Business is booming.

Mahfud MD Trending, Para Hakim MK Diminta Bisa Selesaikan “Perang Batin” dengan Baik

Tidak sulit untuk membuat keputusan yang adil dalam sengketa PEMILU/PILPRES 2024 ini

Tagar Mahfud MD trending di media sosial X (Twitter) pada Kamis (28/3/2024), menyusul mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang punya integritas ini meminta para hakim MK bisa menyelesaikan “perang batin” sengketa Pilpes 2024 dengan baik.

Netizen pun gaduh menanggapi tagar Mahfud MD yang trending hingga tercatat 7.579 ciutan yang disampaikan netizen.

Seperti pemilik akun Twitter @Themarshallisme menulis, “Beban moral yang sangat besar buat para hakim, mau berkelit apa lagi? Profesor Hukum Tata Negara ini loh ngomong, mantan ketua MK 2008-2013 juga, salah satu periode terbaik MK selama berdiri.”

Lalu pemilik akun Twitter @DaddyMinusSugar menulis, “Tidak sulit untuk membuat keputusan yang adil dalam sengketa PEMILU/PILPRES 2024 ini, karna syaratnya cuma satu: Majelis Hakim MK masih punya hati nurani.”

@endang_s81 menulis, “Semangat Prof, Bapak sedang di remehkan dengan para lowyer2 YIM CS, Insya Allah kami berdoa selalu semoga Prof berhasil dalam Misi ini dan membuat anak2 negeri bangga.”

@M_Syadri menulis, “Senjata makan tuan bg Yusril, tp skrg nuraninya tertutup, sangat tertutup sehingga dia bilang bhw gugatan yg disampaikan hanya sebatas narasi tanpa isi..ckckck..dia lupa dgn pertanggungjawaban akhirat, pdhl partainya Islami bulan bintang..Astahfirullah.”

@Carles996885355 menulis, “Prof MD satu” nya hakim di konoha yg punya integritas ,, cek kebersihannya ,, makanya hidupnya berkah selamat.”

@Ithochan menulis, “memperhatikan speech pak Anies & prof. Mahfud, spertinya mereka menyampaikan hal yg bertujuan untuk mengetuk nurani para hakim. Semoga Kali ini @officialMKRI amanah🤲”

@Slilit_kyai menulis, “MK bukan lagi Mahkamah Kalkulator (Yusril Ihza, 2014). Dalam pertandingan olahraga, pemain curang wajib diskualifikasi. Colek Prof @Yusrilihza_Mhd 🙏🏼”

@RahimiNaali menulis, “Sangat bermutu yang di sampaikan oleh prof @mohmahfudmd. Semoga memberikan keteguhan prinsip bagi hakim MK.”

Mahfud berharap MK selamatkan masa depan demokrasi Indonesia

Calon wakil presiden nomor urut tiga Mahfud Md berharap Mahkamah Konstitusi (MK) mengambil langkah penting untuk menyelamatkan masa depan demokrasi dan hukum di Indonesia.

Baca Juga:  Profil Rebecca Klopper, Tutup Kolom Komentar karena Isu Video Syur

Harapan tersebut disampaikan oleh Mahfud ketika membacakan pengantar sidang pemeriksaan pendahuluan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

“Kami berharap MK mengambil langkah penting untuk menyelamatkan masa depan demokrasi dan hukum di Indonesia,” kata Mahfud.

Dirinya memaklumi perkara PHPU adalah perkara berat bagi MK karena menurutnya, selalu ada yang datang kepada para hakim, baik itu orang, institusi, maupun perang bisikan, yang mendorong agar permohonan ini ditolak dan ada pula yang datang yang meminta agar MK mengabulkannya.

Namun, ia yakin para hakim bisa menyelesaikan “perang batin” itu dengan baik.

“Jangan sampai timbul persepsi, bahkan kebiasaan, bahwa pemilu hanya bisa dimenangkan oleh yang punya kekuasaan atau yang dekat dengan pemegang kekuasaan dan punya uang berlimpah,” kata dia.

Menurutnya, apabila hal tersebut terus dibiarkan terjadi, keberadaban masyarakat menjadi mundur. Karena itu, ia dan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud berharap agar Majelis Hakim MK bisa bekerja dengan independen, penuh martabat, dan penghormatan.

“Bagi kami, yang penting bukan siapa menang atau kalah, melainkan edukasi kepada bangsa ini untuk menyelamatkan masa depan Indonesia dengan peradaban yang lebih maju melalui, antara lain, berhukum dengan elemen dasar sukmanya, yakni keadilan substantif, moral, dan etika,” pungkasnya.

Hari ini, Rabu, digelar sidang pemeriksaan pendahuluan PHPU Pilpres 2024 yang terbagi dalam dua sesi.

Perkara satu, yaitu permohonan yang diajukan oleh paslon nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan nomor register 1/PHPU.PRES-XXII/2024, akan digelar pada pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Sedangkan perkara dua, yaitu permohonan yang diajukan oleh paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud Md dengan nomor register 2/PHPU.PRES-XXII/2024, akan digelar pada pukul 13.00 WIB hingga selesai.

Baca Juga:  Korban Tewas Gempa Turki Sudah Lebih dari 3.000 Orang, WHO Khawatirkan Capai 20.000 Orang

Kemudian, tahapan pemeriksaan persidangan serta penyerahan jawaban termohon, keterangan pihak terkait, serta pemberi keterangan digelar pada Kamis (28/3).

Selanjutnya adalah tahapan pemeriksaan persidangan digelar pada 1-18 April 2024 dan tahapan pengucapan putusan atau ketetapan digelar pada 22 April 2023.

(Sumber: antaranews.com)

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...