Business is booming.

Profil Do Anh Dung, Taipan Vietnam yang Divonis 8 Tahun Penjara

Do Anh Dung divonis hukuman penjara setelah dituduh menipu ribuan investor terkait kasus penipuan obligasi senilai $355 juta.

Vietnam trending. Ternyata bukan hanya terkait sepakbola dimana timnas Negara tersebut dikalahkan Timnas Indonesia 3-0 di kandang sendiri.

Tak kalah penting dijatuhkannya vonis penjara delapan tahun terhadap seorang taipan property terkemuka, Do Anh Dung.

Ia dikenal ketua kelompok Tan Hoang Minh yang berspesialisasi dalam perkantoran dan apartemen mewah.

Do Anh Dung divonis hukuman penjara setelah dituduh menipu ribuan investor terkait kasus penipuan obligasi senilai $355 juta.

Ini adalah kasus terbaru dalam penyelidikan anti-korupsi yang menargetkan para pemimpin bisnis terkemuka yang mengguncang negara komunis tersebut.

Lebih dari 4.000 orang, termasuk pejabat dan tokoh bisnis senior, telah didakwa dalam hampir 2.000 kasus sejak tahun 2021.

Pengadilan Rakyat Hanoi menjatuhkan hukuman delapan tahun penjara kepada Do Anh Dung karena penipuan, menurut situs berita Tuoi Tre.

Putra Dung, Do Hoang Viet, juga dijatuhi hukuman tiga tahun penjara, sementara 13 terdakwa lainnya dijatuhi hukuman hingga dua setengah tahun penjara.

Dung dan rekan-rekan terdakwanya dituduh memperoleh $355 juta secara ilegal dalam penjualan obligasi kepada 6.630 investor.

“Juri menilai kejahatan para terdakwa sangat serius, secara langsung melanggar hak kepemilikan properti orang lain,” menurut laporan Tuoi Tre.

Baca Juga:  Kiwil Masih Trending, Masih Dibully karena Analogikan Istri Sebagai Mobil

Menurut laporan media pemerintah sebelumnya, pada bulan Januari 2022 kelompok Tan Hoang Minh sedang berjuang dengan utang sekitar $810 juta karena proyek yang terhenti dan dampak pandemi Covid-19.

Para terdakwa menjual obligasi untuk menambah modal, menjanjikan keuntungan yang tinggi bagi investor, namun menggelapkan dana sebesar $355 juta, lapor media pemerintah.

Media pemerintah melaporkan bahwa Dung dan putranya telah membayar kembali $355 juta tersebut.

Profil Do Anh Dung

Do Anh Dung, Pendiri, Ketua dan CEO Tan Hoang Minh Hotel Service Trading Co., Ltd. (Tan Hoang Minh Group).

Do Anh Dung lahir di Hanoi pada tahun 1961.

Ia lulus dari Universitas Sains dan Teknologi Hanoi dengan gelar Sarjana.

Dung memiliki keinginan yang kuat untuk membuat kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat dan memberikan kontribusi kepada masyarakat dan pembangunan negara.

Dengan mengutip contoh-contoh seperti Korea Selatan, Singapura dan Tiongkok, Mr Dung bercita-cita menjadikan Vietnam sesukses negara-negara tersebut.

Tuan Dung adalah seorang mahasiswa di Universitas Teknologi Hanoi.

Karena tidak ingin bergantung pada keluarganya, ia memulai usaha sendiri pada tahun 70an dan 80an dengan berdagang emas, pakaian, dan sepatu di pasar.

Ia memulai karirnya di Tan Hoang Minh pada tahun 1993.

Tahun itu, cabang tersebut memperoleh keuntungan sekitar 2 miliar melalui perdagangan dengan Eropa Timur.

Dung membagikan sekitar 200 juta bonus kepada stafnya atas kerja keras mereka dan mengembalikan kepada institut sejumlah 1,8 miliar.

Namun, kepala Akademi Sains dan Teknologi Vietnam tidak senang dengan jumlah tersebut dan memaksanya membayar kompensasi.

Baca Juga:  Starting XI Leeds vs Liverpool, Babak Pertama Reds Menang 2-0, Gol Gakpo dan M Salah

Hal ini menyusahkannya karena dia dan stafnya telah bekerja sangat keras dan mereka hanya mengambil 10% keuntungan sementara Institut mengambil 90%.

Jadi, dia memutuskan untuk mengundurkan diri, menyerahkan kembali Perusahaan kepada Institut dan memulai bisnisnya sendiri dengan Tan Hoang Minh Hotel Service Trading Co., Ltd.

Dung diangkat menjadi direktur pada usia yang sangat muda (28 tahun) dan memiliki pengalaman 3-4 tahun sebagai pemimpin bisnis, serta kemampuan dan pengalaman memimpin bisnisnya sendiri.

Ia meyakini kriteria terpenting dalam menjalankan bisnis adalah kejujuran.

Selama bertahun-tahun, Tan Hoang Minh Group telah membangun reputasi yang baik di mata pelanggan dan mitra bisnis dengan menghasilkan produk dan layanan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Reputasi ini telah mendapatkan kepercayaan dan keyakinan dari perbankan dan mitra bisnis dalam menyalurkan pinjaman investasi dan modal kerja kepada Perseroan.

Dung telah membangun lingkungan kerja yang kondusif di Perusahaan dimana karyawan dianggap sebagai sebuah keluarga.

Perusahaan memiliki mekanisme bonus gaji untuk menarik talenta baru dan mempertahankan talenta yang sudah ada.

Ada banyak karyawan yang masih bekerja di Perusahaan sejak pertama kali mereka bergabung.

Dung juga peka terhadap perubahan tren pasar dan fleksibel dalam membuat perubahan yang sesuai dalam bisnis ekspor-impor atau di bidang jasa dan produksi untuk memenuhi permintaan pasar yang terus berubah.

Hal inilah yang menyebabkan Perseroan terus berkembang dengan mantap selama bertahun-tahun.

Sayang pandemic telah menggoyakan reputasinya hingga ia dituduh terlibat penipuan.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...