Business is booming.

Jejak Irjen Pol Panca Putra Simanjutak, Sedang Tangani Kasus Pembunuhan Wartawan

Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dari Kapolda Sulut Menjadi Kapolda Sumut

Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak menyatakan akan mengusut kasus pembunuhan Pamred lassernewstoday.com di Sumatera Utara.

Lulusan Akpol 1990 itu memastikan Polda Sumut membentuk tim khusus sebagai bukti keseriusannya.

Sebelumnya ia menyampaikan dukacita atas meninggalnya seorang jurnalis di Kabupaten Simalungun, Mara Salem Harahap (42 tahun). Ia diduga ditembak orang tak dikenal (OTK).

“Saya beserta Pangdam I/BB dan Kepala BIN Sumatera Utara ikut berdukacita atas kejadian yang dialami teman kita, seorang awak media,” ujar Kapolda Panca, mengutip Antara, Ahad, 20 Juni 2021.

Ia memastikan Polda Sumut akan mengusut tuntas kasus penembakan tersebut dengan membentuk tim gabungan bersama Polres Simalungun.

“Saat ini tim masih bekerja di lapangan untuk mengusut kasus tersebut. Mohon dukungan dan doanya agar kasus ini tuntas,” kata Kapolda.

Sementara itu Komite Keselamatan Jurnalis mendesak Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan jajarannya untuk segera menangkap pelaku penembakan jurnalis Mara Salem Harahap alias Marsal Harahap.

Marsal Harahap, ditemukan tewas dengan luka tembakan ditubuhnya.

Marsal merupakan Pemimpin Redaksi lassernewstoday.com di Sumatera Utara.

Korban ditemukan tewas bersimbah darah di dalam mobil yang dikendarainya, pada Sabtu dini hari, 19 Juni 2021.

Lokasi tempat ditemukannya korban tidak jauh dari rumah Marsal, di Huta VII, Nagori Karang Anyar, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun, Sumut.

Jenazah korban telah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan untuk dilakukan otopsi Pada Sabtu dini hari, pukul 02.00 WIB.

Tindakan kriminal yang menewaskan korban, merupakan bentuk kekerasan terhadap jurnalis dan mengancam kebebasan pers di Indonesia.

Komite Keselamatan Jurnalis juga mendorong Dewan Pers Republik Indonesia untuk melakukan investigasi tentang kaitan peristiwa penembakan dengan aktifitas jurnalistik yang dilakukan oleh korban.

Baca Juga:  Sabarnya Anggota Paspampres Praka Izroi di Pos Penyekatan PPKM

AJI Medan mencatat korban dengan media yang dipimpinnya, lassernewstoday, selama ini cukup kritis memberitakan isu sensitif di wilayah tersebut.

Di antaranya mempublikasikan berita terkait dugaan penyelewengan di PTPN yang melibatkan pejabat di wilayah tersebut.

Juga memberitakan peredaran narkoba dan judi di Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun, serta maraknya bisnis hiburan malam yang diduga melanggar aturan.

Profil Irjen Pol Panca Putra

Irjen Pol Panca Putra telah resmi dilantik oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolda Sumatera Utara (Sumut).

Upacara serah terima jabatan tersebut berdasarkan Surat Telegram Rahasi (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021 tertanggal 18 Februari 2021.

Irjen Pol Panca Putra merupakan putra asli Medan, kelahiran Sumatera Utara Januari 1969.

Dirinya merupakan lulusan Akpol tahun 1990 dan berpengalaman di bidang reserse.

Dikutip dari Tribun Medan, sebelum menjabat sebagai Kapolda Sumut, Jenderal bintang dua itu sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut).

Dirinya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara, sejak 3 Agustus 2020.

Irjen Panca juga merupakan mantan Direktur Penyidikan KPK sebelum akhirnya ditarik Polri berdasarkan surat permohonan bernomor B/2829/V/KEP./2020/SSDM tertanggal 5 Mei 2020 perihal permohonan pengembalian perwira tinggi Polri yang bertugas di lingkungan KPK.

Jejak Karier

Kapolres Banyumas

Kapolres Tegal (2010)

Wadirreskrimsus Polda Jateng (2011)

Dirreskrimsus Polda Kalteng (2012)

Dosen Utama STIK Lemdikpol (2013)

Wadirtipidum Bareskrim Polri (2017)

Direktur Penyidikan KPK(2018)

Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri (2020)
Kapolda Sulawesi Utara (2020)

Kapolda Sumatra Utara (2021)

Komentar
Loading...