Business is booming.

Ketua KPK Trending, Firli Bahuri Jadi Tersangka Kasus Pemerasan Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo

Akhirnya waktu yang membuktikan bahwa Firli penjahatnya, bukan Anies

Tagar Ketua KPK trending di media sosial X (Twitter) pada Kamis (23/11/2023), menyusul Polda Metro Jaya menetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Rabu (22/11/2023) malam.

Sontak netizen gaduh menanggapi tagar Ketua KPK yang trending hingga tercatat 6.890 ciutan yang mereka sampaikan.

Seperti pemilik akun Twitter @yudiharahap46 menulis, “Alhamdulilah akhirnya Firli Bahuri tersangka, otomatis dia non aktif sebagai ketua KPK”

Lalu pemilik akun Twitter @Aiek_Speechless menulis, “Kesian Banget si Firli Bahuri … udah gak punya muka pasca diperiksa penyidik Polda Metro Jaya di Bareskrim hari ini Kamis Pagi Siang hingga Sore ini. Firli udh ga sanggup ketemu media. Kami Muak dgn kebejatan & kebobrokan Ketua KPK RI yg sok suci dan bersih‼️”

@aindraku menulis, “PERUBAHAN
Ketua KPK tersangka pemerasan yang termasuk kategori korupsi.
Ketua MK terbukti melakukan pelanggaran berat kode etik.
Presiden cawe-cawe pemilu.
DPR RI mayoritas membebek penguasa.
Eksekutif, legislatif & yudikatif bermasalah semua.
FIX! Negeri ini butuh PERUBAHAN!”

@Yurissa_Samosir menulis, “Malu -Malu Kucing nih Ketua KPK Firli Bahuri 🤭🤭 Ketua KPK Kabur hindari Wartawan Usai selesai di periksa terkait kasus dugaan Eks Mantan Yasin Limpo …Ketua KPK ini nampak Menutupi Wajahnya pakai Tas, apakah Ketua KPK ini Takut Tersorot Media ya ?????”

@tatakhoiriyah menulis, “1. Daftarnya hitam sejak jadi capim
2. Langgar etik karena gratifikasi heli.
3. Bikin TWK melanggar HAM & maladministrasi
4. Menemui pihak berperkara
5. Jadi tersangka pemerasan.
Orang kok g ada khusnul khotimah dlm amanah. Ketua KPK pilihan siapa nih?”

@liputan6dotcom menulis, “Jadi Tersangka Kasus Pemerasan, Ketua KPK Firli Bahuri Terancam Penjara Seumur Hidup”

@brother_djon menulis, “Akhirnya waktu yang membuktikan bahwa Firli penjahatnya, bukan Anies😀”

@newsplatter menulis, “Ketua KPK jadi tersangka. Ini negeri sarat kejutan.”

@KangSemproel menulis, “Beginilah hasil pemilihan penyelenggara negara secara cap cip cup… serba transaksional. Seorang petinggi KPK yang pernah disorot karena masalah pelanggaran kode etik malah dipilih jadi pimpinan tertinggi di lembaga tsb. DPR nya wajib Taubatan Nasuha!!”

@Herubudi1071 menulis, “Kurang hebat gimana coba….ketua KPK aja jadi tersangka korupsi…”

@ChovaMelians26 menulis, “Ketua KPK Aja Sdh Begini,Bagaimana Nasib Negara Ini Kalo Untuk Berantas Korupsi🤣”

@amandasah__ menulis, “Breaking News, Ketua KPK Firli Bahuri Ditetapkan Jadi Tersangka Dugaan Pemerasan Mentan SYL. Bendera setengah tiang harus dikibarkan di depan gedung @KPK_RI sebagai simbol sudah matinya pemberantasan korupsi. Semoga kasus besar ini ga masuk angin & terbongkar siapa tikus2 KPK.”

@akuntwiter968 menulis, “Salah satu tanda Kegagalan Pemerintahan, Rusaknya Tatanan Hidup Bermasyarakat & Bernegara Adalah ketika Lembaga Hukum diisi oleh org2 yg tdk punya integritas, Instrumen Hukum dijadikan Alat politik dan utk Menyerang lawan Politik.
Kami Muakk & Miris!!!”

@BennyHarmanID menulis, “Apakah berita ini benar? Kapolri harus menjelaskan secara gamblang kpd publik apa sebenarnya yg terjadi dgn Ketua KPK Firli Bahuri. Tanpa ada penjelasan yg cesplong, publik bertanya-tanya lalu membuat analisis sendiri. Sesama anak bangsa kemudian saling sandera. Hukum tentu harus ditegakkan tanpa pilih kasih, tidak hanya tajam ke lawan tapi lembek ke kawan, namun publik juga berhak utk tau (the right to know) apa sebenarnya yg sedang terjadi. #RakyatMonitor#”

@emerson_yuntho menulis, “Apakah penetapan Firli Bahuri Ketua
@KPK_RI sebagai tersangka korupsi pemerasan adalah perlawanan balik koruptor? Jawabannya TIDAK. Firli memang pantas dijadikan tersangka karena perbuatannya mencoreng KPK. Hal ini juga momentum buat KPK membersihkan citra yang suram di era Firli”

@mazzini_gsp menulis, “Gak kuat menahan malu, Firli Bahuri tutupi wajah saat masuk ke mobil setelah diperiksa soal kasus pemerasan terhadap ex Menteri Pertanian SYL. Firli yg sejak jadi ketua KPK sudah 6 kali melanggar etik dan seolah tak tersentuh hukum, kini tertunduk juga.”

Polda Metro Jaya tetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka

Polda Metro Jaya menetapkan Firli Bahuri (FB) sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Rabu (22/11/2023) malam.

Baca Juga:  Alumni Akmil 1993 Sandang Pangkat Jendral, Moh Hasan Bak Meteor

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebutkan bahwa penetapan tersangka tersebut setelah dilakukannya gelar perkara pada Rabu (22/11/2023).

“Telah dilaksanakan gelar perkara dengan hasil ditemukannya bukti yang cukup untuk menetapkan saudara FB selaku Ketua KPK RI sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan, atau penerimaan gratifikasi atau penerimaan hadiah atau janji oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara yang berhubungan dengan jabatannya, terkait penanganan permasalahan hukum di Kementerian Pertanian RI 2020-2023,” kata Ade kepada wartawan di Polda Metro Jaya pada Rabu malam.

Ade melanjutkan, penetapan FB sebagai tersangka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 e atau Pasal 12 B atau pasal 11 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana yang diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 Tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana yang diubah dan ditambah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan UU no 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 65 KUHP yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya pada sekira tahun 2020 sampai dengan 2023.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjalani klarifikasi selama tiga jam oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK di Jakarta, Senin, untuk dimintai keterangan soal pertemuannya dengan mantan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Seputar laporan yang diterima oleh Dewas. Saya memberikan semuanya apa yang diminta oleh Dewan Pengawas. Tentu ini sesuai undangan klarifikasi dari Dewas dan semuanya saya sampaikan utuh dari A sampai Z,” kata Firli di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Baca Juga:  Besok Sekolah Trending, Sebagian Murid Belum Siap Masuk Sekolah?

Meski demikian, Firli mengatakan dia tak bisa menjelaskan secara detail materi klarifikasi tersebut. Firli mengatakan Dewas KPK yang akan menyampaikan hasil akhir pemeriksaan terhadap dirinya itu secara utuh.

“Sedangkan materinya, karena sifat pemeriksaan di Dewas tertutup, nanti biarlah Dewas menyampaikan lengkap,” tambahnya.

Sementara itu, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya telah memeriksa 86 saksi dan delapan ahli pada kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Sampai Senin kemarin tanggal 13 November 2023 sebanyak 86 orang saksi telah dilakukan pemeriksaan dan delapan orang ahli,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat ditemui di Polda Metro Jaya, Selasa (14/11).

Ade Safri menjelaskan, delapan ahli tersebut terdiri dari empat ahli hukum pidana, satu ahli hukum acara, satu ahli atau pakar mikroekspresi, satu ahli multimedia dan satu ahli digital forensik.

(Sumber: Antaranews.com)

 

 

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...