Business is booming.

Bansos Trending, DPR Cecar Mensos, Netizen: Bongkar Saja Bu Risma

Kenapa DPR sudah tahu tidak di panggil presiden untuk bertanggung jawab

Tagar Bansos trending di media sosial X (Twitter) pada Jumat (22/3/2024), menyusul netizen mendesak Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk mengungkap anggaran beras bantuan sosial yang nilainya melejit ketika dicecar pertanyaan anggota DPR.

“Bongkar saja Bu Risma, jangan sampai Jokowi makan nangkanya lalu ibu kena getahnya. Tuman !!!” tulis pemilik akun Twitter @WillySipas27333, menanggapi tagar Bansos yang trending hingga tercatat 18.700 ciutan yang disampaikan netizen.

Lalu pemilik akun Twitter @TrisiyoWong menulis, “Terindikasi Anggaran Bansos Tidak Sehat. Anggaran yang Diterima KEMENSOS Rp. 78 T. Anggaran BANSOS Rp. 497 T. Jadi : 497 – 78 = 419. 419 T = ⁉️”

@kuro_2013 menulis, “Knp br ngomong buk. Ayo buk kan udah ga separtai, bongkar aja.”

@KhanKhan2812 menulis, “Kenapa DPR sudah tahu tidak di panggil presiden untuk bertanggung jawab.”

@widlatif menulis, “KPK KEJALSAAN LAGI SIBUK CARI TAKJIL,JADI MAAF YA.., GA BISA PERIKSA..”

@Sadar_waras menulis, “Pesta usai baru di panggil seakan-akan prihatin uang rakyat salah penggunaan nya, terus yang mengesahkan penggunaan anggarannya siapa …?? masa tidak tahu atau pura-pura tidak tahu … Sepertinya rakyat nya lebih kritis dari politisi yang katanya mewakili suara rakyat.”

@TanyaKhaChi menulis, “enak bgt ya presiden dan 02 menggunakan bansos yg merupakan duit rakyat juga tapi dimanfaatkan untuk kepentingan politik sendiri, setelah jor2an presiden ga mau tau akhir dampaknya asal dia “menang”

@IMRONBIAN menulis, “Allah perlihatkan orang yang culas & curang. Rafel bansos hingga Jawa tengah yang kebanjiran saat ini pemerintah tutup mata. Hati mereka penuh tipu muslihat & kecurangan yang sudah akut sekali. Sekarang mereka ditegur dengan bencana. Dan mereka DIAM.”

@marvleenct menulis, “WKWKKWKW BNER BGT😭 anaknya udah pada naik yaaa bansos ga dilanjut soalnya tujuannya udah tercapai😔☝🏼”

DPR minta Mensos pastikan penyaluran bansos tepat sasaran

Komisi VIII DPR RI meminta Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan penyaluran bantuan sosial (bansos) tepat waktu, tepat nilai, tepat jumlah, dan tepat sasaran.

“Meminta Mensos memastikan penyaluran bantuan sosial agar dapat dilakukan secara tepat waktu, tepat nilai, tepat jumlah, dan tepat sasaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi dalam rapat kerja bersama Mensos di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga:  Film "Dear David" yang Tayang di Netflix Trending, Endingnya Dapat Pujian

Permintaan itu juga merupakan hasil kesimpulan dari rapat kerja yang dihadiri langsung oleh Risma, sapaan akrab Tri Rismaharini itu.

Untuk memastikan penyaluran bantuan sosial tersebut tepat sasaran, Komisi VIII DPR pun meminta Risma agar memperbaiki akurasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). DTKS merupakan data yang meliputi pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS), penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS).

Sebelumnya, dalam rapat tersebut, anggota Komisi VIII DPR Ali Ridha menyampaikan pengalamannya mendatangi seorang warga yang tidak mampu secara ekonomi. Ridha menyampaikan ia pernah mengunjungi seorang warga bernama Bu Semi berusia 90 tahun yang hidup sebatang kara di Magetan, Jawa Timur, usai melihat berita di salah satu media daring nasional.

“Dia harus menghidupi dirinya sendiri dengan bekerja membuat kerupuk lempeng dengan bayaran Rp5.000. Tentu itu tidak cukup untuk menghidupi dirinya dan saya sempat datang ke rumahnya. Saya cari alamat itu dan benar, orang ini memang sebatang kara,” kata Ridha.

Saat itu, kata Ridha melanjutkan, ia melihat secara langsung bahwa Bu Semi tidak mampu membeli beras sehingga ia hanya merebus tahu dan kacang panjang untuk dimakan.

“Karena tidak ada beras, dia harus memakan tahu dan kacang panjang yang direbus tanpa menu apa pun,” kata Ridha dengan suara bergetar menahan tangis.

Dalam kesempatan tersebut, Risma pun terlihat meneteskan air mata mendengar kisah mengenai kehidupan Bu Semi.

Ridha lalu melanjutkan bahwa dengan hidup yang serba kekurangan secara ekonomi itu, Bu Semi justru melihat tetangganya mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

“Yang kasihan itu, dia sering kali melihat tetangganya menerima beberapa kali bantuan, tetapi dirinya tidak menerima bantuan,” kata Ridha.

Oleh karena itu, Ridha berharap Risma mampu memastikan penyaluran bansos dapat dilakukan secara tepat sasaran agar orang-orang seperti Bu Semi dapat merasa terbantu.

Baca Juga:  BCL Seperti ABG dengan Bodi Tetap Singset

(Sumber: antaranews.com)

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...