Business is booming.

PTN TOP 10 Trending, Netizen Sebut Lulusannya Nganggur Juga

Pilihlah universitas negeri di Indonesia sesuai dengan minat dan tujuan

Tagar PTN TOP 10 trending di media sosial X (Twitter) pada Kamis (11/1/2024), menyusul netizen soroti lulusan 10 perguruan tinggi negeri populer yang ternyata susah cari kerja sampai menganggur juga.

Netizen gaduh menanggapi tagar PTN TOP 10 yang trending hingga tercatat 6.409 ciutan yang mereka sampaikan. Semula pemilik akun Twitter @collegemenfess menulis, “emang kalau gak masuk PTN TOP 10 itu bodoh ya??” dan tanggapan netizen juga beragam.

Netizen gaduh menanggapi tagar PTN TOP 10 yang trending hingga tercatat 6.409 ciutan yang mereka sampaikan. Semula pemilik akun Twitter @collegemenfess menulis, “emang kalau gak masuk PTN TOP 10 itu bodoh ya??” dan tanggapan netizen juga beragam.

“ketikannya kasar banget, nyakitin hati orang. emang kenapa kalo ga masuk top ten? masalah gitu buat dia? emang juga dia yang bayarin ukt nya? kan engga? ngurus banget hidup orang deh. yang paling penting, ga masuk top ten, ga kuliah di ptn bukan berarti orang tersebut bodoh. yang bodoh itu yang ngatain,” tulis pemilik akun Twitter @diecemberjoki, menanggapi tagar PTN TOP 10 yang trending.

Lalu pemilik akun Twitter @yevcey menulis, “Maaf banget tapi fakta nya di Lingkunganku ( 3 Domisili malah ) Banyak lulusan Top TEN Tapi gak jadi apa-apa sampai sekarang. Semuanya balik lagi, Tergantung Pribadi Masing-masing Individu nya mau maju atau diem aja nungguin Gelarnya, Banggain Gelarnya aja.”

@EchaVersion menulis, “alah temen gue lulusan salah satu top 10 itu, plus IISMA, udah setahun belom dpt kerja juga. malah kalah sama cowok gue yg univnya bukan top 10 itu, gak IISMA, tp udh dpt full time dr dia belom lulus kuliah. jangan takut nder, rejeki ga kemana kok”

@Keigeoruby menulis, “BENER BENER DEH KALAU SEKALI LAGI ADA PERTANYAAN KEK GINI DI BASE INI HADEHH. Nder, pinter atau nggak ya tergantung ya, kamu mau masuk top ten dunia sekaligus kalau kamu kasarnya nggak ada keahlian apa apa ya percuma. Kalau kamu mau masuk kerja, semua akan kembali jadi nol.”

@svtunning menulis, “Sesama bodoh dilarang mengatai 👍🏻 orang yang menuntut ilmu itu orang bodoh, kalau dia udah merasa pinter dia gak bakal lakuin itu.”

@ramyeongurl menulis, “GA HEYY?? temen SMP gw yg anak kampung (rumah dia bener2 pedalaman bgt) yg minder2 grgr ga masuk top10 tapi dia mawapres, founder club research (ukm) di kampusnya, terus skrg dapet LPDP ke Wageningen University of Netherlands 😭 BALIK KE MASING2 PINTER ATAU ENGGA MAH CUYY”

@KyowSya menulis, “tidak lah, lu ambil alumni cumlaude usu, up, tel-u, atau lainnya tentu lebih cerdas daripada temenlu yg “pintarnya” modal nama ptn. orang kayak gtu tuh saat persaingan kerja kalah dengan alumni smk bakal kaget sendiri.”

@budisi21061999 menulis, “Itu namanya privilage ya. Semua top 10 PT diindo itu di luar pulau ku sedangkan aku kuliah aja ke ibukota provinsi ku aja gak bisa karna jaraknya jauh 8 jam, jadi kalau di ibukota provinsi aja gak bisa apalagi ke luar pulau. Selain biaya kuliah, biaya hidup mesti diperhitungkan”

@ursweetnothin menulis, “Udah gede kurang2in mikirin hal ga penting. Bales aja pake stiker ini untuk setiap pertanyaan tolol”

@lemon_taa menulis, “Masih percaya sama urutan PTN Top 10 gini? Beda tempat survei beda lagi nanti urutannya”

@pineapplejam_ menulis, “Dmna pun kuliah kalo emg udh niat mau usaha ttp bisa sukses. Yg di top ten sendiri blm tentu kelar kuliah bisa lgsg kerja enak.”

@arunikaaxx menulis, “gw masuk PTN top 10, tp keluarnya susah bgt. kalo boleh ngulang waktu, malah pingin univ swasta aja. skrg tuh justru mikirnya gini “judul skripsi kayak gini, remeh nggak ya buat aku yg kuliah di univ X?” malah beban njir😭”

@pieicebear_ menulis, “nderr daripada mikirin bacotan tanpa insight, mending nyibukin diri buat nugas, bootcamp atau main linkedin yok, masih banyak hal penting yg harus dikerjain, foku ke diri sendiri dah.. sampe kapan org lain terus dijadiin standar (?) to cerita org beda beda.”

@laufeysocn menulis, “halah di ptn top 10 aja banyak yang bego”

@heegustd menulis, “ga, asal ptn ga nentuin lu dpet kerja cepet apa ngga. bnyak noh lulusan top tpi nganggur, smntara yg ga lulusan top kerja dluan”

@lenyapbentar menulis, “PERCUME TOP TEN KALAU GAPERNAH BACA BUKU. AKU PUNYA TEMEN YANG KULIAHNYA TOP TEN, BACA BUKU GAPERNAH, TUGAS SAMA SKRIPSI JOKI, DIAJAK DISKUSI APAPUN MALAH CENGO.”

@dhimas_raharjo menulis, “Udah lulus top 10 univ eh rupanya nganggur ga ketolong 🤣”

@YustineMelinda menulis, “Mikir realistis aja, masuk Top Tier PTN itu susah banget, banyak pesaingnya”

Wajib Tahu! Daftar 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Universitas negeri terbaik di Indonesia berdasarkan QS World University Rankings 2023 terdiri dari 10 universitas yang perlu kamu ketahui. Selain punya nama besar, universitas favorit juga memiliki fasilitas yang lengkap, sistem pembelajaran yang menyenangkan, serta memiliki jaringan alumni yang berguna setelah lulus nanti.

Baca Juga:  Bamsoet Pastikan Jokowi Hadiri Sidang Tahunan MPR

Bisa kuliah di kampus favorit tentu menjadi satu hal yang sangat didambakan. Terutama bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan pendidikan sarjana di universitas negeri terbaik di Indonesia, simak 10 universitas negeri terbaik di Indonesia di bawah ini.

10 universitas negeri terbaik di indonesia:

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati rank 231 global. Universitas Gadjah Mada termasuk sebagai universitas yang tertua di Indonesia, yang juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan sebagai universitas pembina di Indonesia. UGM memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan.

Berdiri dengan nama “Universitas Negeri Gadjah Mada”, perguruan tinggi ini merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi yang telah lebih dulu didirikan. Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan berbagai program pendidikan meliputi program sarjana, pascasarjana, profesi, spesialis, dan diploma.

Beberapa fakultas juga menyelenggarakan program internasional baik pada program sarjana maupun pascasarjana. Adapun fakultas yang tersedia di UGM yaitu:

Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomika & Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Filsafat, Fakultas Geografi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat & Keperawatan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Pertanian, Sekolah Pascasarjana, Sekolah Vokasi

2. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati rank 235 global. Institut Teknologi Bandung merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di Jawa Barat yang mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan Indonesia.

Pada 3 Juli 2020, ITB secara de facto berusia 100 tahun di mana telah menghasilkan lebih dari 120.000 alumni yang berperan penting dalam pembangunan bangsa, memiliki 12 fakultas/sekolah, 128 program studi, dan 111 Kelompok Keahlian, memiliki 25 Pusat, 7 Pusat Penelitian, dan 6 Pusat Unggulan Iptek (PUI).

Baca Juga:  Kang Emil Pesan Peningkatan Statistik Produksi Petani Milenial Burung Puyuh

Selain itu, ITB juga memiliki lebih dari 26 ribu mahasiswa program sarjana, master, dan doktor, memiliki 1.510 dosen dengan 195 Guru Besar, dan berlokasi di dua tempat lain selain kampus Ganesa Bandung yaitu Jatinangor dan Cirebon. ITB juga menjadi perguruan tinggi terbaik nasional dan pelopor kemajuan sains, teknologi, dan seni di Indonesia.

Adapun fakultas yang tersedia di ITB sebagai berikut:

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Sekolah Farmasi, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

3. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) menempati rank 248 global. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Sebagai universitas riset, upaya – upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan.

Saat ini UI terdiri dari 14 Fakultas, 1 Program Vokasi, dan 2 Sekolah (SKSG dan SIL). Di mana 14 Fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakulta Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, dan Fakultas Ilmu Komputer.

4. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga (Unair) menempati rank 369 global. Universitas Airlangga diresmikan pada 1 November 1954. Pada 10 November 1954, Presiden RI DR. Ir. Soekarno meresmikan berdirinya Universitas Airlangga sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ketiga di Indonesia setelah Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

Universitas Airlangga menyelenggarakan program pendidikan untuk mahasiswa meliputi program diploma (D3 dan D4), sarjana (S1), pascasarjana (S2 dan S3), profesi, dan spesialis. Termasuk di dalamnya menggelar program internasional.

Adapun fakultas yang tersedia sebagai berikut:

Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Sains & Teknologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Keperawatan, Fakultas Perikanan & Kelautan, Fakultas Vokasi, Fakultas Teknologi Maju & Multidisiplin, Sekolah Pascasarjanna, Sekolah Ilmu Kesehatan & Ilmu Alam Banyuwangi

5. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor (IPB) menempati rank 449 global. Institut Pertanian Bogor merupakah Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. IPB diresmikan pada tahun 1963, yang mana sebelum itu IPB merupakan sebuah fakultas pertanian di Universitas Indonesia.

Adapun fakultas yang tersedia yaitu:

Faculty of Agriculture, Faculty of Veterinary Medicine, Faculty of Fisheries and Marine Science, Faculty of Animal Science, Faculty of Forestry and Environment, Faculty of Agricultural Technology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Faculty of Economics and Management, Faculty of Human Ecology, School of Business, Faculty of Animal Husbandry, Multidisciplinary program

6. Institut Teknologi Sepuluh November

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menempati peringkat diantara 701-750 global. Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah universitas teknologi negeri Indonesia yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, dengan penekanan kuat pada sistem pendidikan ilmiah, teknik, dan kejuruan. ITS memiliki tujuh fakultas dengan bidang ilmu strategis yang menjadi pusat keunggulan bagi pengajaran ilmu pengetahuan, teknologi dan desain di Indonesia.

Baca Juga:  Kronologi Kabar Pemilihan Cak Imin Jadi Cawapres Anies Baswedan, Demokrat Merasa Dikhianati

Adapun fakultas yang tersedia sebagai berikut:

Sains dan Analitika Data, Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem, Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian, Teknologi Kelautan, Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas, Desain Kreatif dan Bisnis Digital, Vokasi, Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi

7. Universitas Padjajaran

Universitas Padjadjaran (Unpad) menempati peringkat diantara 751-800 global. Universitas Padjadjaran Bahasa Indonesia: Universitas Padjajaran, disingkat UNPAD adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kabupaten Sumedang dan Bandung, yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat, Indonesia. Didirikan pada tanggal 11 September 1957.

Unpad juga tercatat sebagai perguruan tinggi negeri dengan peminat terbanyak se-Indonesia di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN) pada tahun 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018.

Adapun fakultas yang tersedia antara lain:

Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika & IPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budya, Fakultas Psikologi, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik Geologi, Sekolah Pascasarjana

8. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) menempati posisi diantara 801-1000 global. Universitas Diponegoro adalah universitas negeri di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Didirikan pada tahun 1957 sebagai universitas swasta oleh Yayasan Universitas Semarang, yang kemudian pada tahun 1960 menjadi universitas negeri, dan dinamai Pangeran Diponegoro dari Jawa.

Berikut fakultas yang tersedia:

Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Psikologi, Fakultas Pternakan dan Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Sains dan Matematika, Sekolah Vokasi, Pascasarjana

9. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) menempati posisi antara 801-1000 global. Universitas Brawijaya, didirikan pada tanggal 5 Januari 1963 dan berkedudukan di Malang. Ini adalah universitas negeri otonom di Indonesia. Universitas Brawijaya (UB) didirikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat no. 258/K/61 dikirim pada tanggal 11 Juli 1961.

Universitas Brawijaya memiliki berbagai fasilitas penunjang kegiatan akademik di kampus, seperti:

Perpustakaan
Laboratorium seperti LSIH & LSSR
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Lembaga Pengembangan Pendidikan (LP2)
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)
International Office
Institut Biosains
Institut Biosains
UB Press
UB Media dan Komunikasi
Lab Terpadu
UB Forest
Agrotechnopark
Pusat Studi dan Layanan Disabilitas

Adapun fakultas yang tersedia di UB sebagai berikut:

Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Pascasarjana, Vokasi

10. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin (Unhas) menempati peringkat antara 1001-1200 global. Universitas Hasanuddin yang disingkat Unhas, merupakan salah satu perguruan tinggi otonom terbesar di Indonesia. Terletak di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Unhas didirikan pada 10 September 1956, dan dinamai menurut nama Sultan Hasanuddin, mantan Raja Kerajaan Gowa.

Adapun rumpun keilmuan yang tersedia yaitu:

Rumpun Sains dan Teknologi, Rumpun Sosial Humaniora, Rumpun llmu Kesehatan, Rumpun Ilmu Pertanian, Sekolah Pascasarjana

Bagaimana Hunters? Pilihlah universitas negeri di Indonesia sesuai dengan minat dan tujuan, serta belajarlah dengan sungguh-sungguh.

(Sumber: blog.schoters.com)

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...