Business is booming.

Menpora Trending, Netizen Kaget, Udah Bukan Bagian dari Pemerentah Yak?

Menpora bereaksi pada laporan TGIPF yang menyarankan Ketua PSSI mundur.

Tagar Menpora trending di media sosial Twitter pada Sabtu (15/10/2022), menyusul Menpora bereaksi pada laporan TGIPF yang menyarankan Ketua PSSI mundur.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, meminta pemerintah untuk tidak ikut campur perihal urusan sepak bola Indonesia.

Sontak netizen gaduh menanggapi tagar Menpora yang trending tersebut melalui ciutannya. Berikut beragam ciutan mereka.

Seperti pemilik akun Twitter @masnaryomadu menulis, “Menurut sy sih, klo sdh menyangkut nyawa rakyat pemerintah harus campur tangan. Nah klo urusan tata kelola sepak bola bolehlah gak ikut campur. La wong ini ratusan nyawa rakyat melayang kok, ya harus campur tangan.”

@zarazettirazr menulis, “Menpora udah bukan bagian dari pemerentah yak?”

@noire172 menulis, “Mabok apa ya itu Un”

@zarazettirazr menulis, “Mabok gas air mata kak”

@aaeman7 menulis, “Mgkn ortu itu lupa siapa menpora serta jabatannya…”

@dhaniel07 menulis, “Menpora sekalian mundur sajalah”

@rodrigosantono menulis, “Menpora kan juga pemerintah? 🤔”

@Lia_yakusa menulis, “Haha luuucu ancen
Menpora=pemerintah di kabinet
La lok dek e ngomong pemerintah ojo intervensi 😀😀”

@Stakof menulis, “Tak cukup PSSI, rasanya perlu ada petisi agar Menpora mundur. Tolonglah, BTS Army. Lengserkan mereka berdua lewat petisi.”

@zafran_77 menulis, “Pak mahfud sbgi ketua TGIPF tdk bilang MUNDUR, cuma menjelaskan tanggungjwb scr hukm moral/etik yg menjungjung tinggi kemanusiaan. Artinya MUNDUR klo punya rasa kemanusiaan atas KORBAN JIWA ratusan orang & merasa sdh GAGAL.
Pertanyaannya PSSI&SUB²nya punya moral/perasaan gak?”

@zafran_77 menulis, “bbrti klo tidk mundur, ucapan tidak ada sepak bola seharga nyawa hanyalah bulshit, sm halnya politisi/pejabat yg bilang demi “kepentingan bangsa” lalu ketangkap korupsi, mk kalimat itu hnya bias saja”

@Tester00280120 menulis, “Giliran disarankan mundur “Pemerintah jangan ikut”. Ketika Presiden mengubungi FIFA ” kita bersyukur tidak di sanksi”, prl diingat ini merpkn tim gabungan independen. Akbt bnyknya korban yg menjadi tanggngjwb pemerintah juga.”

@HPurwanto231 menulis, “lho baru nyadar yaa Mas?
Menpora =POLISI ?
PSSI = POLISI ?
dilarang ……??”

@Masboed18 menulis, “Hahaha lucu …TGIPF bukannya juga kepanjangan pemerintah..? Trus menpora ini siapa sich..????”

@BagasPratyaksaN menulis, “Pertanyaan mendasar, menpora (dan kementriannya tentu saja) itu bagian dari pemerintah bukan?”

@Abuyaya5 menulis, “Lho piye toh iki….
Menpora emang na lain pamarentah oge……??
Asa jangar ngabandungan orde ayeuna mah…”

@budisusetija menulis, “Jadi apa artinya @KEMENPORA_RI? Jangan cm blng tdk blh ikut campur? Jelaskan mengapa pengurus PSSI skrng layak memimpin transformasi sepakbola. Jng kasih penjelasan tdk blh ikut campur tanpa memberi jalan keluar”

@AAN02ALCATRAS menulis, “Klo gak bokeh ikut campur…ya harus bisa mikir PSSI…mau2 gak mau harus mundur teratur…dari pada di unfurkan..”

@Sattar117 menulis, “pemerintah tidak boleh ikut campur Pak ? Ini urusan nyawa 158 lebih Pak. 1 nyawa saja jangan sampai jatuh Pak, “jangan karena ingin mempertahankan kekuasaan, darah harus berjatuhan” (GUS DUR).”

@selo3zx menulis, “Buset dah makin rame nih drama
Ini Iwan taunya bekingannya kuat juga dari kemarin banyak yg ngebelain”

@68Supriyono menulis, “Sebagai bentuk tanggung jawab moral mestinya ada tindakan yg jelas dan signifikan dari para pengurus PSSI . Saran untuk mundur adalah salah satu masukkan yg baik juga dari tim TGIPF.”

@KevinJr151194 menulis, “Aduhh ini lagi mentri gak guna ngapain ikut koar” Juga?? Mau disuruh mundur juga sama netizen??”

@cini_cj menulis, “Inilah indonesia, siapapun yg brkuasa maka permainan jg br beda2, trutama jabatan, siapapun yg mendapatkan jabatan dan saat itu pula harus di pertahankan apapun resikonya ( sebagian besar), rasa malu dan kebencian dari masyarakat cukup hadapi dgn kekebalan tahan malu”

@akbarulanam menulis, “Masalah kemanusiaan kok ga boleh ikut campur pak menpora? Banyak warga Malang yang meninggal sia” kau bilang jangan ikut campur? Mana rasa kemanusiaanmu wahai pak menpora Miris!!!”

@aby_eyzan menulis, “Ini menpora @KEMENPORA_RI merasa bagian dari Pemerintah Konoha kah? Kok bisa2nya mabok ga nyadar dia bagian dari pemerintah juga? Wesss kacaaau poool ikii..”

@SiswoIrianto menulis, “Mulai pesimis tragedi kanjuruhan akan di usut tuntas”

@santok_ menulis, “Lha, kok bisa menpora komen gt? Sdh nyata ada korban jiwa ratusan, gak bisa kita selesaikan pake aturan normal. Gpp pemerintah lanjut aja, waktunya pssi dibenahi pemerintah.”

@Ravico27 menulis, “Loh kok pemerintah ngga boleh ikut campur? Takut ya 😅”

@halimat96519969 menulis, “Lucu…. Bukannya dia juga bagian dari pemerintah harusnya mendukung keputusan TGIPF dong!”

@Blanktito menulis, “Pemerintah ikut campur karena perkembangan investigasi, respon dllnya super lambat. Bahkan perasaan pas presiden mulai bergerak, baru semua lapisan gerak. Ini nyeletuk jangan ganggu, anda ngapain aja.”

@ichuuuls menulis, “Bisa bisanya sekelas menteri ngelawan tim yg diketuai oleh menko. 😲”

@pergii_jauh menulis, “Ini menpora yg bilang, semoga timnas engga kena sanksi itu bukan sih ? Yg bilang juga timnas futsal minim prestasi ? .”

@aaudrachmat menulis, “Lah…yang sebelumnya menemui presiden FIFA bukannya seorang menteri, utusan pemerintah? Sehingga PSSI tidak kena sanksi FIFA.”

@luthfiazhariand menulis, “Kan saran pak , makannya klw ngmong jgn sambil nge giting, tes urine sana pak”

@Maheerrrrr menulis, “Kok iso yo? Sungguh aneh tapi nyata, dia yang ada dalam TGIPF, dia sendiri yang menyangkal. Wong kongene kok di dadekke mentri to pak @jokowi”

@wargasipiII menulis, “Apakah ini bukti kalau tidak dalam satu arahan? Menpora juga kan bagian dari pemerintah ya, atau gua aja si yg lagi ga mikir jernih”

@Daffayudha10 menulis, “Padahal beliau ini juga wakil ketua TGIPF. Apa jangan-jangan ga pernah ikut rapat jadi kurang briefing?”

@basudewadikara menulis, “Lah pak menpora bagian pemerintah atau bukan yak. Ya seperti inilah kalau kapasitas seorng menteri tidak sesuai kapasitasnya jadi amburadul”

@DennyIndrayan16 menulis, “Menpora bikin statement seolah-olah beliau bukan bagian dari pemerintah.”

Menpora: Pemerintah Jangan Ikut Campur

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, meminta pemerintah untuk tidak ikut campur perihal urusan sepak bola Indonesia.

Baca Juga:  Profil Sahat Tua Simanjuntak, Wakil Ketua DPRD Jatim Kena OTT KPK Diduga Terima Suap Rp5 M

Pernyataan Menpora merupakan bentuk respons hasil laporan TGIPF. Dalam laporan TGIPF soal tragedi Kanjuruhan yang diserahkan ke Presiden Joko Widodo, menyebutkan rekomendasi pengurus ketua umum beserta pengurus PSSI untuk mundur.

TGIPF meminta PSSI mundur sebagai bentuk pertanggung jawaban moral atas tragedi Kanjuruhan. Namun, Menpora tidak sependapat karena hal itu merupakan bentuk intervensi.

“Yang pasti pemerintah akan segera menindaklanjuti mana yang menjadi area pemerintah. Akan tetapi, kalau ada area yang pemerintah tidak bisa masuk, tentu itu tidak akan dimasuki pemerintah,” kata Menpora RI dikutip tvonenews.com di Hotel Le Meridien, Jumat (14/10/2022).

Menpora menegaskan pemerintah harus berhati-hati dalam menindaklanjuti hal-hal yang bukan ranahnya. Kemenpora RI akan fokus membenahi diri sesuai rekomendasi yang telah diserahkan kepada presiden.

“Saya kira gini, semua rekomendasi itu sudah diserahkan kepada Pak Presiden. Tadi Pak Presiden sampaikan ke kita itu akan dilihat dan dipelajari. Respon beliau yang berkaitan dengan hal-hal yang bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah, itu segera,” imbuhnya.

“Kalau yang di luar area pemerintah tentu kita harus hati-hati betul, jangan sampai salah kita menindaklanjuti kemudian berakibat ada federasi internasional menilai bahwa kita sudah campur tangan. Itu harus hati-hati betul,” tambah Menpora Amali.

Sikap federasi terhadap rekomendasi tersebut akan menjadi bahan diskusi dengan Presiden FIFA yang akan datang ke acara G20 di Indonesia pada tanggal 18 Oktober 2022.

“Ya disikapinya seperti apa urusan federasi. Nanti kan sebenarnya ini jadi bahan juga yang akan dibicarakan dengan Presiden FIFA sebagai pimpinan federasi internasional. Jadi clear betul, pemerintah tidak akan masuk ke yang bukan area pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu, rekomendasi TGIPF kepada Kemenpora RI salah satunya adalah untuk segera menyusun rancangan peraturan pemerintah tentang perlindungan kepada suporter sepak bola yang rumusan implementasinya terhadap UU Nomor 11 Tahun 2022 sudah mulai didiskusikan dari 14-16 Oktober.

Baca Juga:  Barcelona Keok Lagi, Posisi Juru Kunci, Koeman Out Trending

BACA JUGA:

TGIPF Trending, Netizen: Tak Cukup Kesimpulan, Harus Ada Tersangka

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...