Business is booming.

Aspers Kasal Pimpin Rangkaian Sidang Pantkhir Cata dan Caba di Makassar dan Sorong

Selanjutnya Cata dan Caba yang Lulus akan mengukuti Pendidikan sebelum jadi Prajurit TNI AL

Asisten Personalia (Aspers) Kasal, Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi M TR (Han) memimpin rangkaian sidang Komisi Penentuan Akhir (Pantukhir) pusat di Massasar dan Sorong.

Terakhir sidang Pantukhir dilasanakan dalam proses akhir seleksi Calon Bintara (Caba) PK Pria/Wanita dan calon Tamtama (Cata) PK TNI AL TA. 2022 Satuan Pendidikan-2 (Satdik-2)  Makassar

Acara diselenggarakan di gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI Jl. Yos Sudarso 308 Makassar, Rabu (30/03/2022).

Sidang Pantukhir wilayah Satdik 2 Makassar tersebut dibuka dan ditutup secara langsung oleh Aspers Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr.(Han).

Sidang ini dihadiri Kadisminpersal Laksma TNI Deni Herman, S.T., M.A.P., CHRMP, Danlantamal VI Makassar Laksma TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP , Dirdiklat Kodiklatal Laksma TNI Ali Triswanto S.E., M.Si dan sejumlah pejabat TNI AL terkait lainnya.

Dalam sambutan Aspers Kasal mengatakan dari proses seleksi yang telah diselenggarakan diperoleh gambaran kapasitas dari para calon Bintara dan Tamtama PK TNI Angkatan Laut.

Sidang komisi pantukhir ditujukan untuk melakukan penilaian secara langsung, komprehensif dan mendetail, serta menggali lebih jauh kompetensi dan kapasitas para calon Bintara dan Tamtama.

Para calon tamtama PK TNI AL Tahun  2022 di wilayah Satdik II Makassar ini nantinya diterima untuk menjadi Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Laut.

“Saat ini adalah tugas kita melaksanakan sidang pantukhir yang merupakan tahap akhir dari rangkaian seleksi,” ucap Aspers Kasal.

Baca Juga:  Profil Letjen TNI Muhammad Herindra, Wamenhan dan Komisaris Utama

“Saya berharap, panitia yang hadir pada sidang komisi ini dapat melaksanakan tugas mulia ini secara baik dan teliti, sehingga mengurangi dan menghindari kesalahan sekecil apapun”

Turut hadir  dalam kegiatan tersebut, Kalapetal, Paban Spersal,  Paban III Kurdik Ditdiklat Kodiklatal, Dansatdik -2  Makassar, Para Kasubdis, Aspers Lantamal VI, VII, VIII, XIII, Katim Rikmin, Pabandya Binkowal Spersal serta undangan.

Dalam sidang komisi pantukhir pusat tersebut diikuti 311 peserta Caba dan Cata PK TNI AL tahun 2022  berasal dari pendaftaran di Lantamal VI Makassar, Lantamal Kupang VII , Lantamal VIII Manado dan  Lantamal  XIII Tarakan.

Jika lulus mereka akan menjalani pendidikan dasar militer, pendidikan dasar golongan dan pendidikan kejuruan di Satdik 2 Makassar.

Sidang Pantukhir Pusat Caba dan Cata PK TNI AL tahun 2022 wilayah Satdik 2 Makassar digelar  sesuai dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal)  Laksamana TNI Yudo Margono.

Yaitu Bangun Sumber Daya yang Unggul dan Profesional, serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Sebelumnya Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han) memimpin sidang Pantukhir di Gedung Serba Guna (GSG)  Mako Lantamal XIV , Jl. Bubara, No.1, Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Prov. Papua Barat. Rabu (23/3/2022).

Acara itu diikuti Komandan Lantamal XIV Sorong Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.

Sidang Pantukhir di Sorong

Calon siswa sebanyak 293 orang terdiri dari 109 orang casis bintara pria, 22 bintara wanita dan 162 orang tamtama berasal dari  beberapa di wilayah Panitia Daerah (Panda) Lantamal IX Ambon, Lantamal X Jayapura, Lantamal XI Merauke dan Lantamal XIV Sorong.

Setelah Lulus pantukhir pusat calon siswa akan menjalani Pendidikan di Satdik-3 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) yang berada di Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Sebelum di laksanakan sidang Pantukhir pusat, semua calon siswa telah mengikuti rangkaian tes meliputi pemeriksaan Administrasi, Kesehatan, Jasmani atau postur, Psikologi, Mental Ideologi (MI) dan Pantukhir Daerah (Panda) di kesatuan masing-masing.

Baca Juga:  Profil Marsekal Muda TNI Hari Mursanto, AAU 1988, Kini Kapuslaiklambangjaau

”Proses seleksi yang kita selenggarakan ini sudah berjalan lama dan mengikuti prosedur-prosedur yang selalu kita laksanakan guna mendapatkan para Bintara dan tamtama yang memenuhi standar kompetensi dari pengadaan personil khususnya SDM TNI Angkatan Laut Tahun 2022, yang akan diproyeksikan Satuan kerja di Posal, Lanal, Lantamal dan Koarmada III yang ada di Papua.

Lebih lanjut “Saya berharap apa yang kita kerjakan selama ini oleh Posal, Lanal, Lantamal dan Koarmada III akan menghasilkan SDM TNI Angkatan Laut di Papua, bisa terwujud yang bisa kita andalkan  untuk mendukung kegiatan Angkatan Laut dalam rangka berkiprah mempertahankan NKRI yang kita cintai Ini.” Jelas Aspers Kasal.

Sebelumnya lagi, Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi secara virtual memimpin sidang Pantukhir yang digelar via Video Conferensi  bertempat di Lounge Room Teuku Umar Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampoeng Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Rabu (09/03/2022).

Komandan Pangkalan TNI AL Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M.,  selaku Ketua Panda Sabang menghadiri Video Conference (Vicon) pengecekan hasil pelaksanaan Sidang Penentuan Akhir Daerah (Pantukhirda) Calon Bintara PK dan Calon Tamtama PK TNI Angkatan Laut Gelombang I TA 2022.

Vicon kali ini diikuti oleh Panitia Penerimaan (Panda) Lantamal I Belawan, Panda Lantamal II Padang, Panda Lantamal IX Ambon, Panda Lantamal XI Merauke, dan Panda Lanal Sabang, dengan menghadirkan secara langsung para Calon Prajurit baik Caba PK Pria, Caba Wanita, dan Cata PK TNI AL Gelombang I TA 2022.

Untuk Panda Sabang, jumlah yang lolos seleksi hingga tahap Pantukhirda sebanyak 19 orang, dengan rincian Caba PK Pria sebanyak 9 orang dan Cata PK sebanyak 10 orang.

Baca Juga:  Lima Bulan Buron, Dito Mahendra Ditangkap di Bali dan Kini Jalani Pemerisaan di Bareskrim Polri
Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...