Business is booming.

Presiden dan Wapres Dipastikan Hadir di Akad Nikah Ketua MK Anwar Usman dan Idayati

Untuk 200 undangan yang punya barcode bisa hadir dalam akad nikah Kamis 26 Mei 2022

Tinggal satu hari lagi, pasangan Ketua MK Anwar Usman dan Idayati melakukan gladi bersih rencana pernikahan.

Ketua MK Anwar Usman dan adik Jokowi itu akan melaksanakan pernikahan di Gedung Graha Saba Buana Surakarta, Kamis (26/5).

Dan sudah diumumkan oleh kepolisian setempat, pernikahan mereka akan dijaga 1.364 personel Gabungan dan akan dibuat satu pintu.

Pantauan Antara di Solo, Rabu keduanya terlihat hadir pada acara gladi bersih.

Idayati yang mengenakan atasan model tunik hijau bermotif batik dan Anwar yang mengenakan atasan koko putih terlihat berbincang dengan sejumlah kerabat.

Meski demikian, tidak ada pernyataan resmi yang keluar dari keduanya kepada media.

Mengenai prosesi pernikahan, pihak jasa penyelenggara pernikahan yang diwakili oleh Dani Wigung mengatakan prosesi pernikahan dimulai dengan akad nikah pada pukul 09.00 WIB.

Ia mengatakan pada prosesi tersebut diawali dengan pasrah tampi, yaitu penyerahan calon pengantin putra dari keluarga putra kepada keluarga putri.

“Kemudian dari keluarga putri akan menerima calon pengantin putra untuk dinikahkan dengan calon pengantin putri. Peraga-peraga ini sudah ada, setelah itu akan diagendakan kehadiran untuk peraga utama yang lain,” katanya.

Pada proses penyerahan dan penerimaan calon mempelai ini akan diiringi dengan gending Ladrang Wilujeng dengan gamelan yang dibawakan secara langsung.

Baca Juga:  Pasar Wonokromo Trending, Pedagang Puas Bertemu Presiden Jokowi dan Berharap Presiden Selanjutnya Seperti Jokowi

Selanjutnya, pengantin putra akan langsung menuju ke lokasi akad nikah, kemudian akan dihadirkan calon pengantin putri.

“Kemudian petugas doa, khotbah, datang saksi dari keluarga putra, keluarga putri, kemudian presiden datang terakhir sebagai wali nasab,” katanya.

Sementara itu, ia meminta agar para tamu akad hadir pada pukul 08.30 WIB agar nyaman di tempat yang ditunjuk.

“Para ajudan dan aspri diharapkan datang jam 08.00 WIB untuk cek barcode untuk memastikan para pejabat duduk di mana, begitu pejabat datang langsung terarah ke tempat duduk,” katanya.

Ia juga meminta kepada para tamu akad agar tidak mengajak putra-putrinya mengingat jumlah kursi saat akad yang terbatas, yakni 200 kursi.

“Kalau ikut putranya harus menunggu di luar. Untuk tamu khusus di akad nikah hanya yang punya barcode, hanya 200 kursi. Akad ketat karena ada RI 1 dan RI 2.

“Kalau di resepsi lebih longgar, tamu resepsi yang datang awal untuk melihat akad tidak bisa, harus menunggu di tenda atau pulang dulu karena durasi masih lama, jam 12.00 WIB,” katanya.

Sebagai hiburan pada saat resepsi akan ada pertunjukan musik langsung dengan bintang tamu Judika.

Pada kesempatan yang sama, salah satu putri Idayati, Septiara Silvani Putri berharap pernikahan tersebut langgeng dan bahagia.

“Mudah-mudahan ibu dan Pak Anwar selalu bahagia, langgeng, dan acara berjalan lancar. Kalau kenalnya beliau berdua dikenalkan oleh teman, ketemu beberapa kali, ngobrol dan cocok, kemudian ke jenjang yang serius. Kenalnya sudah lumayan lama, sejak tahun lalu,” katanya.

Rencana Pengamanan

Sebelumnya, Polres Kota Surakarta telah menyatakan akan menerapkan satu jalur jalan menuju tempat acara.

“Rencana acara akad nikah dan resepsi dilakukan di tempat yang sama di Graha Saba Buana Jalan Letjen Suprapto No.80 B, Sumber, Banjarsari, Solo,” kata Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak,  Selasa (24/5/2022).

Baca Juga:  Profil Kombes Audie S Latuheru, Alumni Akpol 1996 yang Kaya Pengalaman, Sukses Tangkap Buronan Penipuan

Menurut Kapolres acara akad nikah akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB – pukul 12.00 WIB dan resepsi pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Kapolres menjelaskan penerapan satu jalur di sepanjang Jalan Letjen Suprapto depan Graha Saba Buana mulai simpang empat warung makan sate Dahlan hingga simpang Masjid Mujahidin diperlakukan satu arah dari selatan ke utara.

“Jalur itu, dimana hanya bisa diakses oleh tamu undangan resepsi atau akad nikah termasuk warga di Jalan Letjen Suprapto,” kata Kapolres seperti dilansir Antara.

Selain itu, Polresta Surakarta juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus lalu lintas dilakukan mulai dari simpang Girimulyo untuk mengalihkan kendaraan berat atau besar dari Girimulyo ke Terminal Tirtonadi kemudian belok kiri ke Jembatan Kering menuju Palang Joglo.

Hal tersebut, juga jalur mulai simpang empat warung makan sate Dahlan untuk kendaraan pribadi atau kecil dialihkan ke arah barat dan timur.

Kendaraan arah timur menuju Jalan Ki Mangun Sarkoro dan ke kiri menuju gang dalam Sumber.

Polresta Surakarta dalam kegiatan jalur tersebut telah menyiapkan beberapa lokasi parkir kendaraan yang nantinya bisa diakses semua tamu undangan resepsi pernikahan, dimana telah menyiapkan kantong parkir mulai dari selatan.

Sopir mobil tamu undangan akan melaksanakan droping di depan Graha Saba Buana. Sopir pengantar akan diluruskan ke utara menuju simpang Masjid Mujahidin belok kanan ke kantong parkir lapangan Sumber.

Jumlah tamu undangan acara akad nikah sekitar 100 orang dan resepsi sekitar 400 orang.

“Kami telah menyiapkan 1.364 personel baik dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta yang dilibatkan dalam pengamanan jalur itu,” kata Kapolres.

Baca Juga:  Al Nassr Kalahkan 10 Pemain Al Ittihad 4-2, Ronaldo Dua Gol

Petugas gabungan tersebut terutama baik dalam mengatur lalu lintas, perlakukan satu jalur maupun rekayasa lalu lintas untuk mengalihkan kendaraan berat dan kecil.

Menurut Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari Surakarta Arbain Basyar saksi nikah dari pihak Ketua MK Anwar adalah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Sedangkan, dari pihak perempuan Idayati saksi nikah adalah Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Tentang Adik Jokowi

Presiden Jokowi diketahui memliki tiga adik perempuan, yakni Iit Sriyantini, Idayati, dan Titik Ritawati.

Idayati sudah menjanda sejak 2018 karena suaminya, Hari Mulyono, meninggal.

Hari Mulyono meninggal karena stroke setelah dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Dari pernikahannya yang pertama, Idayati memiliki dua orang anak bernama Septiara Silvani Putri dan Adityo Rimbo Galih Samudra.

Putrinya yang bernama Septiara sudah menikah dengan Joko Priyambodo.

Saat ini Idayati tinggal di Solo, Jawa Tengah dan berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Sedangkan mendiang suami Idayati, Hari Mulyono ikut mengelola perusahaan milik Jokowi, PT Rakabu Sejahtera.

PT Rakabu adalah pabrik kayu lapis milik keluarga Jokowi.

Selain itu, Hari Mulyono juga pernah memimpin asosiasi perusahaan penghasil papan barecore atau yang dikenal Indonesian Barecore Association (IBCA).

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...