Korsahli) KSAU, dari Marsda Hari Mursanto kepada Marsma TNI Prabowo.

2. Kepala Pusat Kelaikan Keselamatan Terbang dan Kerja TNI Angkatan Udara (Kapuslaiklambangjaau), dari Marsda Samsul Rizal kepada Marsda Hari Mursanto.

3. Kepala Dinas Penelitian Dan Pengembangan TNI AU (Kadislitbangau) dari Marsma Susanto Kepada Kolonel Tek Iwan Angung Djumaer.

4. Kepala Dinas Psikologi Angkatan Udara (Kadispsiau) dari Marsma Laksana Haryanto kepada Kolonel Kes Sri Hastuti.

5. Kepala Dinas Pembinaan Mental dan Ideologi TNI Angkatan Udara (Kadisbintalidau), dari Marsma Bastari kepada Marsma Joko Tri Kartono.

6. Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Udara (Kadisadaau), dari Marsma Agus Sudarmanto kepada Marsma Cahyo Tursiono.

Baca Juga:  Jejak Karier Irjen Pol Argo Yuwono, Mutasi Jadi Kapolda Kaltim Dipastikan Hoaks

7. Kepala Dinas Aeronautika Angkatan Udara (Kadisaeroau) dari Marsma Bambang Triono kepada Marsma Susanto.

Nama Prabowo dan Hari Mursanto masuk dalam daftar perwira tinggi dari tiga matra yang dimutasi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Mutasi tersebut tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1122/XI/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 4 November 2022.

Ini Dia Daftar Lengkap Mutasi dan Promosi 130 Pati TNI, Dua Orang Jabat Bintang Tiga

Dalam surat keputusan tersebut, tercatat ada sekitar 130 Perwira TNI yang dimutasi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dari sekian banyak nama, diantaranya adalah Marsma TNI Prabowo dan Marsda TNI Hari Mursanto.

Marsma TNI Prabowo SAP MM merupakan seorang perwira tinggi berpangkat Marsekal Pertama atau Marsma, berada di kategori perwira tinggi TNI Angkatan Udara.

Pangkat Marsma ini satu tingkat di atas Kolonel dan satu tingkat di bawah Marsekal Muda. Jika di matra lain, akan setingkat dengan Brigadir Jenderal (TNI AD) dan Laksamana Pertama (TNI AL). Adapun untuk lambangnya sendiri ditandai dengan satu bintang emas.

Terkait riwayat karier, Marsma TNI Prabowo pernah menempati posisi Inspektur Logistik Inspektorat Jenderal TNI (Irlog Itjen TNI).

Dikutip dari laman TNI Mil, pada 16 September 2021, Prabowo dimutasi oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/816/IX/2021 tertanggal 13 September 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Dalam hal ini, Prabowo masuk daftar bersama 150 perwira tinggi TNI yang terdiri atas 89 Pati TNI AD, 27 Pati TNI AL, dan 34 Pati TNI AU.

Baca Juga:  Profil Budiman Sudjatmiko, Trending dan Dibully karena Dukung Prabowo Subianto Bukan Ganjar Pranowo

Marsma TNI Prabowo yang sebelumnya menjabat Irlog Itjen TNI dimutasi menjadi Irben Itjen TNI.

Setelah itu, perwira tinggi TNI AU ini kembali beralih tugas setelah dimutasi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Dalam SK yang diterbitkan pada 4 November 2022 bernomor Nomor Kep/1122/XI/2022 tersebut, Marsma TNI Prabowo yang sebelumnya menempati posisi Irben Itjen TNI diangkat sebagai Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara).

Dalam tugasnya yang baru, Prabowo menggantikan Marsda TNI Hari Mursanto yang diangkat sebagai Kapuslaiklambangjaan.

Dengan pengangkatan ini, Prabowo meraih kenaikan pangkat satu tingkat, yakni menjadi Marsekal Muda (Marsda) atau bintang dua.

Sebagai Koordinator Staf Ahli KSAU, Prabowo bertugas membantu unsur pimpinan, baik KSAU dan Wakil KSAU, bersama-sama dengan staf ahli lainnya. Seluruh pejabat pembantu pimpinan adalah pati bintang dua dengan pangkat marsekal muda.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...