Business is booming.

Pertalite Trending, PKS Tolak Pertalite Dihapus Demi Program Makan Siang Gratis

Tim Prabowo putar otak mewujudkan program makan siang gratis.

Tagar Pertalite trending di media sosial X (Twitter) pada Sabtu (17/2/2024), menyusul Fraksi PKS di DPR menolak rencana penghapusan subsidi BBM Pertalite yang anggarannya akan dialokasikan buat jatah makan siang gratis program capres Prabowo.

Netizen pun gaduh menanggapi tagar Pertalite yang trending hingga tercatat 7.102 ciutan yang mereka sampaikan.

Seperti pemilik akun Twitter @kompascom menulis, “Tim Prabowo putar otak mewujudkan program makan siang gratis. Anggaran subsidi BBM Pertalite dan Elpiji bakal dipangkas, jumlah penerimanya dibatasi.”

Lalu pemilik akun Twitter @Ars_sand menulis, “Astagfirullaah…. Rejim begini mau diteruskan? Eling wahai rakyat indonesia… Harga beras naik dengan enteng karena pasar, karena dunia pun pada naik.
Terus fungsi negara dimana? Bener² bahlul lu rik…. 2024 Pertalite akan dihapus…”

@ferizandra menulis, “Saya jadi curiga program makan siang gratis ini cuman gimmick… supaya bisa kurangi subsidi BBM dan LPG… 🤔”

@PakarINTELek menulis, “Puyeng sendiri kan jadinya.. 🤣 Prabowo mah ga bakalan ambil pusing, orang yang ngusulin program mereka. 😂

@RayhanDama menulis, “Kalo di gantiin makan siang gratis, nanti ga bisa beli pertalite? Di batas?”

@maspandam menulis, “Nah kan, apa gue bilang wkwkw, modal all in aja sih😎”

@Indonesiaguyub menulis, “Mudahnya berjanji tidak semudah merealisasikannya. Pangkas subsidi BBM, Elpiji, biaya kesehatab dan naikkan pajak. Akan menciptakan efek domino berikutnya. Harga-harga naik dan inflasi terkerek naik juga.”

@Jumianto_RK menulis, “Kalian kena tipu makan gratis”

@ChanifahNoer menulis, “Koq banyak yg pilih ya? Emang waktu bikin program gak dipikirin dulu apa?”

@jerry_yanuar menulis, “Dari awal emng udh gk masuk akal program.
1. dana dari mana?
2. Siapa yg eksekusi?
3. Siapa yg distribusi?
4. Berapa triliun yg dikeluarkan perharinya untuk makan siang aja 2 indonesia. Sementara hutang kita trus naik dan melonjak siapa yg mikirin?”

@Abu_Hanifz menulis, “Jika pajak naik, BBM naik, harga bahan pokok naik,…ya selamat menikmati lah para pendukung 02 gak usah teriak jika hidupmu makin susah. Gara gara dibagi sembako dan uang politik silahkan rasakan sendiri dampaknya.”

@wiwincantiq08 menulis, “Subsidi BBM dan Elpiji itu sdh jelas program dan peruntukannya buat rakyat kecil, dan mau dibatasi hanya demi program yg sama sekali ngga jelas blasss….PEKOK!”

@soullufthansa menulis, “padahal program unggulan, tapi baru putar otak sekarang. Waktu bikin proker emang gk dipikir dulu? apa asal aja yng penting rakyat seneng?”

@adiputrofikar menulis, “bayangin keluarga buruh. anaknya dapet makan gratis, bapaknya beli bensin lebih mahal. sami mawon wkwk”

@Arya18194120 menulis, “demi makan siang gratis anda tega membuat jutaan masyarakat indonesia menerima imbasnya yaitu kelangkaan BBM dna ELPIJI …coba direvisi lagi pak @prabowo pangkas aja dari gaji pejabat yang gada kerjanya dan memperkaya diri sneidir sednagkan rakyat kecil makin menderita”

@ElSinNombre_07 menulis, “Skrg aja harga2 udh gila, apalagi subsidi BBM dipangkas/dihapus, emang gak mikirin dampaknya? Yg kena dampak lebih luas lg termasuk yg dpt makan siang & susu gratis jg ikut terdampak, mikirnya kyk gmn gitu?”

@lenny1_rose menulis, “BUAT PENDUKUNG 02 KALO LAPAR silah kan JOGET JOGET sampai 2029 baru dapat makan GRATIS ,,belum apa2 sudah kena FRANK 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣”

@y4n_yodas menulis, “kirain sdh tinggal eksekusi masih diputar dl toh otaknya? coba dlm kampanye kemarin bilang akan memberikan makan gratis yg dana nya mangkas dr subsidi bbm dan elpigi jgn seperti nikam dr blakang dong moy? 🤔”

@SonnyTaufik4 menulis, “Makanya program itu harus dipikir masak masak,bkn asal doang pak..🤣 Pangkas subsidi BBM dan elpiji sama aja bohong🤣😂 Makan siang gratis lauknya apa,apa telor sama kecap doang..? 🤣😂 Disebutin dong hari Senin makan ini Hari Selasa makan itu hari Rabu makan angin…🤣😂🤣😂”

@Anjasmoro567 menulis, “kita semua tertipu.. coba klo dia bilng kyak gini dari awal.. potong subsidi BBM –buat — > makan siang gratis anak2. Ini kan termasuk penipuan Publik secara masal demi suara.. kok pada diem ja y”

@PSukse5 menulis, “Kok masih putar otak?? Memang sebelumnya gak pake otak buat bikin program??”

TKN Prabowo Jelaskan soal Subsidi BBM Dipangkas demi Makan Siang Gratis

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Eddy Soeparno, memberi penjelasan soal isu subsidi bahan bakar minyak bakal dipangkas demi program makan siang dan susu gratis bagi anak sekolah.

Baca Juga:  Lesti dan Tolol Trending, Netizen Soroti Sikap Lesti Labil?

Ia menegaskan, tak ada pemangkasan subsidi energi, melainkan efisiensi dengan membatasi orang yang bisa menikmati subsidi BBM dan elpiji 3kg.

Dengan efisiensi ini, Prabowo-Gibran hendak memastikan bahwa penerima subsidi BBM dan elpiji 3kg tepat sasaran, sehingga anggaran untuk mensubsidi energi dengan sendirinya bisa terpangkas dan dialihkan ke program makan siang gratis.

Eddy Soeparno mengatakan, subsidi BBM Pertalite dan elipiji 3kg yang menelan anggaran negara besar-besaran, justru selama ini lebih banyak dinikmati masyarakat mampu.

“Jadi, subsidi energi kita tahun lalu itu Rp 500 triliun. Tahun ini Rp 350 triliun. Porsi terbesar dari subsidi energi itu adalah subsidi untuk pertalite dan elpiji 3 kg. Tetapi, yang menikmati pertalite dan elpiji 3 kg 80 persennya itu masyarakat mampu,” kata Eddy saat dihubungi, Jumat (16/2/2024).

Eddy menyebut, yang menikmati subsidi energi selama ini justru orang-orang kaya.

Ia pun menekankan perlu dilakukan efisiensi terkait subsidi energi, agar anggarannya bisa dipangkas dan dialihkan ke program makan siang gratis.

“Kita evaluasi dulu pemberian subsidi energi itu untuk kita bisa lakukan efisiensi. Caranya gimana? Pertama, data penerima subsidi energi itu harus kita sempurnakan. Jadi yang berhak itu siapa? Misalkan saja, kaum miskin. Kedua yayasan, yayasan di bidang kemanusiaan. Ketiga misalnya UMKM. Itu berhak,” tuturnya.

Lalu, Eddy mengatakan, aturan mengenai penerima subsidi energi perlu diperkuat, sehingga tidak sembarang orang bisa membeli pertalite dan elpiji 3 kg.

Nyatanya, saat ini, siapa pun bisa membeli pertalite dan elpiji 3 kg.

“Jadi yang harus kita lakukan penguatan di bidang aturan hukumnya. Di situ nanti kemudian dalam aturan hukumnya itu kemudian dibuat kriteria yang berhak menerima subsidi energi itu siapa. Dan kemudian buat sanksi, sanksi bagi yang tetap membeli energi bersubsidi atau sanksi bagi orang yang menjual energi subsidi itu kepada umum,” jelas Eddy.

Baca Juga:  Konser Iwan Fals Gaung Merah seGALAnya Kelima di Lapangan Wiradhika, Secapa AD Bandung

“Kalau itu kita lakukan, otomatis kan kebutuhan untuk subsidi energi kan berkurang. Kalau subsidi energi kebutuhan berkurang, artinya itu merupakan penghematan APBN, yang mana kemudian penghematan kan bisa dipakai untuk membiayai program yang lain. Itu maksud saya. bukan memangkas subsidi BBM untuk makan siang gratis,” imbuhnya.

Eddy pun menegaskan bahwa tak akan ada pemangkasan subsidi energi yang akan membuat harga BBM melambung.

Sebab, yang dilakukan adalah efisiensi dengan membatasi jumlah orang yang bisa menerima subsidi.

“Itu bukan pemangkasan BBM. Saya enggak pernah bilang pemangkasan BBM, gitu. Yang saya katakan adalah kita lakukan efisiensi di bidang penyaluran subsidi energi. Subsidi energi, bukan subsidi BBM,” ujar Eddy.

“Saya katakan, efisiensi di bidang subsidi energi. Kan saya pimpin Komisi VII DPR, jadi saya tahu apa yang bisa dipangkas, apa yang enggak,” sambungnya.

(Sumber: Kompas.com)

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...