Business is booming.

Pemudik Sudah Padat, Contra Flow Terpaksa Diberlakukan di Ruas Tol Cikampek

Memasuki H-5 kepadatan pergerakan mudik sudah sangat terasa di Pelabuhan Merak

Memasuki H-5 kepadatan arus lalu lintas karena pergerakan mudik sudah sangat terasa.

Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, misalnya sudah dipadati pemudik yang akan pulang kampung ke Kota-kota di Sumatera.

Kepadatan pemudik juga terjadi di tol Cikampek dimana warga Jakarta dan sekitarnya melakukan pergerakan mudik ke kota-kota di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bahkan Korlantas Polri mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas dalam skema contraflow.

Skema lawan arus tersebut mulai diberlakukan di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai GT Cikampek Utama.

Kepala Bagian Ops Korlantas Polri Kombes Pol. Eddy Djunaedi mengatakan contraflow diberlakukan dari KM 47 Karawang sampai Gardu Tol (GT) Cikampek Utama KM 70.

“Contraflow ini antisipasi arus mudik yang sudah mulai padat,” kata Eddy kepada wartawan di Jakarta.

Menurut pihak Jasa Marga contraflow dari KM 47 sampai dengan GT Cikampek Utama KM 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek diberlakukan sejak pukul 07.36 WIB.

Jasa Marga juga telah mengoperasikan total 18 gardu tol di GT Cikampek Utama dari kondisi normal 15 gardu tol, termasuk penambahan 3 gardu tol _reversible_ arah Trans Jawa untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

“Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.”

Baca Juga:  Profil Alam Ganjar, Ini Asal Mula Nama Putra Tunggal Ganjar Pranowo dan Atikoh itu

Demikian Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam keterangan tertulisnya.

Diberitakan sebelumnya, rekayasa lalu lintas untuk arus mudik sebelumnya dijadwalkan mulai tanggal 28 April sampai dengan 1 Mei mendatang, berdasarkan puncak arus mudik yang diprediksikan terjadi.

Pemberlakuan rekayasa lalu lintas dengan skema contra flow diberlakukan lebih awal untuk mengantisipasi kemacetan.

Jika skema contra flow tidak berjalan efektif, maka kepolisian melakukan diskresi dengan menerapkan sistem satu arah, atau ganjil genap di ruas jalan tol.

Korlantas Polri telah melakukan uji coba ganjil genap di ruas jalan tol mulai tanggal 25 April.

Kepadatan arus lalu lintas terjadi saat uji coba, karena jumlah kendaraan juga ikut meningkat, ditambah adanya pemutaran kendaraan keluar tol yang terkena uji coba ganjil genap.

Pelabuhan Merak Padat

Sementara itu Memasuki H-5 Lebaran, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, kembali dipadati pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Terpantau, seluruh dermaga dipenuhi oleh kendaraan.

Antrean kendaraan juga tampak di pintu masuk pemeriksaan tiket Pelabuhan Merak.

“Malam ini Pelabuhan Merak meriah oleh pemudik awal. Saya dengan Pak Kapolres sedang berada di dalam Pelabuhan Merak,” kata Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Yusuf Dwi Atmodjo, Rabu(27/4/2022).

Yusuf mengatakan pihak kepolisian berusaha mempercepat proses bongkar muat kapal, sehingga bisa mengurangi antrean kendaraan pemudik baik di dalam maupun luar pelabuhan.

Kemudian, rekayasa arus lalu lintas di dalam Pelabuhan Merak juga dilakukan agar bisa menampung lebih banyak kendaraan pemudik.

“Kita terus berusaha mempercepat proses bongkar muat kapal. Kantung parkir di dermaga juga kita maksimalkan,” jelasnya seperti dilansir Korlantas.Polri.go.id.

Dia menambahkan, rekayasa arus lalu lintas juga dilakukan di ruas jalan menuju Pelabuhan Merak. Jalan Cikuasa Atas menjadi kantung parkir kendaraan yang akan masuk ke pelabuhan.

Baca Juga:  Beredar Daftar 33 Calon Dubes RI, 11 Diantaranya dari Non Karier, Siapa Saja Mereka?

Sedangkan Jalan Cikuasa Bawah dijadikan jalur untuk kendaraan yang keluar dari dalam pelabuhan dan jalur aktivitas masyarakat setempat.

“Personel sudah terjun ke lapangan untuk melakukan pengaturan dan rekayasa lalu lintas. Jalan Cikuasa Atas kita jadikan kantung parkir untuk kendaraan menuju Pelabuhan Merak,” ungkapnya.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...